5 Teknologi Populer yang Muncul karena Permintaan Pasar di Masa Depan

0
1061

teknologi populer untuk transformasi bisnisbisnisTeknologi-teknologi populer yang muncul, khususnya cloud, analitik, AI dan IoT menawarkan perusahaan kemampuan baru untuk melakukan bertransformasi.

Marketing.co.id – Berita Digital | Menurut sebuah survei, cloud computing menjadi pilihan karena biayanya yang terjangkau bagi perusahaan dari berbagai ukuran untuk bertransformasi secara digital.

Mayoritas pebisnis menganggap cloud computing sebagai hal yang penting dalam strategi transformasi digital mereka. Dalam 12 hingga 18 bulan ke depan, para pemimpin bisnis di Asia Pasifik tertarik untuk mengeksplorasi berbagai teknologi baru untuk mempercepat dan mencapai transformasi digital.

Berikut 5 teknologi populer yang diprediksi para pemimpin bisnis yang sangat relevan untuk mereka.

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Artificial Intelligence (AI) atau dikenal sebagai kecerdasan buatan sering dikaitkan dengan sistem komputer  dalam meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Dengan kata lain, AI adalah mesin atau perangkat lunak cerdas yang mampu mempelajari dan melakukan tugas secara mandiri. Contohnya termasuk robot, chatbot, dan mobil pintar yang dapat mengemudi sendiri.

Internet of Things (IoT)

Internet of Things adalah sebuah konsep di mana suatu benda atau objek ditanamkan teknologi-teknologi seperti sensor dan software dengan tujuan untuk berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat lain selama masih terhubung dengan internet.

Singkatnya, IoT adalah jaringan sensor yang disematkan ke dalam sebuah perangkat yang dapat mengumpulkan data dan bisa dikendalikan jarak jauh. Contohnya termasuk mobil pintar, perangkat rumah, dan lainnya.

Wearable Technologies

Wareable technology adalahteknologi komputasi atau perangkat elektronik pintar yang dapat dipakai sebagai aksesoris atau disematkan ke pakaian, device dan lainnya. Contohnya adalah jam tangan pintar, dan fitness trackers.

Quantum Computing

Quantum computing adalah cara melakukan komputasi dengan memanfaatkan fenomena pada fisika yang disebut superposition (superposisi) dan entanglement (keterkaitan kuantum) yang berdampak pada proses perhitungan yang jauh lebih cepat dibanding computer biasa untuk beberapa permasalahn tertentu, seperti permasalahan pencarian. Singkatnya, Quantum Computing adalah komputer generasi berikutnya yang menggunakan sistem komputasi berbeda untuk menyelesaikan persamaan data yang jauh lebih cepat daripada komputer tradisional.

Virtual/Augmented/Mixed Reality

Virtual/Augmented/Mixed Reality adalah teknologi yang memungkinkan penggabungan antara dunia nyata dan virtual menjadi pengalaman baru dan imersif. Contohnya video game 3D.

Teknologi-teknologi yang muncul, khususnya cloud, analitik, AI dan IoT akan menawarkan perusahaan kemampuan-kemampuan baru untuk melakukan bertransformasi.

Tetapi, transformsi yang sukses hanya akan terjadi ketika perusahaan membawa orang-orang yang berkompeten bersama teknologi tersebut.  Oleh karena itu, melengkapi karyawan dengan alat yang tepat untuk memungkinkan mereka menjadi bagian dari solusi agar lebih responsif, didorong data, dan customer-centric juga merupakan kuncinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.