7 Cara Ampuh Memasarkan Toko Sembako Agar Laku Keras

Marketing.co.id – Berita UMKM | Memasarkan toko sembako bisa dibilang susah-susah gampang. Sebab, sejatinya ketika menjual sembako orang-orang yang membutuhkannya akan membelinya jika perlu. Jadi, sebenarnya tanpa promosi orang sudah berniat membeli produk yang ada pada toko sembako.

Namun, persaingan toko yang menjual sembako tidak kalah sengit. Oleh karena itu, pemasaran dibutuhkan agar produk sembako laku keras dibandingkan dengan toko sembako lainnya. Bagaimana sih cara yang tepat untuk memasarkan toko sembako?

Berikut cara yang bisa diterapkan agar penjualan sembako di toko Anda menjadi laku keras.

1. Memasang spanduk yang jelas

Langkah pertama untuk memasarkan toko sembako adalah dengan memasang spanduk. Tapi perlu dicatat bahwa spanduk yang dipajang tidak boleh sembarangan. Anda perlu memasang spanduk yang jelas.

Jelas di sini artinya spanduk tersebut harus bisa mendeskripsikan toko sembako tersebut. Dalam spanduk sebaiknya ada nama, barang apa saja yang tersedia, beserta nomor kontak yang bisa dihubungi.

Strategi supaya lebih menarik dalam spanduk adalah menggunakan nama yang unik. Nama unik yang ketika dibaca orang lain akan tetap ingat. Cara ini cukup ampuh untuk membuat calon pelanggan penasaran untuk berkunjung ke toko kelontong milik Anda.

Untuk spanduk, ukuran normalnya adalah 3×3 meter, ukuran normal tersebut sudah ideal untuk memuat segala informasi mengenai toko sembako. Desain spanduk sekreatif mungkin supaya pelanggan berminat untuk membaca spanduk tersebut.

Penarik lain di spanduk adalah apabila toko sembako Anda ber-partner dengan brand terkenal seperti Lotte Grosir, yang merupakan bagian dari Lotte Mart Indonesia. Toko Anda akan menjadi lebih terpercaya karena bersanding dengan brand yang sudah dikenal masyarakat.

2. Membuat paket bundling

Paket bundling merupakan penggabungan dua atau lebih produk berbeda dalam satu paket. Dengan begitu, sekali penjualan Anda bisa menjual beberapa produk. Pada umumnya, paket seperti ini ada ketika terdapat momen tertentu, seperti awal ramadan, menjelang lebaran, natal, hingga awal tahun dan akhir tahun.

Strategi marketing ini cocok untuk diterapkan di toko kelontong, sebab selain paketnya disesuaikan sesuai kebutuhan sembako dan rumah tangga, biasanya pembelinya yang merupakan ibu rumah tangga akan merasa lebih hemat ketika membeli paket bundling.

Dengan strategi bundling, Anda akan meningkatkan penjualan pesanan secara merata pada beberapa produk yang dijadikan bahan bundling. Strategi ini juga bisa digunakan untuk mengurangi pemborosan pada stok yang tidak laku.

Anda bisa membundling produk-produk sembako yang sekiranya sesuai, hati-hati dalam membundling produk karena Anda harus memperkirakan kecocokan produk yang hendak dijadikan paket. Terlebih dahulu pelajari jenis-jenis bundling agar lebih tepat dalam strategi pemasarannya.

3. Memberikan diskon dan promo yang menarik

Salah satu strategi promosi tepat untuk toko sembako adalah memberikan diskon dan promo menarik untuk para calon pelanggan. Anda mungkin harus menyiapkan budget khusus untuk melakukan strategi pemasaran ini, namun dampak strategi ini bisa dirasakan untuk memajukan toko sembako.

Dengan melakukan pemasaran menggunakan diskon, Anda bisa menarik konsumen potensial untuk masuk ke toko. Setelah masuk ke toko sembako yang Anda punya dan merasakan kenyamanan yang ditawarkan seperti barang yang berkualitas dan lengkap, pelayanan ramah dan harga yang bersahabat bukan hal tidak mungkin ia kembali walau tanpa promo.

Sebelumnya pastikan dulu barang di toko memiliki kualitas yang terbaik, sehingga ketika membeli konsumen merasa cocok dan kembali lagi ke toko. Saat ini sudah banyak sekali toko grosir yang menawarkan barang dengan kualitas terbaik namun dengan harga yang tetap terjangkau. Salah satunya yang paling terkenal adalah Lotte Grosir.

