5 Tips Ampuh Tingkatkan Penjualan Melalui Livestreaming di Lazada 

0
17
5 Tips Livestreaming untuk Meningkatkan Brand Awareness dan Penjualan. Saat ini livestreaming menjadi salah satu strategi marketing untuk menjual produk dengan cara yang lebih interaktif, unik, informatif, dan sekaligus menghibur calon pembeli.
Poeti Fatima - General Manager Business UniPin

5 Tips Livestreaming untuk Meningkatkan Brand Awareness dan Penjualan. Saat ini livestreaming  menjadi salah satu strategi marketing untuk menjual produk dengan cara yang lebih interaktif, unik, informatif, dan sekaligus menghibur calon pembeli. Marketing.co.id – Berita UMKM | Saat ini livestreaming  menjadi salah satu strategi marketing untuk menjual produk dengan cara yang lebih interaktif, unik, informatif, dan sekaligus menghibur calon pembeli.

Penggabungan pengalaman belanja dengan hiburan atau yang dikenal dengan sebutan shoppertainment ini sudah menjadi tren yang semakin berkembang sebagai salah satu bentuk promosi bagi para penjual di eCommerce.  Kegiatan promosi berupa livestreaming ini bisa dijumpai di aplikasi eCommerce di antaranya Lazada.

Sebagai pionir konsep shoppertainment di Asia Tenggara, Lazada terus mengembangkan kanal LazLive agar bisa menjadi alat marketing yang efektif untuk menjangkau dan berinteraksi dengan calon konsumen. Salah satu penjual yang memanfaatkan kanal LazLive untuk meningkatkan penjualan adalah Unipin, platform penyedia layanan top up games dan produk digital.

Poeti Fatima, General Manager Business UniPin mengatakan pada festival belanja saat ulang tahun Lazada Maret lalu, UniPin berhasil mencatat penjualan fantastis dengan peningkatan penjualan lebih dari 50% dengan menjadikan livestreaming di LazLive sebagai salah satu kanal promosinya.

Sebagai salah satu penjual yang berhasil mengimplementasikan livestreaming dalam strategi penjualannya, UniPin membagikan  tips agar para penjual lainnya juga bisa memanfaatkan LazLive sebagai salah satu cara meraih hati konsumen.

Kenali target pasar agar bisa membuat konten livestreaming yang menarik

Poeti menjelaskan, penjual harus mengetahui dan mengenali karakter dari penonton atau target konsumen agar bisa mengemas konten yang menarik. Konten LazLive yang menarik adalah konten yang relevan dengan target konsumen dan produk yang dijual. Di Lazada, penjual bisa dengan mudah mendapatkan data dan insight terkait target konsumen.

Fitur tersebut adalah dashboard khusus penjual di Seller Center yang menawarkan berbagai data dan insight. Selain itu, fitur Bisnis Analis yang ada di dalam Seller Center juga memberikan analisis mendalam atas setiap produk yang dijual di toko penjual, sehingga penjual bisa menentukan strategi yang spesifik atas masing-masing produk.

Lebih lanjut Poeti mengatakan, target konsumen UniPin adalah gamer, maka UniPin harus membuat konsep LazLive yang sesuai dengan keinginan gamer itu. Salah satunya adalah dengan mengundang influencer gaming dan membahas sebuah gim atau tips bermain gim. Di tengah-tengah siaran langsung, UniPin bisa memanfaatkan fitur See-Now-Buy-Now. Fitur ini memungkinkan penonton langsung melakukan pembelian saat melihat tautan produk muncul di tayangan LazLive.

Pilih waktu terbaik untuk siaran

Ketika konten sudah menarik, tentu saja penjual ingin agar siaran langsung dapat ditonton banyak orang. Oleh karena itu, Poeti menyarankan agar penjual juga mampu mengidentifikasi waktu terbaik untuk siaran. Poeti memberikan contoh berbagai waktu terbaik untuk siaran, bisa saat tanggal gajian, saat mega-campaign, weekend, hingga jam pulang kerja. Bila penjual merasa belum mendapatkan waktu terbaik, penjual juga bisa memanfaatkan dashboard di Seller Center agar dapat mengidentifikasi di jam berapa siaran banyak ditonton pengguna.

LazLive jadi momen branding, bukan hanya jualan produk

Bagi UniPin, LazLive juga bisa dijadikan platform untuk melakukan branding, tak hanya berjualan produk. Poeti mengakui banyak penjual yang ‘ogah’ menggunakan platform livestreaming untuk berjualan karena profit margin yang kecil. Patut diketahui banyak penjual yang memberikan diskon ‘heboh’ untuk menarik perhatian konsumen, hal ini membuat laba penjual menurun secara drastis.

