4 Alasan Kota Medan Layak Jadi Tempat Investasi Properti

0
27
Medan
Salah satu ruas jalan di Kota Medan. (Sumber: Shutterstock)

Marketing.co.id – Berita Property | Kota Medan memiliki pertumbuhan pasar properti yang terus menggeliat dan menjadi salah satu kota tujuan investasi properti paling diminati di luar Pulau Jawa.

Medan
Salah satu ruas jalan di Kota Medan. (Sumber: Shutterstock)

Menurut Mart Polman, CEO Lamudi.co.id, belakangan kota Medan banyak dilirik oleh para investor properti, karena peminat pembeli rumah di sana cukup tinggi. Menariknya lagi, para investor tersebut ternyata bukan hanya berasal dari masyarakat lokal saja, tetapi juga meluas dari berbagai kota di Indonesia.

“Banyak masyarakat yang memilih untuk investasi di Medan karena kota ini menawarkan potensi keuntungan yang sangat menjanjikan,” kata Mart.

Bagi Anda yang berencana investasi properti, khususnya rumah, berikut ini adalah 4 alasan yang membuat mengapa kota Medan layak dijadikan daerah tujuan investasi properti.

Alasan pertama, minat membeli rumah yang selalu meningkat. Berdasarkan data perusahaan properti teknologi (PropTech) Lamudi.co.id, minat membeli rumah di Medan setiap tahunnya terus merangkak naik. Contohnya pada kuartal I tahun 2022 orang yang mencari iklan rumah di Medan meningkat sebesar 8.09 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV tahun 2021.

Meningkatnya jumlah minat mencari rumah tersebut bisa menjadi indikator yang kuat bahwa kota Medan sangat potensial untuk dijadikan lokasi investasi properti. Terutama bagi mereka yang mengincar keuntungan dari capital gain. Saat ini rata-rata harga rumah dijual di Medan mencapai Rp6.610.000 per meter persegi.

Alasan kedua, Medan mengalami perkembangan jumlah penduduk. Indikator lainnya yang membuat mengapa kota Medan layak dijadikan destinasi investasi properti karena kota tersebut mengalami perkembangan jumlah penduduk yang cukup signifikan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk di kota Medan mencapai 2,43 juta orang atau sekitar 16,46 persen dari seluruh penduduk di Sumatera utara.

Alasan ketiga, adanya kelengkapan infrastruktur. Kota Medan juga dikelilingi dengan sarana infrastruktur yang dapat mempermudah mobilitas masyarakat di sana. Contohnya seperti adanya Tol Medan – Binjai yang dibuat sepanjang 16,8 kilometer, Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi yang dibuat sejauh 61,80 kilometer serta Fly Over Jalan Gatot Subroto.    

Alasan keempat, banyak proyek perumahan dibangun. Di Medan saat ini juga telah banyak dibangun beragam proyek perumahan, contohnya seperti Taman Malibu Indah, CitraLand Gama City, Royal Sumatera dan lain sebagainya. Kehadiran perumahan ini tentunya dapat membuat calon pembeli rumah memiliki banyak pilihan untuk mendapatkan hunian sesuai dengan keinginan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.