4 Keluhan Terbesar Pelanggan Terhadap Loyalty Program

Marketing – Kita pasti sering mendengar istilah “Pembeli adalah Raja” dan hal itu memang benar adanya. Dalam dunia perdagangan, memberi pelayanan terbaik akan membuat pembeli kembali lagi ke toko tersebut. Sebaliknya bila pelayanan toko kurang memuaskan, maka jangan berharap pembeli akan kembali.

Hal ini juga berlaku pada loyalty program. Jika dalam pelaksanaan loyalty program  masih ada beberapa kesalahan, maka bersiap-siaplah untuk mendengar keluhan ini dari pelanggan Anda. Menurut Annisa, Senior Manager dari Prezent Digital Voucher, PT Sprint Asia Technology, setidaknya ada empat keluhan pelanggan terhadap loyalty program.

“Reward saya kedaluwarsa sebelum saya menggunakannya”

Berdasarkan hasil survei Code Broker, sebanyak 1,287 pelanggan yang mengikuti survei, 31% pelanggan mengeluhkan reward yang telah didapat sudah kedaluwarsa sebelum mereka memakainya. Padahal, konsumen mungkin sudah susah payah mengumpulkan poin atau semacamnya untuk mendapatkan reward tersebut.

Solusi dari keluhan ini Anda bisa menggunakan email marketing untuk mengingatkannya secara personal agar dapat menggunakan reward-nya, atau memperpanjang masa penggunaan reward.

“Saya Bahkan tidak tahu kapan saya memiliki reward

Berdasarkan hasil survei Code Broker, sebesar 23% pelanggan mengeluhkan mereka tidak tahu jika telah mendapat reward. Padahal mungkin pelanggan sering menggunakan produk atau jasa kita. Solusi dari keluhan ini sama dengan keluhan pertama, menggunakan email marketing untuk memberitahu secara personal bahwa pelangan telah mendapatkan reward.

“Yah, saya lupa bawa kartu member-nya”

Berdasarkan hasil survei Code Broker, sebesar 14% pelanggan mengeluhkan mereka tidak membawa kartu member. Entah karena lupa membawa atau lupa disimpan di mana. Solusi yang dapat dilakukan Anda dapat beralih dari kartu member ke aplikasi member, sehingga konsumen selalu membawa kartu member bersama ponselnya atau lebih mudahnya Anda dapat menggunakan nomor hp pelanggan agar pelanggan tetap bisa mendapat reward.

“Sulit untuk mengakses informasi tentang reward saya”

Berdasarkan hasil survei Code Broker, sebesar 13% pelanggan mengeluhkan sulit mengakses  informasi reward yang mereka dapat seperti reward ini dapat digunakan untuk apa, kapan masa kedaluwarsanya. Solusi yang dapat dilakukan Anda dapat menggunakan media sosial seperti Instagram untuk menjelaskan peraturan mengenai reward yang ada. Atau, kembali menggunakan email marketing.

Itulah empat keluhan yang sering terjadi di masyarakat. Maka hal tersebut sudah harus diantisipasi oleh setiap perusahaan yang memiliki reward untuk pelanggan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.