Mindset sekadar untuk meraih laba sebesar-besarnya saat livestreaming memang tidak salah, namun Poeti mengatakan sesungguhnya livestreaming juga bisa dijadikan platform branding. Jadi penjual tidak harus mengejar keuntungan penjualan, tapi juga bisa mendapatkan return of investment yang jelas dengan menganggap livestreaming sebagai platform untuk branding agar bisa terus lebih dekat dan melibatkan konsumen.

Strategi fear of missing out (FOMO) untuk dorong penjualan produk saat livestreaming

Untuk mendorong agar penonton melakukan transaksi saat siaran langsung, UniPin menggunakan strategi fear of missing out (FOMO) dengan diskon besar-besaran hingga 50%. Strategi ini dilakukan untuk menciptakan urgensi bagi konsumen  agar tidak melewatkan diskon besar-besaran ini dan membeli produk. Biasanya UniPin memberikan batas waktu untuk diskon ini, dari 15 menit hingga 30 menit. Secara tidak langsung, batas waktu ini akan memengaruhi cara berpikir konsumen untuk segera membeli produk yang ditawarkan.

Tingkatkan product knowledge pembawa acara

Tingkat pengetahuan produk (product knowledge) pembawa acara dalam siaran juga penting agar livestreaming bisa menjadi alat marketing yang efektif. Poeti mengatakan, dengan tingkat product knowledge yang tinggi, pembawa acara bisa memberikan edukasi terhadap suatu produk maupun mendorong terjadinya transaksi saat siaran berlangsung. Product knowledge yang tinggi juga dapat mengurangi risiko terjadinya sesi yang kurang interaksi.

Dengan interaksi tinggi, diharapkan livestreaming dapat menjadi sebuah alat marketing yang efektif untuk menjangkau penonton secara instan. Dalam beberapa menit, penjual dapat menarik perhatian penonton dengan membagikan informasi yang menarik dan menghibur mengenai brand dan produknya, memberikan sebuah pengalaman ‘langsung’ bagi penonton, seperti layaknya pengalaman dalam sebuah toko fisik.

Partogi Baringbing, Livestreaming Lead, Lazada Indonesia yang akrab dipanggil Ogie mengatakan bahwa shoppertainment telah memberikan arti baru pada pengalaman berbelanja di eCommerce.

Shoppertainment jelas telah mengubah perilaku belanja di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yang kemudian mendorong brand dan seller untuk mengadopsi konsep ini dalam strategi pemasarannya. Kini semakin banyak brand dan seller yang juga menjadikan livestreaming sebagai bagian dari strategi promosinya, terlebih dengan livestreaming yang memungkinkan brand dan seller untuk bisa menawarkan dan mendemonstrasikan produk mereka kepada pelanggan secara real-time, sekaligus memberikan hiburan dan informasi yang pada akhirnya mendorong keterlibatan brand dan seller lebih dekat dengan pelanggan. Konsep ini menghasilkan pengalaman yang lebih berkesan dibandingkan berbelanja offline dan terbukti membantu brand dan seller meningkatkan penjualan,” kata Ogie.

Pada pertengahan kedua 2021, Lazada mencatatkan peningkatan tahunan pada rata-rata order harian di LazLive di seluruh negara tempat Lazada beroperasi hingga lebih dari empat kali. Pendapatan seller yang dihasilkan melalui LazLive juga meningkat lebih dari dua kali lipat dalam periode waktu yang sama.

“Di Lazada Indonesia sendiri, kami mencatatkan jumlah brand dan seller yang menggunakan kanal LazLive sebagai strategi promosinya meningkat lebih dari tiga kali lipat (year-on-year) pada April 2022,” sambung Ogie.

Pertumbuhan tren shoppertainment ini juga terlihat di Asia Tenggara. Pada festival belanja 11.11 tahun lalu dimana kanal LazLive menjadi salah satu kanal hiburan utama yang dihadirkan untuk pelanggan Lazada, tercatat lebih dari 18 juta penonton LazLive, dengan lebih dari 2.800 sesi livestreaming dan lebih dari 2.000 presenter dari enam negara tempat Lazada beroperasi (Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam).

“Dengan dukungan teknologi canggih, kami akan berinovasi untuk bisa terus hadirkan pengalaman livestreaming berstandar dunia dan mengembangkan ekosistem livestreaming di Indonesia. Kami berharap para brand dan seller di Indonesia akan dapat lebih mengoptimalkan adopsi fitur livestreaming melalui LazLive sebagai strategi efektif untuk tidak hanya menghibur dan mengedukasi para pelanggan, tapi juga untuk semakin meningkatkan penjualan,” tutup Ogie.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.