5 Tips Berhemat di Bulan Ramadhan

0
1623

shutterstock_149992526Menjelang Lebaran, setiap orang mulai menyiapkan berbagai macam kebutuhan mulai dari membeli kue-kue lebaran, membeli baju dan juga menyiapkan parsel-parsel cantik. Pada saat Lebaran tiba, semua pusat perbelanjaan tentunya akan menjadi sangat ramai, di mana tempat tersebut akan dipenuhi oleh para konsumen. Oleh karena itu, jangan heran jika harga dari bahan pokok, makanan sampai pakaian pun akan meningkat drastis. Untuk itu Anda perlu menyiasati kenaikan harga ini dengan cara mengatur keuangan Anda secara cermat.

Sebagai bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim, Ramadhan menjadi momentum bagi banyak orang untuk mengontrol hawa nafsu mereka. Hal ini pun tidak hanya melulu dengan urusan lapar dan haus, tetapi juga dalam urusan nafsu ‘ekonomi’ yang menjadikan pengeluaran malah makin membengkak.

Namun, Anda bisa mengantisipasinya dengan melakukan beberapa penghematan. Bagaimana cara berhemat saat bulan Ramadhan? Berikut ini kami informasikan tips berhemat di bulan Ramadhan.

Beli Sembako Sekaligus Untuk Sebulan
Belanja kebutuhan untuk stok satu bulan bahkan lebih untuk beberapa bahan pokok yang bersifat tahan lama bisa mengurangi pengeluaran ketika harga barang terus merangkak. Contohnya adalah Anda membeli beras sekaligus 25 kg, gula 3 kg, minyak goreng kemasan 2 literan 2 bungkus, telur 3 kg, dan sebagainya.

Untuk daging sapi atau sosis bisa juga dibeli untuk stok 2 minggu dan ditaruh di freezer. Selain bisa sedikit berhemat, belanja sekaligus untuk satu bulan ini lebih efisien karena tidak perlu membuang banyak waktu dan capek-capek ke pasar atau swalayan untuk membeli barang-barang tersebut setiap minggu. Apabila Anda pergi belanja setiap minggu, kemungkinan besar akan ada barang-barang lain yang Anda beli juga yang tentunya akan menguras dompet.

Carilah Info-Info Diskon Melalui Social Media
Bulan puasa identik dengan aneka sale apalagi ketika menjelang lebaran. Maka tidak ada salahnya bagi parashopaholic atau pecinta kuliner, untuk lebih update mengenai info-info diskon pakaian hingga menu makanan melalui dunia maya. Selain mudah, hal ini dirasa cukup efektif bagi sebagian orang, terlebih bagi kalian yang menyukai diskon.

Jarang Buka Puasa di Luar
Berbuka puasa bersama di luar sekali-kali bisa saja dilakukan. Namun, jika intensitasnya sering akan menambah biaya pengeluaran. Harga-harga yang naik tentu membuat aneka makanan di restoran pun lebih mahal dari biasanya. Belum lagi Anda harus menunggu setidaknya satu jam sebelum berbuka puasa, karena pada jam-jam ini hampir semua restoran pasti akan ramai. Dengan menghindari berbuka puasa di luar, selain dapat menghemat pengeluaran Anda, makan masakan sendiri pun lebih terjamin nutrisi dan kebersihannya.

Masak di Rumah
Menyibukkan diri membuat minuman dan kudapan sendiri supaya tak banyak jajan, bisa lakukan dalam rangka berhemat. Anda dapat menyiapkan makanan untuk sahur dan juga buka puasa. Selain mengasah kemampuan memasak, tentu kudapan dan minuman buatan sendiri ini lebih higienis dan jauh dari bahan-bahan berbahaya seperti pemanis buatan.

Membuat Kue Lebaran Sendiri
Salah satu persiapan sebelum lebaran yang tidak ketinggalan menjadi rutinitas ibu-ibu adalah membeli kue lebaran atau membuat kue lebaran sendiri. Rutinitas tersebut bisa Anda hemat dengan cara membuat kue-kue lebaran sendiri. Membuat kue lebaran sendiri juga cukup mudah, Anda tinggal membeli bahan dan membuatnya sendiri di rumah. Selain pengeluaran yang Anda keluarkan bisa berkurang, Anda juga bisa mengasah kemampuan Anda untuk membuat kue. Siapatahu kue Anda memang lezat dan bisa dijual di bulan Ramadhan ini ataupun tahun depan.

Bulan Ramadhan bukan bulan untuk pemborosan, tetapi seharusnya malah sebaliknya. Masih banyak kebutuhan menanti di akhir Ramadhan. Yuk, berhemat saat Ramadhan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.