3 Ide Usaha Olahan Ikan Bermodal Kecil

0
42

Dalam artikel ini Anda akan menemukan 3 ide usaha olahan ikan bermodal kecil

Marketing.co.id – Berita UMKM | Ingin usaha tapi bingung dengan modal? Dalam keadaan ekonomi yang sulit ini, mungkin Anda yang memiliki ide usaha akan sedikit pusing. Mau coba franchise, perlu modal besar, ingin usaha makanan khawatir akan sama. Ide jual ikan yang sudah diolah menjadi makanan sedikit memberikan solusi akan keterbatasan modal.

Beberapa tulisan dibawah ini mungkin dapat memberikan ide segar untuk memulai sebuah usaha makanan olahan yang terbuat dari ikan. Apa saja makanan tersebut? Yuk, simak hingga tulisan ini selesai.

  1. Abon Ikan

Abon pada kebanyakan orang hanya mengetahui abon dengan bahan utama daging sapi. Olahan abon sebenarnya bisa dibuat dari berbagai macam daging. Abon ikan adalah salah satunya.

Jika abon sapi membutuhkan modal yang besar, peluang usaha untuk bisnis abon ikan dapat dijalankan dengan modal yang lebih kecil. Hanya saja yang perlu Anda perhatikan adalah bahan utama abon ikan haruslah segar. Selain itu, Anda memerlukan supplier dan pengemasan menarik yang nantinya akan dijual dengan harga wajar.

Ikan yang biasa dipakai dan cocok untuk dijadikan abon adalah ikan tongkol, tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan ikan yang lain. Penggunaan ikan tongkol dipilih karena memiliki cita rasa yang khas apabila diolah menjadi abon.

Pembuatan abon dapat dikerjakan seorang pebisnis pemula tanpa menggunakan keterampilan khusus. Nah, usaha olahan abon ikan ini selain dapat dijadikan bisnis sampingan, usaha abon ini dapat ditekuni menjadi sebuah bisnis yang primer.

  1. Batagor

Faktor utama penentu usaha batagor dapat berkembang atau tidak terletak pada rasa dari batagor yang Anda jual. Jika Anda memiliki keahlian memasak, maka memasak batagor sudah menjadi urusan biasa.

Batagor memiliki cita rasa yang khas, banyak bentuk batagor, intinya batagor itu adalah tahu yang diisi dengan bakso dan kemudian digoreng. Cita rasa batagor akan semakin kuat apabila Anda menambahkan ikan di dalam olahan bakso yang nantikan akan dimasukkan ke dalam bakso.

Jenis usaha batagor ini dapat dikombinasikan dengan siomay, otak-otak, bahkan pangsit goreng. Untuk masalah kombinasi ini, Anda dapat menyesuaikan dengan budget. Kombinasi itu dapat Anda tambahkan perlahan-lahan menyesuaikan keuntungan yang Anda dapatkan.

Rasa adalah utama, demikian prinsip penjual makanan. Sudah menjadi teori baku bahwa rasa akan meningkatkan penjualan dan menambah pelanggan. Rasa batagor yang kuat dengan cita rasa ikan tentu akan lebih memikat lidah para konsumen.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha batagor ini, perkiraan awal Anda membutuhkan modal sebesar Rp 5 juta. Tentu nilai rupiah itu hanya perkiraan, pada saat sekarang ini mungkin jauh lebih besar. Akan tetapi, dengan modal minim sebesar Rp 5 juta tersebut, Anda sudah bisa menjalankan usaha makanan ini.

Usaha batagor ini dapat Anda mulai dari rumah, tidak perlu langsung menyewa kios atau bahkan membuat gerobak. Jika Anda jeli mendesain rumah menjadi tempat usaha batagor, maka Anda sudah dapat menjalankan usaha ini. Faktor lokasi bukan penentu usaha ini, karena penggemar dari batagor ini sangatlah banyak.

Jangan Anda lupakan akan kesegaran bahan baku yang akan digunakan untuk membuat batagor. Carilah pedagang yang jual ikan segar, pemilihan ikan segar akan menentukan cita rasa batagor yang Anda buat.

  1. Cilok Ikan

Cilok identik dengan jajanan murahan, tetapi Anda akan tergiur dengan keuntungannya apabila mulai menjalankan usaha cilok ikan ini. Cilok adalah jajanan khas yang berasal dari Jawa Barat. Terbuat dari tepung tapioca yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus.

Bentuk cilok mirip dengan bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Untuk isian cilok agar tidak terkesan jajanan murahan, Anda dapat mengisinya dengan berbagai macam olahan ikan, seperti olahan ikan tongkol, tenggiri, tuna bahkan cincangan daging ayam.

Menjual cilok dengan standar yang sangat sederhana saja, Anda sudah dapat memiliki keuntungan yang besar. Akan tetapi, jika Anda menambahkan olahan ikan ke dalam isian cilok, tentu keuntungan yang anda dapatkan akan menjadi berlipat.

Perkiraan modal yang dibutuhkan untuk jenis usaha ini adalah cukup dengan modal Rp 1-2 jutaan saja. Tentu itu modal yang kecil sebelum ditambahkan dengan pembuatan gerobak apabila model penjualan Anda berkeliling.

Sebagai usaha rumahan, cilok dapat diandalkan. Perkiraan modal itu akan dipakai untuk membeli peralatan seperti kompor, panci, bahan-bahan cilok, serta bumbu-bumbu. Anda cukup membuat spanduk yang besar didepan rumah, usaha cilok ini akan dapat berjalan.

Pada artikel ini, penulis hanya memilih 3 jenis usaha yang diperkirakan hanya membutuhkan modal yang kecil dengan keuntungan yang lumayan besar. Usaha olahan ikan memiliki peminat yang sangat besar, tak jarang mereka yang menjual ikan mencari pengusaha yang memiliki usaha makanan berbahan dasar ikan.

ide bisnis olahan ikanKebutuhan akan ikan kini sudah tersedia dengan berbagai macam jenis ikan, adalah Sayurbox yang memiliki stok ikan segar dengan harga yang terjangkau. Apalagi Sayurbox saat ini memiliki program NEMU yang merupakan singkatan dari Nebus Murah. Tunggu apalagi, silakan anda berbelanja hemat di Sayurbox sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.