6 Langkah Mudah Mengajukan KTA

0
1348

6 Langkah Mudah Mengajukan KTASalah satu kendala untuk memulai sebuah usaha adalah modal. Tak dimungkiri, kebanyakan bidang usaha membutuhkan modal awal yang cukup besar. Jika Anda ingin memulai sebuah bisnis tapi tidak memiliki modal yang mencukupi, jalan keluarnya adalah dengan mengajukan pinjaman pribadi ke bank berupa kredit tanpa agunan atau jaminan (KTA). Jika Anda masih awam untuk mengajukan KTA, berikut ini kami tampilkan enam langkah mudah untuk mengajukan KTA.

1. Anda harus memilih akan mengajukan KTA ke bank mana. Tiap bank berbeda-beda dalam persyaratan pengajuan KTA serta limit kredit yang diberikan. Karena itu, Anda perlu memilih bank yang syarat-syaratnya cukup mudah Anda penuhi serta yang memberikan limit sesuai dengan keinginan Anda.

2. Jika memiliki kartu kredit, permohonan KTA Anda akan lebih mudah diloloskan oleh pihak bank, sebab bank bisa mengetahui catatan keuangan Anda. Syaratnya tentu adalah catatan keuangan Anda sangat bagus serta tidak ada utang yang masih menunggak, dan usia kartu kredit tersebut minimal satu tahun.

3. Setelah memilih bank, Anda harus mempersiapkan syarat-syarat yang diminta. Biasanya syarat-syarat yang diminta adalah fotokopi KTP, kartu kredit, NPWP, slip gaji jika karyawan atau SIUP jika pengusaha. Anda juga sebaiknya memiliki telepon rumah, sebab selain pihak bank juga akan mengecek melalui telepon rumah, dengan memiliki telepon rumah artinya Anda tidak mengontrak atau kos.

4. Langkah berikutnya adalah mengajukan KTA dengan mendatangi bank secara langsung atau melalui sistem online jika memungkinkan. Namun, akan lebih baik apabila mendatangi langsung bank sebab Anda juga bisa sekalian bertanya-tanya lebih jauh mengenai KTA tersebut. Isi formulir dan sertakan persyaratan yang diminta.

5. Setelah mengisi formulir pengajuan KTA secara online, jangan lupa untuk mengonfirmasikan hal tersebut kepada pihak bank agar mereka langsung memprosesnya.

6. Setelah semua proses pengajuan KTA selesai, Anda tinggal menunggu verifikasi dari pihak bank. Pihak bank biasanya akan melakukan verifikasi melalui telepon atau menyurvei langsung ke rumah Anda.

Persyaratan dan Dokumen Untuk Mengajukan KTA

Ketika mengajukan KTA, berikut ini adalah syarat-syarat dan dokumen yang umumnya akan diminta oleh pihak bank. Karena itu, sebelum mengajukan KTA, Anda harus melengkapi dulu persyaratan dan dokumen berikut ini. Adapun persyaratan wajib calon kreditur adalah:

– Status kewarganegaraan asli dengan menunjukkan KTP
– Mempunyai penghasilan tetap, dengan masa kerja biasanya minimal dua tahun, dibuktikan dengan slip gaji
– Batasan usia minimal dan usia maksimal selama pelunasan masa kredit
– Pengisian formulir dan kelengkapan dokumen penunjang

Sementara itu, dokumen-dokumen yang dibutuhkan adalah:
– Fotokopi data diri
– Fotokopi Kartu Keluarga
– Fotokopi akta nikah jika sudah menikah
– Surat keterangan kerja dan slip gaji asli
– SK pengangkatan pegawai terakhir asli atau kartu taspen asli bagi pegawai negeri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.