5 Fakta Unik Belanja Online Saat Ramadan

5 Fakta Unik Belanja Online Saat Ramadhan Marketingcoid –  Semarak bulan puasa dimanfaatkan para pemain eCommerce sebagai bulan promosi. Peningkatan daya beli  masyarakat hingga 3x lipat selama Ramadan tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Nah, apabila ingin membuat strategi promosi yang tepat, Anda perlu memahami pergeseran perilaku konsumen di saat bulan Ramadan. Berikut  5 fakta unik belanja online saat Ramadan:

  • Perubahan jam belanja  

Selama bulan Ramadhan masyarakat Indonesia cenderung menggunakan waktu sahur dan makan siang untuk belanja online. Pada saat jam 4 pagi waktu sahur, traffic dari eCommerce naik hingga 152%. Waktu makan siang pun banyak digunakan beberapa orang untuk belanja online. Hal ini terbukti dari kenaikan traffic eCommerce sebesar 12% dibandingkan hari biasanya saat jam makan siang.

  • Belanja dengan voucher diskon

Ternyata konsumen Indonesia yang berbelanja online lebih gencar mencari voucher diskon berupa kupon online. Peningkatan daya beli masyarakat ternyata juga tidak menghilangkan kebiasaan konsumen untuk selalu mencari promo dan diskon sebelum berbelanja. Menurut Flipit Indonesia, situs kupon online, selama Ramadan orang yang mencari kupon online meningkat 35% dan 242% saat lebaran.

  • Hijab diburu konsumen

Pengeluaran untuk belanja online naik 67% dan rata – rata masyarakat Indonesia menghabiskan Rp. 120.000 per hari untuk belanja online. Pakaian, travel, dan alat elektronik merupakan produk yang paling banyak mengalami peningkatan permintaan. Bahkan permintaan akan baju muslim naik 7x dari waktu biasanya.

  • Beli tiket mudik di media sosial

Tiket mudik tentunya sudah diburu pemudik 2 – 3 bulan sebulan hari lebaran. Yang uniknya menurut data dari Kompas, 31,8% membeli tiket mudik lewat media sosial.

Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki pengguna media sosial teraktif selama Ramadan. Sekitar 8.4 milliar masyarakat Indonesia berkicau setiap harinya di media Twitter. Dengan fakta ini, tentunya para eCommerce tidak boleh melewatkan media sosial di dalam pembuatan strategi promosi bulan Ramadhan.

  • Sedekah dan belanja online

Berbagi sedekah dan zakat di bulan suci ini memang tidak bisa dipisahkan. Ternyata masyarakat Indonesia tidak hanya menyukai belanja online namun juga berbagi sedekah. Pada saat ini, banyak dari online platform yang memudahkan masyarakat Indonesia untuk membayar zakat dan berbagi sedekah . Contohnya  Kitabisa.com menyediakan media untuk membayar zakat online.  Beberapa eCommerce juga memberikan kesempatan untuk memberi sedekah sambil belanja online di Bulan Ramadan ini.

5 fakta unik tentang perubahan perilaku konsumen ini wajib eCommerce Indonesia perhitungkan untuk mengait konsumen berbelanja online. Perlu diketahui juga bahwa konsumen cenderung gencar berbelanja online pada minggu ke 2 dan ke 3 bulan puasa. Jadi persiapkan strategi promosi Anda dengan tepat di bulan Ramadan ini.

infographic-flipit-ramadhan (2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.