3 Perangkat Teknologi untuk eCcommerce Meningkatkan Penjualan di Ramadan 2023

Tiga perangkat teknologi yang efektif untuk eCcommerce guna meningkatkan engagement dan revenue di bulan Ramadan 2023 – oleh Siddhesh Sawant, Wakil Presiden Regional – Indonesia, Netcore Cloud 

Marketing.co.id – Berita Marketing | Bulan suci Ramadan dipandang sebagai peluang ideal bagi pelaku bisnis ritel dan produk eCommerce untuk berinteraksi secara efektif dengan para konsumennya, serta meningkatkan pendapatan. Namun, hanya mengandalkan pendekatan tradisional yang berpusat pada kampanye tidak lagi cukup bagi bisnis untuk tetap menjadi yang terdepan.

Para pebisnis yang cerdas memahami bahwa periode ini sangat mendorong terjadinya peningkatan penjualan, sehingga mereka merancang inisiatif pemasaran yang sesuai. Dalam artikel ini, saya telah mengumpulkan tiga alat bantu teknologi yang menarik yang harus dipertimbangkan secara serius oleh para pelaku bisnis eCommerce untuk meningkatkan penjualan.

Memanfaatkan otomatisasi secara maksimal

Produsen dapat secara efektif melibatkan konsumen dan mendorong penjualan dengan mengirimkan pesan SMS dan WhatsApp pada berbagai tahap alur customer journey. Mengirimkan pesan berisikan ajakan untuk bertindak (CTA) yang menarik agar konsumen tertarik untuk mengklik dan mengunjungi platform mereka adalah ide yang bagus. Jika konsumen meninggalkan situs pada tahap pertengahan perjalanan pembelian mereka, otomatisasi memungkinkan produsen untuk mengirim pesan pengingat untuk mendorong mereka menyelesaikan pembelian.

Pesan pasca-pembelian juga dapat diotomatisasi untuk melakukan penjualan silang produk pelengkap berdasarkan pembelian konsumen sebelumnya. Selain itu, produsen juga dapat meminta masukan dari konsumen untuk meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Dengan memanfaatkan strategi pengiriman pesan otomatis, produsen dapat memaksimalkan dampak dari strategi pemasaran selama bulan Ramadan dan mencapai target penjualan mereka.

Ciptakan FOMO dengan mengirimkan penawaran eksklusif dalam jangka waktu terbatas

Menawarkan diskon eksklusif dan penawaran terbatas dalam jangka waktu tertentu akan menciptakan rasa ketertarikan di benak konsumen dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian sebelum penawaran tersebut berakhir, sehingga membantu bisnis mencapai target penjualan. Untuk memberi tahu konsumen tentang penawaran dan diskon eksklusif ini, merek berbasis aplikasi dan web dapat menggunakan push notification untuk membawa mereka langsung ke halaman yang relevan. Selain itu, bisnis dapat memanfaatkan strategi cross-selling dan up-selling di halaman checkout untuk meningkatkan nilai pesanan dan mendorong lebih banyak pendapatan.

Dengan memastikan pengalaman berbelanja yang lancar di aplikasi atau web, bisnis dapat secara signifikan meningkatkan kepuasan dan kesenangan pelanggan, mendorong konsumen untuk kembali dan mendatangkan lebih banyak konsumen melalui pemasaran dari mulut ke mulut. Memberi insentif kepada para konsumen dengan hadiah dan pengalaman berbelanja yang nyaman juga mendorong pembelian impulsif, membuat konsumen terdorong untuk segera melakukan pembelian.

Memaksimalkan potensi Email

Dengan munculnya Email AMP, kini Anda dapat menyelesaikan transaksi secara langsung di dalam email itu sendiri. Email AMP juga dapat digunakan untuk berinteraksi dengan konsumen melalui elemen interaktif seperti permainan dan kuis di dalam email. Konsumen dapat diberi hadiah berupa diskon dan kode promo jika berpartisipasi, sehingga menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka.

Survei pasca-pembelian dan permintaan masukan juga dapat dikirimkan melalui email, sehingga bisnis dapat mendapatkan masukan yang bernilai mengenai kepuasan konsumen dan hal-hal yang perlu ditingkatkan. Secara keseluruhan, memanfaatkan potensi email marketing dapat menjadi solusi yang tepat bagi bisnis yang ingin memaksimalkan jangkauan dan keterlibatan mereka dengan konsumen selama bulan Ramadan dan seterusnya.

Sebagai kesimpulan, di luar teknologi, penting untuk diketahui bahwa banyak dari jutaan Muslim di Asia Tenggara yang memiliki daya beli yang cukup besar sangat memprioritaskan untuk dapat terhubung mereka dengan tujuan yang benar-benar penting bagi mereka, seperti donasi amal. Dengan menawarkan platform di situs web Anda yang memungkinkan mereka menyumbang kepada mereka yang membutuhkan, Anda dapat menunjukkan pendekatan yang bijaksana dan berempati kepada konsumen Anda.

Selain itu, makanan juga memainkan peran penting selama bulan Ramadan, terutama saat berbuka puasa. Oleh karena itu, mungkin merupakan langkah yang bijaksana bagi produsen untuk fokus mempromosikan produk makanan yang dapat dikonsumsi yang selaras dengan aspek penting dari hari raya ini. Dengan mengingat pertimbangan-pertimbangan ini, bisnis Anda dapat secara efektif terhubung dengan komunitas Muslim selama Ramadan dan membangun hubungan yang lebih kuat dan bermakna dengan konsumen yang potensial ini.

Kami memahami bagaimana kompleksitas pasar modern yang terjadi sekarang dan dapat menerjemahkannya menjadi solusi real untuk bisnis Anda. Konsultasikan segera dengan team kami dengan scan barcode berikut ini:

A solution from:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.