3 Ide Teknologi Untuk Go International

0
901

MARKETING.co.id – Dewasa ini, menjalankan bisnis multinasional bukan hanya untuk perusahaan-perusahaan besar. Menjangkau pasar di negara-negara berkembang seperti India, China, Singapura pun bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan kecil.

Perkembangan teknologi termasuk Facebook dan Paypal telah menghilangkan batas-batas dunia. Ini merupakan kesempatan besar bagi bisnis kecil untuk go international.

Sayangnya, kebanyakan bisnis kecil masih jauh dari teknologi yang sebenarnya dapat membantu mereka go international. Banyak hal sebenarnya dapat dilakukan dengan teknologi. Mulai dari pengiriman, pembayaran, hingga pencarian sumber daya manusia.

Ide-ide berikut ini dapat memudahkan Anda menjalankan bisnis secara internasional:

Aplikasi untuk Pengiriman ke Luar Negeri

Salah satu hambatan terbesar dalam menjalankan bisnis multinasional adalah bagaimana cara mengirimkan produk terbaik mereka. Untungnya, banyak perusahaan pengangkutan besar, termasuk FedEx, yang menawarkan jasa ini. Mereka menyediakan layanan untuk menelusuri pengiriman secara global, menaksir perkiraan biaya, dan memeriksa aturan hukum di negara tertentu.

FedEx sendiri memiliki berbagai tipe layanan internasional. Mulai dari layanan bagi para newbie hingga mereka yang sudah ahli. FedEx juga menyertakan serangkaian tutorial pengiriman.

Layanan Online untuk Transaksi Internasional

Transfer ke luar negeri bisa dengan mudah dilakukan dengan layanan online seperti PayPal. Hal ini jelas akan memudahkan proses transaksi dengan rekan bisnis atau pelanggan di luar negeri menjadi mudah.

Untuk layanannya, PayPal membebankan 3,9 persen per transaksi dalam proses penjualan internasional, ditambah biaya tetap berdasarkan mata uang yang digunakan. Hal lain yang juga perlu diingat ketika mentransfer uang ke luar negeri adalah nilai mata uang yang dapat berubah secara dramatis.

Layanan Payroll untuk SDM Global

Meski saat ini sangat mudah mempekerjakan tenaga kerja yang tinggal di negara lain, namun proses penggajian tidak selalu mudah. Layanan pembayaran seperti PayPal mungkin bisa digunakan untuk peggajian, hanya saja belum tentu mereka dapat memenuhi regulasi di negara tertentu.

Pengelolaan sistem gaji internasional yang tepat memerlukan kecermatan dalam menghitung nilai tukar berbagai mata uang. Di samping itu juga diperlukan pemahaman tentang hukum dan peraturan ketenagakerjaan di negara asal tenaga kerja. Itu sebabnya, kebanyakan perusahaan besar memilih mengalihdayakan pengelolaan penggajian ini.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena banyak perusahaan SDM global yang menawarkan layanan ini. Misalnya NorthgateArinso yang berbasis di Inggris. Perusahaan ini memiliki layanan penggajian di lebih dari 100 negara dan melayani perusahaan-perusahaan multinasional yang lebih kecil. (entrepreneur.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.