4. Perhatikan strategi kompetitor

Selain fokus pada strategi pemasaran toko, sesekali Anda juga perlu menilik strategi apa yang digunakan kompetitor. Sebab antara toko Anda dan kompetitor memiliki sasaran sama, Anda harus melihat kira-kira strategi apa yang digunakan kompetitor untuk membuat produknya laris manis di pasaran.

Bukan kemudian meniru secara sama strategi yang digunakan oleh kompetitor, namun Anda harus dapat mempelajari bagaimana kompetitor memasarkan produknya sehingga laku keras. Kemudian memodifikasi poin yang membuat konsumen tertarik dengan metode sendiri.

Misalnya, kompetitor menggunakan strategi memberikan diskon untuk pelanggan dengan kupon setelah berbelanja minimal 5 kali. Dengan cara tersebut, toko ini bisa menarik banyak pelanggan. Berarti poinnya di sini, konsumen rela melakukan usaha untuk mendapatkan diskon. Di mana usaha yang dilakukan konsumen bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

Melihat kebiasaan konsumen, Anda bisa membuat strategi pemasaran dengan kreativitas sesuai dengan poin di atas. Konsumen rela menukar usaha untuk mendapatkan diskon tertentu. Anda bisa membuat diskon dengan syarat membeli pada nominal tertentu, atau diskon dengan membeli produk tertentu dan lain-lain sesuai kreativitas Anda.

5. Memperbaiki pelayanan Anda

Untuk memasarkan produk, salah satu promosi yang terbaik adalah dengan memperbaiki pelayan Anda. Dengan pelayanan terbaik, orang-orang akan nyaman untuk membeli sembako di toko Anda. Kemudian seterusnya tidak akan berpikir ulang untuk kembali ke toko Anda.

Sebaliknya, jika pelayanan yang Anda berikan kurang memuaskan, seperti kasir kurang ramah sehingga membuat pengalaman buruk untuk pelanggan, hal ini membuat pelanggan enggan kembali.

Maka dari itu, untuk membuat toko sembako laris manis, Anda harus memastikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh semua karyawan baik dan sesuai kebutuhan konsumen. Sehingga citra pelayanan menjadi baik.

Dengan begitu, orang-orang secara tidak sadar akan mempromosikan toko sembako Anda. Sebab biasanya, mereka akan merekomendasikan toko yang menurutnya baik kepada orang-orang terdekat. Metode promosi ini lebih ampuh biasanya dari metode lain yang ada.

6. Melakukan promosi di internet

Meski toko sembako, bukan baju, tas atau pun barang lain yang bisa dipamerkan. Anda juga bisa melakukan promosi barang Anda di internet. Misalnya, Anda memiliki nomor khusus untuk aplikasi chatting kemudian menyimpan nomor pelanggan dan calon konsumen. Anda bisa menawarkan produk-produk sembako stok baru kepada pelanggan potensial.

Atau Anda juga bisa membuat promosi melalui cerita yang dibagikan ke kontak atau pun teman Anda di media sosial. Sertakan nomor yang bisa dihubungi dengan mudah agar mempermudah konsumen menjangkau toko Anda.

7. Sediakan fasilitas antar pesanan 

Terakhir, strategi promosi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan fasilitas antar pesanan. Di zaman yang mulai maju seperti sekarang ini, orang-orang cenderung malas melakukan sesuatu. Mereka akan memilih cara yang instan untuk melakukan sesuatu, salah satunya berbelanja.

Dengan adanya kemudahan membeli di marketplace, biasanya warung dan toko sembako biasa akan tersingkirkan. Nah, untuk menanggulangi hal tersebut, Anda bisa menciptakan cara Anda sendiri untuk memperoleh pelanggan.

Misalnya, Anda menyediakan layanan antar pesanan untuk jumlah belanja tertentu kepada pelanggan. Tentu hal ini bisa meningkatkan penjualan dengan mengantar langsung barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Atau Anda juga menentukan tarif tertentu untuk mengantar barang-barang yang hendak dibeli konsumen.

Nah, berikut di atas merupakan 7 cara ampuh memasarkan toko sembako agar laku keras yang bisa Anda coba terapkan ke toko Anda. Tentunya cara tersebut tidak akan terwujud tanpa konsistensi dan keberlanjutan. Jadi jika satu cara gagal, Anda bisa mencoba cara-cara lainnya. Selamat mencoba!

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.