3 Tren Teknologi Bisnis yang Harus Anda Amati

0
897

teknologi informasi

Marketing.co.id – Dunia teknologi berubah sangat cepat. Ide-ide baru datang dan pergi silih berganti. Beberapa di antaranya memiliki potensi mengubah cara Anda melakukan bisnis.

Mungkin Anda tidak sempat mengevaluasi setiap teknologi baru bagi bisnis Anda dan apa saja yang harus difokuskan. Berikut tiga tren dengan potensi dapat mengubah cara Anda dalam melakukan banyak hal di tahun-tahun mendatang.

Cashless payment/ pembayaran non-tunai

Cashless society telah menjadi impian sejak kartu kredit pertama kali muncul di pasar. Namun kini, pada akhirnya kita mungkin mendekati mimpi itu – dan itu turun ke beberapa teknologi yang muncul.

Selama ini bisnis-bisnis berskala mikro sulit menerima pembayaran dengan kartu. Namun, sekarang hal ini akhirnya dapat mulai teratasi.

Solusi pembayaran mobile seperti GoPayment dari Intuit atau Square menawarkan kemudahan serta proses pendaftaran yang cepat. Tidak hanya itu, mereka juga tidak mengikat perusahaan dengan kontrak jangka panjang yang mahal seperti halnya penyedia jasa pembayaran kartu tradisional.

Ada juga inovasi ‘pay and wave’, di mana Anda dapat membayar untuk pembelian kecil cukup dengan melambaikan kartu kredit di atas sensor. Tidak perlu menggesek atau menandatangani tanda terima. Bisa dibilang itu lebih efisien dan sederhana dibanding membayar dengan uang tunai, bukan?

Ritel kecil, pedagang makanan, dan perusahaan sejenis lainnya bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan teknologi ini.

Touch screen di mana-mana

Sejak iPhone pertama kali menggebrak pasar pada 2007, popularitas touch screen (layar sentuh) juga ikut meledak. Hampir semua tablet dan smartphone kini menggunakan layar sentuh.

Bahkan, anak-anak zaman sekarang tampaknya tidak pernah mengenal layar yang bukan layar sentuh. Layar sentuh ini begitu mudah digunakan dan sangat responsif. Apalagi mereka sekarang mulai muncul di segala tempat. Point Seltf-Service di supermarket, ATM, mesin penjual otomatis, dan sistem hiburan maskapai penerbangan lebih banyak memanfaatkan teknologi intuitif ini.

Saat ini semakin banyak laptop dan komputer desktop memiliki layar sentuh. Sederhananya, layar sentuh menjadi standar.

Mencetak sesuai pesanan

Bagaimana kira-kira supply chain Anda jika memiliki mesin yang mampu menghasilkan produk sesuai permintaan konsumen?

Sepertinya terobosan teknologi tidak hanya akan mengubah supply chain, itu bisa mengubah seluruh bisnis Anda. bahkan, bisa memicu perubahan seismic dalam segala macam industri.

Nah, saat ini cetak 3D bukan fiksi ilmiah lagi. Saat ini Anda dapat membeli printer 3D dari perusahaan seperti Makerbot. Mereka masih sederhana, namun mampu bekerja cukup baik.

Sumber: dasburst.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.