6 Resep Sukses UMKM Kuliner Agar Cuan Selama Pandemi 

0
444

Ni Nyoman Ami Ruliani atau Mba Oming (39), Banting Setir Menjadi Pebisnis Kuliner Rumahan
Ni Nyoman Ami Ruliani atau Mba Oming (39), Banting Setir Menjadi Pebisnis Kuliner Rumahan

Marketing.co.id – Berita UMKM | Selama dua tahun melalui pasang-surut bisnis di kala pandemi, para pelaku UMKM kuliner selalu berusaha menjadi relevan dan mengatur strategi untuk tetap bisa menjawab kebutuhan masyarakat.
Dengan kemudahan sentuhan jari melalui aplikasi pemesanan makanan online seperti GrabFood, para pelaku UMKM kuliner dapat tetap menjual produk makanannya kepada pembeli tanpa terkendala oleh pembatasan kegiatan masyarakat. Peranan teknologi dan inovasi platform digital kini telah berhasil membantu banyak UMKM untuk terus menjalankan dan mengembangkan usahanya.
Untuk semakin mendorong kesuksesan para mitra UMKM kuliner dalam meraup untung, Grab membagikan 6 resep sukses UMKM kuliner agar cuan selama pandemi. Simak tips dan trik-nya berikut ini!
Perkenalkan Paket Kombo Hidangan Paling Laris 
Konsumen tentunya sudah punya pilihan menu favorit di resto Anda. Di tengah kesibukan waktu WFH, konsumen lebih memilih memesan paket makanan lengkap yang praktis untuk kebutuhan sehari-hari. Permintaan akan menu kombo pun akan makin banyak. Untuk itu, penting untuk melengkapi tawaran Anda dengan memberikan Paket Kombo yang misalnya berisi makanan pembuka, camilan, minuman, dan makanan penutup.
Laporan Tren Kuliner Grab 2021 menunjukan bahwa sebanyak 68 % pengguna Grab merupakan keluarga dengan anak dan memesan makanan untuk porsi keluarga (4-5 orang). Selain untuk meningkatkan jumlah pesanan, hal ini juga dapat memudahkan para konsumen yang ingin memesan dalam jumlah banyak untuk porsi keluarga.
Tambahkan Makanan Hits dalam Promosi Terbatas 
Anda bisa mempertimbangkan untuk memasukkan makanan yang sedang tren ke dalam daftar menu resto dengan penawaran terbatas. Di tahun 2021, makanan hits seperti Kopi Susu Gula Aren dan Teh Susu Coklat Hazelnut termasuk 10 jenis hidangan yang paling sering dipesan untuk cemilan sore di GrabFood. Penawaran terbatas ini bisa berupa Promo “Beli 1, Gratis 1” untuk menarik konsumen baru dan mendorong pembelian berikutnya.
Siasati waktu tunggu dengan informasi ke konsumen 
Berdasarkan Laporan Tren Kuliner Grab 2021, rata-rata waktu tunggu yang normal untuk persiapan makanan maksimal di 20 menit. Pertimbangkan untuk mengelola waktu lebih baik untuk melayani pesanan menu yang membutuhkan waktu persiapan yang cukup lama atau makanan tidak tahan lama.
Anda juga dapat menggunakan fitur Status Toko untuk mengelola operasional jam sibuk dengan mengubah status toko ke ‘Sibuk’. Perubahan status ini akan membantu jika Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyiapkan pesanan dan meminimalkan waktu tunggu pengemudi.
Tawarkan menu yang disukai konsumen, tetapi sulit untuk dimasak di rumah
Salah satu faktor pendorong bagi konsumen untuk membeli makanan di luar adalah tingkat kesulitan untuk memasak makanan tersebut di rumah. Anda juga dapat mencoba menawarkan menu makanan seperti pizza, kue, dan pasta yang lebih praktis dan nikmat untuk dibeli dibandingkan memasak sendiri. Anda bisa menarik perhatian konsumen dengan menggunakan deskripsi menu seperti ‘renyah atau ‘empuk’, yang terbukti dapat menghasilkan 60% lebih banyak penjualan!
Promosikan makanan sehat 
Pandemi kini telah membuat konsumen lebih memilih untuk membeli makanan yang lebih sehat atau diproses secara higienis. Sebanyak 7 dari 10 orang Indonesia ingin mengonsumsi makanan sehat dan bersedia membayar lebih untuk makanan yang lebih sehat, lho. Menawarkan makanan dengan kadar garam, gula, atau minyak yang lebih rendah dan menambahkan informasi jumlah kalori dalam makanan memungkinkan Anda untuk menarik perhatian konsumen yang sadar akan kesehatan.
Untuk menjangkau konsumen yang khusus memilih pilihan makanan sehat, Anda dapat mencoba Fitur Resto Prioritas dan GrabAds untuk menjangkau konsumen baru dan sesuai target. Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengukur performa menu dengan periode kampanye atau promosi terbatas agar dapat bersaing dengan kompetitor.
Sertakan foto dan deskripsi makanan pada menu 
Tahukah Anda, item makanan yang disertakan dengan foto mengalami peningkatan pesanan 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan item tanpa foto? Penggunaan foto makanan yang ada di menu sangat penting untuk memudahkan konsumen memilih makanan yang sesuai dengan selera mereka.
Anda juga harus memperhatikan tampilan foto di aplikasi agar sesuai dengan tampilan nyata menu makanan. Gunakan Fitur Merchant Menu Editor untuk perbarui foto makanan dan tambahkan penawaran spesial di menu Anda! Perubahan pada menu dapat dilakukan dengan mudah dan ciptakan kesan pertama yang positif untuk menu Anda. Langkah-langkah ini pastinya akan memengaruhi peningkatan penjualan Anda, lho!
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.