5 Jurus Rahasia Mengembangkan UKM

0
1103

Plant in hand on white backgroundApa yang membedakan antara bisnis besar dan UKM? Jawabannya adalah sistem dan bujet. Ya, sistem organisasi bisnis besar sudah lebih sistematis, sisi bujet juga jauh lebih besar ketimbang UKM. Jadi ketika sang pemilik bisnis besar perlu memantau bisnisnya, pemilik UKM dituntut untuk bisa multitasking.

Meski begitu, tentu Anda tidak ingin ide-ide besar Anda hancur begitu saja bukan? Jadi, apa saja yang harus dilakukan agar merek UKM Anda tetap terkenal dan terus berkembang?

1.       Bijaksana dengan waktu

Durasi waktu memang tidak bisa diubah, tetap 24 jam sehari. Tapi tentu Anda bisa memanfaatkannya dengan baik, misalnya menentukan apa saja yang harus diprioritaskan. Jika tidak, maka Anda akan tersesat terhadap ide Anda sendiri.

“Sangat mudah untuk tersesat ke dalam ide-ide keren,” ucap Laura Kenney, pendiri dan editor in chief YouBeauty.com. “Jadi kami membuat meeting mingguan untuk menentukan langkah prioritas. Apakah harus maju, apakah harus mundur, apa sebenarnya tujuan perusahaan. Semua dilakukan agar memiliki arah yang jelas.”

2.       Rekrut orang berkualitas

Jika Anda memiliki sebuah bisnis UKM, penting untuk merekrut orang yang benar-benar berkualitas. Karena mereka dapat memberikan yang terbaik untuk perusahaan dibandingkan jika harus merekrut mereka yang minim pengalaman. Kecuali jika Anda adalah perusahaan besar.

“Keterampilan itu lebih utama dibandingkan kepribadian, meski tentu Anda tidak akan memperkerjakan mereka yang memiliki kepribadian buruk,” jelas Alexa Hirschfeld, pendiri Paperless Post.

3.       Jangan jual hak cipta

Sebuah ide keren tentu akan menarik perhatian berbagai pihak, bahkan hingga membeli hak cipta tersebut. Kendati begitu, tahanlah sebisa mungkin, jangan tergiur meski diiming-imingi sejumlah uang yang besar, karena bisa jadi potensi merek Anda akan lebih dari itu. Atau mungkin, itu adalah langkah kompetitor yang bertujuan untuk mematikan bisnis Anda.

4.       Malu bertanya sesat di jalan

Peribahasa ini mungkin sudah sangat melekat di telinga kita. Dan ternyata, ini juga sangat berguna dalam dunia bisnis. Maksudnya, jangan ragu untuk menanyakan apa saja kekurangan bisnis Anda, solusi yang harus Anda lakukan, dan sebagainya kepada berbagai pihak. Percaya atau tidak, banyak orang yang bersedia membantu lebih dari apa yang Anda pikirkan.

5.       Terus bergerak

Pergerakan akan membuat bisnis Anda terus maju dan berkembang. Contohnya bisa bermacam-macam, mungkin dari segi ekspansi, inovasi, packaging, atau lain sebagainya. Tujuannya, untuk menghilangkan kejenuhan para konsumen Anda. Hingga akhirnya, mereka akan terus menikmati dan menjadi konsumen yang loyal.

“Bisnis itu ibarat fast food, jika Anda tidak fast (bergerak cepat), maka Anda akan yang akan menjadi food (santapan),” ungkap Reza Nurhilman, Presiden Keripik Pedas Maicih.

Tak jarang berbagai halangan dan rintangan membentang di sepanjang jalan yang Anda lalui. Namun tetap optimis dan berorientasi pada tujuan akan membuat Anda semakin kuat menapaki jalur bisnis hingga mencapai puncak.

 

Sumber: Mashable | Foto: Clinked

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.