6 Tips Agar Bisnis E-Commerce Berhasil

2
2399

www.marketing.co.id –Banyak masyarakat saat ini yang mulai menjalankan bisnis online, dikarenakan perkembangan di Indonesia untuk bisnis ini sangat menjanjikan sekali. Transaksi online disebut e-commerce sudah menjadi era dan trend saat ini. Maka banyak sekali masyarakat yang mencari tips bisnis online yang mudah dimengerti.

Perlu diketahui juga untuk pasar di Indonesia diperkirakan mencapai 250 juta jiwa, dengan 15-20% menyentuh internet. Ini menjadikan Indonesia sebagai market yang sangat potensial. Namun, untuk menjalankan bisnis ini tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan.

Maka baru-baru ini dalam seminar Frontier Marketing Club (FMC) Irwan Hartanto selaku Ex Executive High Tech Dot Com Companies memberikan trik bagaimana supaya menjalankan E-Commerce menjadi berhasil.

Berikut cara-caranya:

1. Ide/ Idea

Sebelum memulai bisnis ini, Anda harus menentukan ide terlebih dahulu.  Biasanya seseorang yang akan memulai bisnis online, menentukan idenya sesuai dengan hobi atau sesuatu yang disukai.

Langkah pertama buat daftar hal apa saja yang Anda sukai atau hobi lalu sortir sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

2. Analisa / Analysis

Lakukan analisa produk Anda, apa yang bisa Anda jual sesuai dengan  bisnis yang telah ditentukan. Misalnya, Anda hobi bermain bulutangkis, lakukan riset produk apa yang bisa Anda jual yang berkaitan dengan olahraga bulutangkis ini. Contohnya, tentu saja Anda bisa menawarkan raketnya dengan harga murah dan bahkan kaosnya.

3. Tindakan/ Action

Cara yang ketiga adalah melakukan tindakan atau action apa yang sudah kita programkan untuk melakukan bisnis online ini. Lakukanlah yang terbaik dan yakinkan bahwa pilhan Anda sudah mantap untuk memilih ide ini.

4. Iklan/ Advertising

Dalam dunia bisnis perlu juga untuk mengiklankan apalagi dalam bisnis online ini. Produk Anda tidak akan dikenal oleh orang lain tanpa mengiklankan. Banyak cara saat ini untuk mengiklankan suatu produk, salah satunya di Facebook, Twitter, dan bahkan di Google.

5. Loyalitas Referensi/ References

Dalam membangun bisnis online loyalitas referensi ini sangat penting sekali, karena akan menentukan kepercayaan bagi para konsumen yang mau membeli produk Anda. Apa saja referensi yang harus disiapkan oleh pebisnis online.

  • Harus ada kantor
  • Ada nomor telepon yang bisa di hubungi
  • Alamat website
  • Alamat e-mail

Dengan referensi ini minimal ada komunikasi antara Anda dan konsumen

6. Duplikasi/ Repeat Order

Dalam poin ke enam ini tidak kalah pentingnya, yakni dupilkasi atau repeat order yang harus  dijaga loyalitas mereka sehingga mereka tidak dikekecewakan dengan bisnis yang Anda kelola.

Memang untuk membangun kepercayaan merupakan modal penting dalam proses ekspansi di jalur ini. Pasar yang besar didukung dengan media promosi dan pemasaran produk yang tepat, serta menjadi penjual terpercaya tentunya menjadi tantangan tersendiri  di dunia e-commerce ini. (Hernawan)

 

 

 

 

 

2 COMMENTS

  1. Bisnis ecommerce kini di fungsikan sebagai perpanjangan tangan dari perusahaan besar yang memiliki bermacam produk populer di masyarakat.

    Persaingan usaha di dunia maya menjadi lebih sehat dan kompetitif, untuk itu artikel mas hernawan saya rasa bisa sbagai bahan acuan para pemain ecommerce pemula atau pun yang sudah pro.

    Good Job Mas Hernawan, maju terus eCommerce Indonesia

    Salam sukses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.