5 Langkah Sederhana Membuat Strategi Media Sosial Hebat

1
2605

Marketing.co.id- Strategi media sosial, tiga kata yang menakutkan. Alasannya, untuk merancang sebuah strategi sosial media yang hebat itu tidaklah menyenangkan dan memang tidak mudah.

Membuat strategi yang bagus membutuhkan banyak pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang luas dari peluang, tantangan, dan ukuran keberhasilan di sekitar taktik tertentu, dalam hal ini pemasaran sosial media.

Lihatlah bagaimana diagram berikut memperlihatkan segala aspek dari strategi media sosial yang hebat! Banyak waktu yang dibutuhkan untuk memikirkan, mengintegrasikan, dan meraihnya jika Anda ingin berhasil dalam upaya pemasaran sosial media Anda.

Hal ini tidak semua tentang membuat sebuah halaman Facebook atau profil Twitter kemudian memuntahkan “berita” tentang Anda dan pesan yang mementingkan diri Anda sendiri.

Namun, tanpa adanya strategi sosial media yang tepat, tanpa adanya upaya yang terkoordinasi, sedikit konsep, prioritas Anda, atau pengkajian tentang apa yang Anda lakukan. Dan, itulah resep menuju kehancuran.

Langkah-langkah untuk membuat strategi sosial media yang hebat:

Seperti halnya semua jenis lain dari perencanaan. Anda harus mengetahui di mana Anda berada sekarang, kemana Anda ingin pergi, sumber daya apa yang Anda miliki untuk pergi ke tempat yang Anda inginkan, dan sebuah timeline dari tugas-tugas penting yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda.

Langkah 1:  Kaji lingkungan Anda

Anda di sini

Hampir mustahil untuk sampai ke tempat yang Anda inginkan jika Anda tidak mengetahui di mana Anda berada sekarang. Maksudnya, lihatlah peta. Anda sedikit membutuhkan tanda panah “Anda berada di sini” untuk mengetahui ke arah mana tujuan Anda ingin ubah.

Tanda panah menunjukkan di mana Anda berada sekarang. Hal paling penting adalah untuk mengetahui lokasi pesaing Anda. Apa yang mereka lakukan? Bagaimana mereka melakukannya? Apa yang terbaik bisa Anda lakukan dari pada mereka?

Persaingan head-to-head bukanlah hal yang baik. Perusahaan baru biasanya kalah dari perusahaan yang lebih mapan dalam kompetisi seperti ini. Inilah konsep dibalik ulasan” Blue Oceans”.

Tahu audiens target Anda

Siapa yang ingin memasarkan produk Anda? Pastikan, Anda menjual kepada siapa pun yang tampil, tapi Anda  harus menyusun strategi untuk mengetahui siapa yang paling mungkin membeli produk dan jasa Anda.

Dengan cara ini Anda bisa mengarahkan seluruh upaya pemasaran Anda terhadap hal-hal yang mereka hargai, permasalahan yang mereka hadapi.

Kenali diri Anda

Apa saja kekuatan Anda, apa yang Anda lakukan dengan baik? Sumber daya apa yang bisa Anda berikan untuk strategi media sosial Anda, termasuk bukti langsung seperti produk yang dimiliki dan uang, Plus sumber daya tak benda seperti waktu dan koneksi jaringan?

Langkah 2: Menetapkan Tujuan dan sasaran

Bersikaplah realistis. Apakah Anda realistis dengan perencanaan yang ingin Anda capai. Memiliki serangkaian tujuan yang wajar akan membantu Anda menentukan prioritas, menentukan tindakan yang harus dilakukan, dan secara umum mengarahkan taktik Anda. Pastikan Anda memiliki tujuan yang CERDAS terhadap strategi media sosial Anda.

Langkah 3: Perencanaan

Kata kunci

Anda tidak bisa mengabaikan SEO (Search Engine Optimization). Gunakan Google Keyword Tool untuk menentukan 6-10 kata kunci bagi strategi media sosial Anda. Rencanakan untuk menggunakan kata kunci dan variasi dari kata kunci secara luas dalam konten Anda.

Topik

Topik berasal dari kata kunci Anda dan pengetahuan Anda tentang target pasar Anda. Topik harus menangani berbagai pertanyaan pelanggan, memberikan informasi, menghibur, atau beberapa kombinasi dari itu.

Pembuatan konten dan penanggulangan

Anda harus membuat konten dari topik yang Anda rencanakan, atau konten yang dibuat oleh pihak lain (pastikan untuk menyertakan sumber Anda).

Alexa.com merupakan sumber daya yang besar untuk trending topic karena Anda akan menghasilkan lalu lintas yang lebih jika Anda mengikat konten Anda ke sebuah trending topic tentunya dengan cara yang masuk akal.

Misalnya, dalam kebijakan blog sosial media saya, saya membuat sebuah postingan tentang wasit pengganti di NFL ketika Ref digantikan karena telah mengenakan salah satu kaus tim dalam foto Facebook. saya menggunakan Google Alerts untuk membantu mencari konten curated. Mungkin Anda harus menyebarkan 20-30 lembar konten / minggu.

Platform sosial media

Manakah platform sosial media yang lebih efektif membantu Anda dalam mencapai target pasar Anda? Facebook lebih visual, sedangkan Twitter lebih relevan untuk link?

Engagement / konversi

Apakah strategi Anda untuk menciptakan keterlibatan dan mengkonversi pengunjung ke platform sosial Anda?

Metrik / analytics

Metrik apa yang akan membantu mengidentifikasi apa yang sedang bekerja dan mana yang tidak? Apakah elemen yang seharusnya Anda Uji sebelum meluncurkannya?

Langkah 4: Penyusunan anggaran

dimaksudkan untuk memberikan jaminan pencapaian blue print tentang program jangka panjang, yang mencakup pangsa pasar, produk dan teknologi produksi, kepegawaian, keuangan, citra perusahaan, sistem informasi manajemen, budaya perusahaan dengan biaya sesuai dengan yang dianggarkan.

Langkah 5: Perencanaan darurat

Apa yang Anda lakukan bila ada sesuatu yang salah? Semakin cepat Anda menangani sebuah kegagalan, dampaknya akan lebih sedikit. Karena kegagalan itu berdasar pada kemampuan Anda.

Berpikir untuk menyebutkan hal-hal negatif di media sosial seperti downtime website, atau kegagalan produk sangatlah penting. jadi, buatlah sebuah “pos pendengar” untuk menelusuri apa yang orang katakan tentang Anda.

Menyiapkan cara sistematis untuk menularkan percakapan individu yang ditemukan yang dapat ditangani dengan cepat juga sangat penting.

Sumber: b2C

1 COMMENT

  1. Benar, media sosial merupakan jalur yang tepat dalam menopang segala aktivitas yang kita lakukan, apakah itu bebrbau bisnis atau tidak. Cara-cara yang anda uraikan soal menjadikan media sosial hebat , saya sangat setuju walau penjelasannya secara detail dan rinci nampaknya belum ada. Semisal pemanfaatan aplikasi promosi dalam media sosial. Bukankah hampir semua media sosial memiliki aplikasi promosi, semisal facebook dengan my stuff, sehingga cukup jitu jika itu dapat dilakukan agar terlihat makin hebat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.