5 Perangkat Digital Wajib Digunakan Agen Properti

3
1717

5 Perangkat Digital Wajib Digunakan Agen PropertiSeiring dengan perkembangan teknologi, perangkat-perangkat digital dengan berbagai macam fungsi telah diciptakan. Sangat sayang rasanya jika Anda—sebagai agen, pengembang, pembeli, atau penjual— tidak memanfaatkannya.

Padahal, dengan memaksimalkan sejumlah aplikasi tertentu, aktivitas bisnis property Anda dapat jauh lebih lancar dan menguntungkan.

Lamudi, portal real estate global, menganalisa lima perangkat digital yang penting untuk kesuksesan Anda dalam jual-beli properti. Apa saja mereka?

Pemindai Portabel (Portable Scanner)

Sebagai agen real estate, kini saatnya mengucapkan selamat tinggal pada tumpukan kertas-kertas! Dengan aneka software yang bisa diunduh secara gratis, Anda bisa mengubah mobile phone Anda menjadi portable scanner.

Aplikasi-aplikasi seperti Scanner Pro atau DocuSign, memungkinkan Anda untuk memindai, menyimpan dan berbagi dokumen property dengan satu sentuhan saja. Jika Anda dan klien memakai aplikasi yang sama, Anda bahkan dapat mengirim dokumen dengan lebih mudah.

Rekaman Video

Saat ini, orang terlalu sibuk untuk melihat sendiri iklan rumah yang mereka temukan di internet. Memanfaatkan teknologi nirkabel, agen real estate bisa membuat rekaman mengenai properti yang dijual atau disewakan.

Para klien pun bisa melihat rekaman tersebut melalui laptop, ponsel, atau tablet mereka. Dengan rekaman video yang menarik, nilai property Anda akan tampil unggul dibandingkan pengiklan property lainnya. Apalagi bila Anda melengkapinya dengan foto-foto terkait. Hasilnya, para calon pembeli dapat mengerucutkan pilihan sebelum membuat keputusan.

Jejaring Sosial

Anda mungkin memiliki property dengan arsitektur dan desain yang paling indah. Tapi, jika Anda tak mempublikasikannya, tak akan ada orang yang tahu, apalagi berkeinginan untuk membelinya.

Hari ini, jejaring sosial adalah media yang amat penting untuk bertemu dan berkenalan dengan pelanggan-pelanggan baru. Selain memperkenalkan profil, Anda juga perlu terlibat aktif berinteraksi dengan klien Anda untuk membentuk brand awareness, saling berbagi informasi tentang keahlian dan bisnis Anda.

 Penghitung Bantuan

Membeli rumah, terutama untuk pertama kalinya, bisa menjadi proses yang menakutkan. Di saat itu, Anda —bisa jadi— sangat membutuhkan bantuan dalam menaksir harga rumah dan biaya hipotek.

Sarankan klien Anda menggunakan kalkulator hipotek, seperti Karl Mortgage Calculator—yang merupakan aplikasi gratis dari Android. Atau, Mortgage Calculator— yang bisa diunduh secara gratis dari internet.

Dengan menunjukkan nilai jangka panjang investasi real estate Anda, para calon pembeli dapat membuat keputusan yang menguntungkan, baik untuk dirinya maupun Anda.

Tempat Penyimpanan

Fasilitas Dropbox sangat penting untuk seorang agen real estate. Aplikasi ini dapat membantu ketika Anda harus berbagi dokumen, menyimpan gambar properti, kontrak, dan mengabarkan informasi tambahan. Anda cukup menyimpan semua file di server milik Dropbox, lalu memberikan tautan folder Dropbox kepada klien Anda agar bisa dilihat.

Dengan cara ini, Anda dapat menghemat kapasitas hard disk komputer, sekaligus mempercepat akses di mana pun Anda berada, juga pada perangkat apa pun yang Anda pakai.

Editor: Wahid

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.