3 Indikator Sukses Dalam Berbisnis

0
14134

Marketing.co.id – Apakah kesuksesan itu? Ketika pertanyaan ini dilontarkan kepada para pengusaha, biasanya jawabannya berbeda-beda. Ada yang mengartikan sukses itu bisa mencapai kemandiriian dalam bisnis, atau mampu menghasilkan uang banyak, dan lain sebagainya.

Meraih kesuksesan memang tidak ada rumus yang pasti. Namun, tetap diperlukan indikator-indikator  menuju kesuksesan agar bisnis lebih terarah. Berikut tiga indikator agar bisnis Anda meraih kesuksesan:

1. Harus bisa mencapai titik impas

Titik impas (break even point) adalah sebuah titik di mana biaya atau pengeluaran dan pendapatan seimbang, sehingga tidak terdapat kerugian atau keuntungan dalam suatu bisnis. Seorang pengusaha harus bisa menghitung bagian terpeting dari data titik impas, karena ini adalah level pertama menuju keberhasilan.

Sederhananya titik impas menunjukkan tingkat penjualan dalam volume unit untuk mengimbangi semua biaya tetap. Biaya tetap adalah pengeluaran yang tidak dipengaruhi oleh biaya sewa atau biaya pinjaman dalam melakukan bisnis.

Banyak yang percaya bahwa penjualan yang tinggi secara otomatis akan menghasilkan keuntungan yang tinggi. Tapi perlu diingat keuntungan hanya datang setelah Anda telah melalui break even point.

2. Mampu memberikan upah yang layak pada karyawan

Pada tahap ini Anda  sudah menyediakan upah yang layak bagai karyawan  dan mulai menarik pendapatan walaupun hanya sebatas mencukupi kebutuhan internal bisnis Anda.

Memang dalam tahap ini belum menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan laba dan investasi. Kebanyakan bisnis kecil hanya sampai indikator ini, penghasilan yang didapat hanya cukup untuk menghasilkan upah yang layak saja.

3. Sudah menghasilkan laba yang nyata

Pebisnis yang mencapai indikator ini berarti sudah mampu memberikan keuntungan yang nyata dalam menjalankan bisnis tersebut. Dengan hasil tersebut Anda bisa berinvestasi dalam berbagai bisnis yang lain, sehingga bisnis Anda terus berkembang. (Powerhomebiz/ Hernawan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.