4 Hal yang Patut Dimiliki oleh Pelaku Marketing

Owl LogoTidak peduli apakah Anda pebisnis atau pelaku marketing yang ingin meningkatkan omzet penjualan. Menurut OWL Club, Anda harus memiliki empat elemen dasar jika ingin menjadi pemasar yang hebat. Dan hal itu pula yang diterapkan oleh OWL kepada para anggotanya.

1.       Memiliki creative confidence

Creative confidence itu sangat penting untuk dimiliki. Sekarang bagaimana seseorang bisa memasarkan produknya jika dia tidak percaya pada dirinya sendiri. Tidak memiliki creative confidence, artinya Anda gagal, Anda akan bingung menentukan bisnis apa yang akan digarap, strategi apa yang akan dijalankan, hingga inovasi dan ide-ide selanjutnya. Karena Anda tidak percaya diri.

“Misalnya dalam OWL, kami mau bikin sebuah komunitas yang tidak melunturkan creative confidence anak-anak. Kalau masih ada jarak antara ketua dan anggota, itu akan membuat creative confidence anggota luntur,” ucap Radityo Susilo Dwiatmojo, External Chairman OWL Club.

2.       Memiliki daya tarik

OWL berpendapat bahwa sebelum memperkenalkan serta menjual produk ke khalayak ramai, marketer harus mampu mempromosikan dirinya sendiri. Caranya dengan memperkuat personal branding.

“Untuk jadi superior marketer itu harus jadi ‘cewek yang manis’. Jika orang lain suka sama kita, mereka juga pasti akan suka sama produk kita,” kata Radit.

3.       Aktif di luar

Radityo Susilo Dwiatmojo, External Chairman OWL Club
Radityo Susilo Dwiatmojo, External Chairman OWL Club

Ilmu tidak hanya didapat dari belajar di ruang kelas, tapi juga dari lingkungan luar. Misalnya kunjungan ke berbagai perusahaan untuk mengintip aktivitas dan cara kerja mereka. Tidak hanya itu, aktif di luar juga membuat Anda memiliki banyak mitra bisnis. Ini akan sangat membantu Anda dalam penjualan.

4.       Keinginan untuk terus belajar

Hal terakhir yang ditanamkan oleh OWL kepada para anggotanya adalah untuk tidak pernah merasa puas dalam belajar. Jika seseorang sudah merasa puas, mereka tidak akan mau menggali lagi. Padahal, semua disiplin ilmu bisa dikaitkan dengan kegiatan marketing. Misalnya promosi lewat internet (pengetahun tentang IT), gamification (pengetahuan tentang game), bahkan bisa juga berpromosi lewat musik, lukisan, foto, dan sebagainya.

“Kami percaya bahwa marketing itu bukan ilmu yang stuck gitu-gitu aja. Banyak juga cara lain, jadi kita harus menggali lagi. Untuk  itu butuh attitude, sehingga menimbulkan keinginan diri untuk terus menggali,” papar Radit.

Meski ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi pelaku marketing yang baik, tapi inti dari marketing hanya satu, yaitu bagaimana cara menjual produk kepada konsumen.

Tapi Anda tidak bisa memaksa mereka untuk menyukai produk yang Anda tawarkan. Jadi buatlah produk Anda semanis mungkin, supaya mereka suka.

“(Marketing adalah) how to make people like you. Bagaimana kita bisa menarik orang kepada kita. Mulai dari packaging dan sebagainya,” tutup Radit.

OWL sendiri merupakan sebuah komunitas marketing yang terdiri dari para mahasiswa bisnis di Prasetya Mulya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.