6 Faktor Agar Merek Tetap Tumbuh di Pasar Kompetitif

Marketing – Rumah tangga di Indonesia lebih selektif dalam mengalokasikan pos pengeluarannya. Hal ini tentunya berimbas pada bujet belanja kebutuhan sehari-hari mereka. Di sisi lain, mereka dihadapkan pada pilihan merek produk yang makin beragam. Alhasil, para produsen menghadapi pasar yang kian kompetitif.

Fanny Murhayati, Marketing Director Kantar Indonesia menjelaskan, konsumen menjadi lebih cerdas dalam mengonsumsi atau memilih produk dan servis. Ketersediaan barang di pasar dan harga yang ditawarkan menjadi sangat penting.

“Persaingan tidak hanya berdasarkan hal tersebut, tetapi juga bagaimana suatu produk dapat lebih menonjol dibandingkan dengan pesaingnya, dan bagaimana mereka bisa meraih hati konsumen. Brand tidak bisa membuat satu rencana untuk semua tipe konsumen, tetapi harus membuat strategi yang berbeda sesuai karakter dan tipe target konsumennya,” sarannya.

Venu Madhav, General Manager Kantar Indonesia, Worldpanel Division menyatakan, tahun 2019 adalah tahun yang menarik, tetapi juga tahun yang penuh dengan tantangan.  Venu mengidentifikasi 6 faktor utama yang dapat membantu merek untuk tumbuh di pasar kompetitif saat ini:

1. Membangun antusiasme dengan memberikan pengalaman untuk konsumen melalui berbagai hal

Pengalaman tidak hanya didapat dari memiliki atau mengkonsumsi produk. Pengalaman juga bisa didapatkan pada saat konsumen berbelanja di toko, ataupun pada saat mereka melihat iklan di media atau media sosial. Misalnya untuk produk kosmetik, banyak merek berkomunikasi dan memberikan pengalaman tentang produk mereka, dengan menggunakan blogger atau vlogger kecantikan. Hal ini membantu merek tersebut untuk lebih dikenal dan diingat oleh konsumen.

2. Memberikan kemudahan untuk konsumen melalui produk siap santap

Dengan berkembangnya gaya hidup urban, Konsumen Indonesia kini menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah. Berdasarkan Worldpanel FMCG data, konsumen Indonesia lebih sering mengkonsumsi produk makanan dan minimuman siap santap di luar rumah di bandingkan dengan di dalam rumah.

3. Rasa bangga sebagai orang Indonesia

Banyak hal yang bisa dibanggakan sebagai orang Indonesia. Seperti halnya menjadi tuan rumah Asian Games 2018; mempunyai 4 dari 7 unicorn start-up di kawasan ASEAN. Rasa bangga sebagai Indonesia juga terlihat dari meningkatnya jumlah referensi dan nilai-nilai lokal dalam komunikasi suatu merek, serta produk inovasi dengan rasa lokal khas Indonesia.

Pramuniaga berpose di deretan produk yang masuk program Harga Teman di Giant Ekstra, BSD, Tangerang Selatan

4. Berbeda (lebih menonjol) dibandingkan dengan pesaing

Bergantung hanya pada ketenaran tidak lagi cukup untuk suatu merek. Konsumen mencari hal-hal berbeda dan lebih bermakna yang membuat mereka tertarik terhadap suatu produk atau servis. Dengan pasar yang ketat dan banyaknya pemain baru yang memasuki pasar, merek harus menemukan cara untuk menonjol dibandingkan para pesaingnya. Komunikasi yang mudah diingat harus sesuai dengan konten dan maksud yang tepat, dan ditargetkan kepada audiens yang tepat.

5. Memahami aspirasi dari tipe konsumen yang berbeda

Dengan persaingan pasar yang sangat tinggi, mendorong para pemain FMCG untuk dapat membuat strategi berbeda, untuk setiap tipe target konsumennya. Mereka juga harus dapat memahami berbagai macam aspirasi, antara lain perbedaan tipe kelompok usia (Generasi Centenial vs Millenial vs Gen X), perbedaan tipe kelas ekonomi (ekonomi atas vs menengah vs bawah) serta perkotaan besar vs pedesaan.

6. Merangkul Digital

Konsumen Indonesia memiliki banyak pilihan untuk hiburan elektronik mereka. Tidak hanya televisi tetapi internet sudah dapat diakses hampir diseluruh nusantara. Banyak para pemain FMCG juga memanfaatkan momentum ini untuk berkomunikasi dengan konsumennya.

Meskipun e-commerce masih sangat kecil, tetapi pertumbuhannya signifikan. Untuk FMCG, jumlah orang yang membeli secara online di Indonesia tumbuh, dari 2% pada 2017 menjadi 6% pada 2018. Semakin banyak konsumen Indonesia merasakan manfaat dan keuntungan berbelanja online, terutama untuk kebutuhan bayi dan premium produk perawatan pribadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.