4 Alasan UKM Perlu Teknologi Cloud

Marketing.co.id – Berdasarkan data lembaga riset MARS Indonesia, banyak UKM yang masih enggan memanfaatkan teknologi dalam proses bisnis karena khawatir investasi yang digelontorkan cukup mahal. Meskipun teknologi, khususnya teknologi cloud terbukti mampu meningkatkan efisiensi, apakah betul UKM perlu teknologi cloud?

Secara harfiyah, cloud computing atau komputasi awan merupakan paradigma baru untuk penempatan (hosting) dan pengiriman (delivering) melalui internet. Cloud computing merupakan mekanisme sekumpulan sumber daya teknologi informasi yang saling terhubung, baik infrastruktur maupun aplikasi.

Cloud dikelola sepenuhnya oleh pihak ketiga sehingga memungkinkan pengguna memanfaatkan resource tersebut secara on-demand melalui jaringan, baik bersifat jaringan private maupun public. Cloud menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan aplikasi pemilik usaha. Jadi, UKM dapat dengan mudah mengakses informasi melalui internet dan menjalankan program tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu.

“Persaingan UKM sangatlah tinggi apalagi dengan mempertimbangkan kondisi saat ini saat pandemi covid – 19. Semua berjuang untuk bertahan tapi akan lebih baik jika para pelaku UKM juga memanfaatkan momen ini untuk refleksi dan menganalisa bisnisnya agar ke depannya dapat lari lebih cepat saat pandemi berakhir,”ujar Standie Nagadi, VP Marketing Mekari.

Mekari, sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS), melalui produknya Jurnal yaitu software akuntansi berbasis cloud memberikan alasan – alasan rinci mengapa UKM perlu teknologi cloud, antara lain:

Murah Meriah

Bagi pelaku bisnis UKM, pengadaan teknologi untuk penunjang bisnis perlu hitung-hitungan yang jelas. Untuk itu, teknologi cloud dianggap pas karena biaya yang dikeluarkan tidak semahal yang diperkirakan. Dengan menggunakan cloud computing, Anda tidak perlu membeli server dan software yang mencapai puluhan juta.

Kemudian Anda juga tidak harus membeli peralatan baru atau mengganti yang sudah rusak. Semua sudah disediakan oleh perusahaan penyedia jasa cloud.  Sehingga biaya yang harusnya dikeluarkan dapat dialihkan untuk kebutuhan perusahaan lainnya. Tentu hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Seperti halnya software akuntansi online berbasis cloud, Jurnal, Anda cukup hanya mengeluarkan biaya sewa sesuai kebutuhan operasional. Fiturnya lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Misalnya Anda bisa membuat lebih dari 30 laporan keuangan secara otomatis dan akurat dalam beberapa bentuk seperti laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal. Anda juga bisa memantau performa bisnis secara praktis dan realtime langsung dari aplikasi mobile.

Kapasitas penyimpanan cukup besar dan aman

Jika menggunakan cloud, Anda bisa menentukan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan. Dengan demikian, Anda tak perlu menggelontorkan biaya untuk kebutuhan pembaruan (upgrade) memori komputer. Sebagai software akuntansi online berbasis cloud, Jurnal memiliki kapasitas penyimpanan cloud storage yang sangat besar. Anda dapat menyimpan banyak data-data penting dengan aman. Layanannya yang berbasis online mampu mengakses dan mengunduh data dimana saja dan kapan saja dengan perangkat apapun selama memiliki jaringan internet.

Meningktkan produktivitas

Layanan cloud berperan besar dalam meningkatkan produktivitas perusahaan. Anda dengan mudah dapat mengelola data besar (big data). Biasanya diperlukan waktu beberapa minggu bagi seorang spesialis untuk melakukan analisis database perusahaan. Namun dengan tools yang disediakan cloud seperti Jurnal, Anda dapat mengelola seluruh data dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu fokus pada bisnis tanpa memikirkan biaya IT untuk pengelolaan sistem.

Efisien

Anda tidak perlu lagi berkonsentrasi terhadap hal-hal kecil yang mendetail karena cloud akan melakukannya untuk Anda. Saat ini banyak perusahaan berbasis cloud yang menawarkan jasa mereka di berbagai bidang. Jurnal misalnya, akan membantu Anda dalam mengelola bisnis seperti laporan keuangan perusahaan. Memiliki fitur Financial Reporting, aplikasi pembukuan ini bisa menjadi salah satu alat yang membantu Anda melakukan proses pembukuan dengan lebih cepat dan rapi. Sehingga, Anda bisa menganalisa dengan tepat mana pos-pos yang biayanya besar dan perlu dikontrol pengeluarannya.

Kemudian manfaat lainnya adalah layanan cloud meningkatkan daya saing bisnis. Sistem komputasi cloud beroperasi di berbagai wilayah di waktu yang berbeda. Keluasan jaringannya memudahkan pelaku bisnis UKM untuk menjangkau, mengakses, dan berinteraksi dengan pelanggan sehingga kebutuhan pelanggan bisa difasilitasi. Anda juga dapat menganalisa aktivitas pasar dan merancang strategi yang tepat untuk mencapai target.

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.