3 Tahun Berkarya, Cakap Berhasil Menggandeng Lebih dari 13 Universitas 

0
402
Cakap

Marketing.co.idBerita Digital I Memasuki usia ketiga, Edtech Cakap membukukan pertumbuhan bisnis hingga 300%, dengan penambahan 5 kali lipat jumlah siswa pada tahun 2021. Saat ini, Cakap sudah diunduh oleh lebih dari 1,5 juta pengguna (siswa) atau mengalami peningkatan sebanyak lima kali lipat dari tahun sebelumnya.

Cakap

Tomy Yunus, Co-Founder dan CEO Cakap mengungkapkan, sedangkan dari sisi bisnis, dalam satu tahun terakhir pendanaan yang berhasil dibukukan Cakap terdiri dari pendanaan seri B sebesar 10 juta dolar AS yang dipimpin oleh Centauri dari MDI-KB & Heritas Capital pada kuartal empat 2021, disusul pendanaan Indonesia Impact Fund yang dikelola oleh Mandiri Capital Indonesia. Pendanaan ini digunakan Cakap untuk meningkatkan kapasitas teknologi dari sisi learning experience, dan memperluas akses pendidikan berkualitas hingga daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

“Memasuki tahun 2022, kami semakin optimis bahwa industri edtech semakin diminati oleh masyarakat melalui fleksibilitas pengalaman belajar, sumber yang berkualitas, dan akses yang mudah,” sambut Tomy.

Terlebih, pendidikan di Indonesia akan selalu menjadi salah satu target utama dalam pembangunan mengingat 20% APBN didistribusikan pada sektor ini. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp541,7 triliun untuk peningkatan produktivitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM). Tujuan ini diinisiasi melalui berbagai program salah satunya adalah pelatihan vokasi.

“Komitmen Cakap sebagai solusi pembelajaran dalam pendidikan dan pengembangan karir SDM Indonesia ditunjukan dari berbagai inisiatif Cakap bersama dengan berbagai partner kami. Cakap melalui program upskill telah sukses memberikan 22 kursus, 3.500 lebih modul dan 920 video pembelajaran bagi penggunanya dalam 2 tahun terakhir. Dikombinasikan dengan lini bisnis pada pembelajaran bahasa, Cakap siap membantu misi pemerintah untuk mencetak SDM Indonesia yang berkompetensi dan berdaya saing global,” tambah Tomy.

Bersamaan dengan misi ini dan perayaan hari ulang tahunnya yang ke-3, Cakap berhasil menjalin kerjasama dengan lebih dari 13 universitas dan lembaga pendidikan dari berbagai daerah di Indonesia. Adapun bentuk kerja sama dengan pihak kampus beragam – mulai dari program magang hingga rekrutmen mitra pengajar bahasa asing. Kini, Cakap mengampu lebih dari 1.400 mitra pengajar dari seluruh penjuru negeri, termasuk diantaranya dari negara asing seperti Filipina, China, Jepang dan Korea Selatan.

Salah satu institusi pendidikan yang menyuplai mitra pengajar adalah Universitas Universal, terutama untuk guru bahasa Mandarin. Rektor Universitas Universal Dr. Aswandy M.T. mengungkapkan, “Selama dua tahun kami saling mendukung, dan turut senang bisa berkontribusi bagi pertumbuhan Cakap.”

Sedangkan bentuk inisiatif dengan institusi pendidikan lainnya diwujudkan melalui program Cakap Teacher Academy (CTA) yang diluncurkan pada Agustus tahun 2021. Program ini dirancang sebagai solusi platform digital secara menyeluruh untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran digital melalui pelatihan bersertifikat. Lulusan dari Cakap Teacher Academy akan mendapatkan kesempatan untuk direkrut menjadi pengajar Cakap, juga memberikan kesempatan untuk komunitas lokal memperoleh pendapatan 3 kali lebih tinggi dari rata-rata pendapatan guru.

Ekosistem yang tidak kalah penting adalah konten yang menjadi materi pembelajaran di Cakap. Berdasarkan data tahun 2021, terdapat peningkatan rasa percaya diri dan kemampuan berbahasa asing, yang dirasakan oleh 7 dari 10 siswa yang telah belajar bersama Cakap. Sementara dari sisi teknologi, Cakap yang memiliki rating 4.9 di Apple Store dan Google Play berkomitmen untuk terus adaptif dalam memperkuat sistem pembelajaran berbasis teknologi, contohnya melalui teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan hingga kedepannya akan mengembangkan konsep baru interaksi melalui internet (metaverse) dengan menciptakan metacourse.

Wikan Sakarinto, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek RI menambahkan, “Kami berharap, Cakap semakin dapat menjangkau sekolah atau area di Indonesia lebih luas agar kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Demi menciptakan SDM Indonesia yang berkompetensi dan berkualitas.”

Dalam merayakan ulang tahun ke-3, Cakap mengadakan berbagai acara mulai dari donor darah, hingga  berbagai promosi meliputi Placement Test  yang berlaku selama satu bulan (6 April – 6 Mei) berupa pembelian 1 placement test akan mendapatkan 2 tambahan kode voucher untuk dibagikan ke teman atau mengetahui kemampuan bahasa lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.