3 Resep Alisan Raih Top Brand

Diki Irawan, salah satu eksekutif dari PT Sinar Budi Intraco
Diki Irawan, salah satu eksekutif dari PT Sinar Budi Intraco

Mudah memang membuat sebuah merek baru, tapi untuk menjadikan merek tersebut sukses merupakan hal yang sulit. Terbukti, dari sekian banyak merek, hanya sedikit yang mampu sukses menguasai pasar.

Menanggapi hal tersebut, merek kemeja formal pria, Alisan rela berbagi rahasia kesuksesannya. Ini tiga rahasia Alisan:

1. Terus mencari pelanggan baru

Tak dapat dipungkiri bahwa rahasia sukses sebuah merek adalah dengan terus berupaya mencari pelanggan baru. Karena dengan begitu, mereka yang mengenal produk Anda akan terus bertambah.

Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan mendekati masyarakat yang sedang mengalami masa transisi menuju market produk Anda. Misalnya produk Anda ditujukan untuk anak ABG, Anda bisa mendekati anak-anak dengan malakukan edukasi agar mereka familier dengan merek Anda.

“Jangan hanya fokus kepada konsumen, tapi juga turun ke bawah, pelajari apa yang mereka sukai, karena konsumen pada market kita terus beregenerasi. Kendati begitu, angkatan baru tentu memiliki preferensi yang sedikit berbeda. Itulah yang harus kita ketahui,” kata Diki Irawan, salah satu eksekutif dari PT Sinar Budi Intraco

2. Konsistensi, bentuk loyalitas

Sekarang pikirkan, dalam sebulan Anda mampu men-drive seratus pelanggan baru, tapi dalam waktu yang sama, seratus pelanggan lama Anda meninggalkan merek Anda. Apa yang terjadi?

Untuk itu, sangat penting untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Menurut Diki, konsistensi merupakan hal yang perlu dilakukan guna menciptakan brand loyality.

“Konsisten dari apa? Konsisten memberikan kualitas terbaik, konsisten dalam men-supply barang, juga konsisten di bidang pelayanan pelanggan. Itu yang selalu kami tekankan sepanjang perjalanan Alisan. Tidak masalah cut cost (potong pengeluaran), tapi jangan cut corners (cari jalan pintas),” terangnya pada ajang penghargaan Top Brand 2014, Kamis, 17 Juli lalu.

3. Beda dari kompetitor

Tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan selalu ada di setiap lini bisnis. Menghadapi hal tersebut, penting untuk mengambil langkah yang sedikit berbeda. Dengan begitu, akan ada poin yang membuat merek Anda tampak unik.

Seperti halnya Alisan, menurut Diki, mereknya tidak mengandalkan promosi seperti merek-merek kebanyakan. Mereka menggantinya dengan agen yang siap menjadi perpanjangan tangan mereka di daerah yang sulit dijangkau.

“Daripada buang uang untuk promosi, akan lebih baik jika digunakan untuk memperbaiki kualitas barang. Bukan berarti promosi tidak berguna, tapi menurut kami, word of mouth is number one,” pungkas Diki.

Hasilnya, hingga kini Alisan berhasil meraih Top Brand selama empat tahun berturut-turut untuk kategori kemeja formal pria, terhitung sejak 2011.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.