5 Cara Meningkatkan Asupan Air Putih ke Dalam Tubuh

0
4092
Ilustrasi manfaat air putih by shutterstock

manfaat air putih

Sebuah studi – 2010 – yang dilakukan oleh American Chemical Society of Boston mengungkapkan bahwa, minum air putih dua gelas sebelum sarapan, makan siang dan makan malam dapat membantu menurunkan berat badan jika dilakukan rutin setidaknya selama satu tahun.

Yah, penurunan berat badan adalah salah satu manfaat dari minum air putih. Tidak hanya penurunan berat badam, minum air putih yang cukup juga dapat mengobati masalah kulit, mengurangi risiko penyakit jantung, sistim pencernaan, dan menyembuhkan sakit kepala.

 Air menawarkan banyak sekali manfaat. Namun begitu, kita tidak boleh berlebihan setidaknya kita minum air putih delapan gelas air sehari. Nah, bagaimana kita meningkatkan asupan air dalam makanan kita sehari-hari? Berikut caranya:

Jadwal

Mulailah dengan membuat sebuah jadwal. Segera setelah bangun tidur, minumlah dua gelas air putih. Setelah itu, minum segelas air setiap dua jam sekali.

Tetapkan target yang ingin dicapai jangan terus menerus. Terlalu banyak air juga dampaknya tidak baik bagi tubuh. misalnya Anda akan mengalami pusing dan kesulitan dalam bernafas, juga masalah keseimbangan.

Hindari minuman berkafein dan manis

Langkah pertama untuk meningkatkan asupan air putih ke dalam tubuh adalah dengan membatasi minuman berkafein. Hindari minuman yang tidak sehat seperti cola, soda dan kopi karena memiliki efek diuretic dan meningkatkan risiko dehidrasi. Itulah sebabnya, air putih adalah cara terbaik agar terhindar dari dehidrasi.

Makanan kaya air

Sekitar 20% kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi dari makanan yang secara alami tinggi akan kandungan air. Jadi, jika Anda mengonsumsi banyak buah dan sayuran, Anda dapat meningkatkan asupan cairan. Makanlah buah-buahan seperti papaya, jeruk, ceri, anggur, semangka dan sayuran seperti wortel, brokoli, bawang, kembang kol, kacang polong dan tomat.

Selain meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh Anda juga akan meningkatkan konsumsi vitamin dan mineral selain air.

Tambahkan rasa

Agar tertarik, Anda dapat menambahkan beberapa rasa ke dalam minuman seperti timun, stroberri dan lemon.

Cek urin

Cara termudah untuk mengetahui apakah Anda cukup atau tidak minum air putih adalah dengan memeriksa urin. Jika berwarna kuning pucat atau bening itu pertanda baik. Namun, jika berwarna gelap berarti Anda kurang minum.

Selain itu, jika kurang minum Anda akan mengeluh mual, pusing dan mengalami beberapa tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering.

Jadi, apakah Anda ingin menurunkan berat badan, kulit bersinar, atau menyembuhkan jerawat? Air  putih adalah pilihan terbaik bagi Anda. Minumlah air sebanyak yang Anda bisa untuk gaya hidup sehat.

Editor: Wahid FZ | Sumber: Yahoo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.