5 Hal Maksimalkan Komunikasi Bagi Pelaku UMKM

Marketing.co.id Berita Digital I Menyadari pentingnya digitalisasi UMKM, pelaku UMKM dapat memanfaatkan platform komunikasi yang terintegrasi , sehingga diharapkan mampu meningkatnya efisiensi dan produktivitas para pegawai. Apalagi masih diberlakukannya pembatasan bepergian, pelaku usaha – termasuk UMKM – diharuskan untuk bisa beradaptasi dan terbiasa dengan komunikasi jarak jauh, yang sebelumnya seringkali dilakukan melalui tatap muka.

Lark Komunikasi

Joey Lim, VP Lark Commercial Asia mengungkapkan, adanya teknologi dan produk komunikasi berbasis digital membantu pelaku UMKM untuk bisa tetap melakukan pekerjaan dengan lebih efisien dari segi waktu dan cost. “Demi bisa bertahan dan berpotensi ekspansi bisnisnya, pelaku UMKM harus mulai beradaptasi untuk men-digitalisasi bisnis mereka. Hal ini bukan hanya memanfaatkan pasar daring, maupun adaptasi dari segi pembayaran, namun juga termasuk cara berkomunikasi dengan pegawai yang lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas,” ujar dia.

Baca Juga: Lark Bantu UKM Tumbuh di Masa Kenormalan Baru

Untuk itu, Lark sebagai tool digital yang mampu mengintegrasikan berbagai fitur utama komunikasi dan kolaborasi tim memiliki 5 manfaat yang perlu diketahui oleh para pelaku UMKM agar kolaborasi tim bisa lebih efisien dan meningkatkan produktivitas, yakni:

Selalu terhubung tanpa hambatan dengan tim. Komunikasi yang dibangun secara terus menerus akan mempererat hubungan antar pegawai. Dengan interaksi fisik yang dibatasi seperti saat ini, fitur messenger atau chat menjadi sangat penting. Satu grup di Lark bisa menampung sampai dengan 5.000 anggota – jadi apabila sedang mempersiapkan ekspansi bisnis di kemudian hari, tidak perlu lagi membuat grup baru. Selain itu, Messenger di Lark juga diperlengkapi dengan fitur unlimited searchable chat history, sehingga anggota baru dalam grup, tetap bisa mendapatkan informasi dari diskusi sebelumnya.

Koordinasi tatap muka melalui layar perangkat teknologi. Saat ini, kebanyakan pelaku bisnis sudah mulai beradapatasi dengan menggunakan video call sebagai pengganti dari pertemuan fisik. Fitur video calling di Lark sendiri gratis, dan bisa menampung sampai dengan 100 peserta, tanpa dibatasi durasi.

Baca Juga: Melayani dengan Komunikasi

Mempersiapkan rencana dan strategi pemasaran bersama meski tidak bertemu. Selain memanfaatkan pasar daring, pelaku UMKM juga diharapkan memiliki strategi bisnis – baik itu pemasaran, penjualan, atau konsep untuk produk baru –  yang berkelanjutan untuk memastikan bisnis tetap bisa berjalan dengan lancar. Dengan fitur sharing docs yang dimiliki oleh Lark, penyusunan strategi bisnis maupun marketing bisa dilakukan bersama-sama secara real-time dan mudah. Terlebih lagi dengan penyimpanan cloud sampai dengan 200GB yang bisa dinikmati secara gratis.

Pastikan tidak ada pekerjaan yang terlewat dengan fitur kalender. Agar tiap goal bisa tercapai tepat waktu, fitur kalender di Lark juga bisa berfungsi sebagai reminder. Dengan mudah menentukan waktu deadline baik untuk diri sendiri, maupun tim.

Sinkronisasikan surat elektronik dengan mudah. Surat elektronik masih menjadi komponen penting dalam komunikasi profesional. Fitur Lark Mail ini baru saja diluncurkan awal Agustus 2020 yang lalu, sehingga bisa memudahkan koordinasi pekerjaan secara keseluruhan dalam satu platform – Lark. Pengguna juga dapat menautkan akun Gmail dengan Lark untuk menikmati integrasi tanpa batas antara email, messenger, dan drive.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.