3 Metrik Terpenting dalam Memantau Pemasaran Online

Marketing.co.id- Apakah Anda sibuk memantau data analisa web seperti PageRank toolbar, jumlah pengunjung harian, dan lainnya? Ada beberapa metrik penting yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan website dan peringkat di mesin pencari.

Untuk mengetahui bagaimana situs yang kita kelola bekerja, kita harus terus memantaunya, mulai dari tingkat konversi, berapa banyak backlink yang telah terkumpul, dan bagaimana pengunjung terlibat.

Berikut adalah 3 metrik penting untuk memantau pemasaran online:

Tingkatkan konversi dan tujuan akhir

Jika Anda menginvestasikan waktu dan uang untuk membangun sebuah situs dan memperluas kehadiran web Anda, pastikan Anda mendapatkan sesuatu yang bernilai sebagai imbalan. Apakah tujuan Anda meningkatkan penjualan secara online atau hanya ingin mendidik pembaca website dengan topik-topik tertentu.

Memiliki sebuah metode untuk melacak tingkat konversi, rasio pengunjung website, dan kunjungan seperti mendaftar untuk berlangganan newsletter atau melakukan pembelian.

Secara umum alat terbaik (gratis) yang bisa Anda gunakan sekarang adalah Google Analytics. Alat ini dapat melacak segala sesuatu dari penjualan website.

Backlink profile

Setelah Google Penguin update algoritma baru, kini lebih jelas dari sebelumnya bahwa kualitas link yang merujuk pada website akan mempengaruhi optimasi mesin pencari (SEO). Jika Anda tidak mengetahui jenis link dalam profil backlink Anda tanpa pernah berusaha untuk memperbaikinya, Anda berisiko terkena sanksi oleh mesin pencari.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari komposisi profil backlink anda, pertimbangkan untuk menggunakan layanan seperti Mejestic SEO atau Open Site explore.

Meskipun anda bisa mendapatkan beberapa informasi dari Google dan Bing, Anda tidak dapat memantaunya secara penuh kecuali Anda membayar untuk alat SEO pihak ketiga.

Setelah mengakses profil backlink Anda, berikut adalah beberapa hal yang anda ingin tahu:

  • Apakah ada ‘lingkungan buruk’ pada link yang merujuk ke situs Anda? link buruk tersebut termasuk pornografi, perjudian dan situs yang dipertanyakan lainnya.
  • Apakah Anda menggunakan backlink bervariasi, anchor text terdengar alami? Jika Anda sudah melakukan kampanye optimalisasi link-building di masa lalu, profil Anda mungkin termasuk persentase yang terlalu tinggi dari kata kunci berbasis teks jangkar. Misalnya dalam penggunaan kata kunci SEO seperti ‘Mexico best hotel deals’ bukan ‘klik di sini’ untuk teks link Anda. pola-pola ini mungkin menunjukkan  over-optimization untuk mesin pencari, yang dapat mengakibatkan hukuman di masa mendatang.
  • Apakah link Anda berasal dari situs yang di bangun semata-mata untuk tujuan SEO?

Algoritma mesin pencari menjadi lebih kompleks saat ini, mereka semakin mampu mendeteksi situs yang sering mengandung konten berputar, desain situs dasar dan tidak ada kehadiran manusia yang terdeteksi. Yang akan menyebabkan hukuman berdasarkan manipulasi yang dirasakan.

Jika Anda mendeteksi salah satu backlink berkualitas rendah menunjuk pada website, cara terbaik yang bisa lakukan adalah menghapusnya.

Webmaster dapat menolak untuk menanggapi permintaan Anda untuk menghapus link mereka, tapi setidaknya Anda harus memiliki dokumentasi pendukung yang diperlukan untuk mengajukan permohonan peninjauan kembali  dari mesin pencari yang menghukum Anda. hukuman tersebut dapat Anda rasakan melalui hilangnya lalu lintas atau penurunan peringkat situs Anda. Pantau terus setidaknya sebulan sekali untuk mencoba mencegah hukuman sebelum terjadi.

Keterlibatan pengunjung

Hal ini mengacu pada berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung di situs dan berapa banyak yang melihat konten Anda. hal ini dapat dilacak dengan berbagai cara, termasuk:

  • Rata-rata waktu di situs, yang harus setinggi mungkin
  • Bounce rate, yang mengukur jumlah pengunjung yang tidak menavigasi diluar halaman pertama website Anda. Ini harus lebih rendah dari 50 persen
  • Rata-rata kunjungan per halaman harus setinggi mungkin
  • Jumlah kunjungan dari media sosial harus tinggi. Hal ini untuk menunjukkan bahwa pengunjung menemukan manfaat dari konten Anda dan berbagi untuk teman-teman.

Keterlibatan pengunjung sangat penting karena keuntungan bisnis yang potensial berasal dari keterlibatan pelanggan. Tapi, dari metrik yang dijelaskan di atas, banyak yang semakin mengarah ke peringkat mesin pencari, SEO memberikan dorongan situs Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.