Tingkatkan Penjualan dengan Mengenali 5 Tipe Pelanggan Berikut Ini

0
5031

Coba perhatikan, mana yang lebih sering dilakukan oleh merek/bisnis, mencari pelanggan baru atau meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada?

5 Tipe Pelanggan yang Wajib Anda KetahuiPara pelaku bisnis – utamanya di industri ritel – mereka seolah-olah dihadapkan dengan masalah tentang bagaimana cara mencari pelanggan baru.

Tak mengherankan jika sebagian besar dari mereka begitu bersemangat membuat sebuah iklan atau menawarkan harga semurah mungkin yang tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan pelanggan baru.

Fokus mengejar pelanggan baru itu memang bijaksana dan itu harus dilakukan. Akan tetapi di saat yang bersamaan, jangan sampai menyakiti pelanggan yang sudah ada.

Oleh karena itu, alangkah baiknya setiap kampanye yang Anda lakukan tujuannya lebih kepada bagaimana cara membuat pelanggan yang sudah ada menjadi loyal, disamping mendapatkan pelangan baru.

Dalam dunia ritel, ide untuk fokus pada pelanggan terbaik saat ini harus lah dilihat sebagai kesempatan yang bagus, apalagi di tengah ketatnya persaingan yang ada.

Untuk lebih memahami alasan dibalik teori ini dan menghadapi tantangan untuk membangun loyalitas pelanggan, kita perlu memecah pelanggan menjadi lima jenis. Berikut 5 jenis pelanggan yang wajib Anda ketahui dikutip Thebalancecom:

Pelanggan setia

Dari seluruh database pelanggan yang Anda miliki, berapa persen yang menjadi pelanggan setia?  Minimal 50% dari database pelanggan yang Anda miliki adalah pelanggan setia.

Untuk menaklukan pelanggan tipe ini, Anda harus melakukan komunikasi dengan mereka secara teratur. Banyak cara dan alat yang bisa dilakukan, misalnya email, telepon, media sosial, atau apapun itu. Ini wajib Anda lakukan karena pelanggan tipe ini adalah orang-orang yang dapat dan harus memengaruhi keputusan membeli.

Yang harus Anda ingat, tak ada yang membuat mereka menjadi lebih baik selain meminta masukan dari mereka. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan betapa Anda begitu menghargai mereka. Ingat, semakin Anda melakukannya, semakin sering mereka akan merekomendasikan Anda kepada orang lain. So, Anda harus fokus pada pelanggan setia jika memang serius mengembangkan bisnis.

Pelanggan diskonan

Coba Anda perhatikan, seberapa sering merek berbelanja? Untuk menaklukan pelanggan diskonan Anda bisa menawarkan diskon. Pelanggan tipe ini amat sangat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Mereka biasanya memiliki uang lebih, dan cenderung akan membeli jika ada diskon menarik yang ditawarkan.

Pelanggan dadakan

Kebanyakan dari pelanggan tipe ini tidak memiliki daftar belanjaan. Mereka datang ke sebuah toko sesuai dengan kemauannya sendiri. Mereka akan membeli apa pun yang terlihat baik pada saat itu juga. Dan pastinya, pelanggan tipe ini adalah pelanggan yang siapapun ingin layani.

Pelanggan berbasis kebutuhan

Mereka yang ada dalam kategori ini didorong oleh kebutuhan tertentu. Ketika pelanggan tipe ini datang ke sebuah toko, mereka akan langsung mencari apa yang mereka butuhkan. Jika apa yang mereka butuhkan tidak ada, mereka akan segera pergi.

Tak mudah memang memuaskan pelanggan tipe ini. Akan tetapi mereka bisa menjadi pelanggan setia jika diurus dengan baik. Mungkin saja Anda tak tertarik melayani pelanggan tipe ini, namun yang harus Anda ketahui adalah mereka sering kali mewakili sumber besar dari pertumbuhan jangka panjang Anda.

Penting untuk diingat, pelanggan seperti ini sulit sekali setia. Untuk menaklukan pelanggan tipe ini, interaksi personal yang positif sangat diperlukan.

Pelanggan bebas

Pelanggan tipe ini tak memiliki kebutuhan atau keinginan khusus dalam pikiran mereka ketika datang ke sebuah toko. Mereka hanya ingin sebuah sensasi atau experience.

Banyak pelanggan tipe ini yang lalu lalang, mereka keluar masuk toko dengan atau tanpa membeli. Pelanggan tipe ini merupakan segmen terbesar dalam hal lalu lintas bagi banyak toko. Namun dalam hal penjualan, sumbangsih mereka sangat kecil.

Meskipun sumbangsih mereka sangat kecil dalam hal penjualan, suara mereka sangat lantang di luar sana. Kebanyakan dari pelanggan tipe ini berbelanja hanya untuk sebuah interaksi dan experience.

Bagi mereka, berbelanja tak ubahnya seperti pergi ke tempat gym secara teratur. Mereka hanya mencari interaksi, mereka juga sangat mungkin berinteraksi dengan orang lain untuk mencari experience di dalam toko.

Oleh karena itu, meskipun pelanggan tipe ini tak dapat dihindari, Anda perlu meminimalkan waktu yang Anda habiskan bersama mereka.

Itulah 5 tipe pelanggan yang wajib Anda ketahui. Apakah Anda setuju dengan artikel ini atau ada saran lain? Silakan beritahu kami dalam kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.