7 Esensi Dasar agar Sukses dalam Bermusik

0
2907

Banyak yang menganggap bermain musik itu keren, khususnya untuk anak muda. Tapi apakah Anda benar–benar ingin sukses dalam bermusik? Nah, untuk itu Anda perlu menerapkan lima esensi dasar agar bisa sukses dalam bermusik berikut ini:

1.       Selalu ada tempat, jadi asah bakat Anda

Sukses_BermusikMeski tren musik di Indonesia adalah lagu beraliran melayu yang mendayu–dayu, namun bukan berarti Anda harus mengikuti pasar. Asah bakat bermusik Anda, apakah dalam musik rock, pop, punk, atau bahkan dangdut maupun campur sari sekalipun. Ingat selalu ada tempat untuk karir Anda. Coba bayangkan bila Sundari Sukoco beralih menjadi penyanyi metal.

2.       Cari pasar Anda

Dalam istilah marketing disebutkan, “tempatkan produk pada pasar”. Begitu juga jika ingin sukses dalam bermusik, maka Anda perlu mencari pasar Anda dan menjualnya di sana. Banyak musisi bagus yang kurang sukses karena tidak menghampiri pasarnya. Kunjungi beberapa label atau komunitas musik yang sesuai dengan bakat Anda. Jangan takut pada penolakan, justru dari sinilah mental dan semangat Anda akan terbentuk.

3.       Terhubung dengan banyak orang

Bangunlah hubungan baik, terutama dengan orang beken yang sejalur dengan gaya bermusik Anda. Musik termasuk dalam jenis bisnis “who you know, who knows you”. Untuk itu, maka Anda harus banyak mengenal orang yang berpangaruh dalam bidang yang Anda geluti. Jangan sungkan mengajak musisi lain untuk kolaborasi. Semakin sering Anda melakukan kolaborasi, sukses dalam bermusik pun semakin dekat.

4.       Ikut terlibat

Tak harus bisa memainkan alat musik, Anda juga bisa menjadi sukses dalam bermusik sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya Anda ingin menjalankan bisnis musik seperti membuka studio rekaman, EO acara music, atau jadi promotor. Nah, dengan terlibat menjadi bagian bisnis yang Anda ingin geluti, pemahaman Anda tentang bisnis tersebut akan terus berkembang hingga Anda siap untuk berdiri sendiri. Anda juga bisa ikut terlibat menjadi crew suatu band.

5.       Jangan ragu untuk membuat jalan sendiri

Jika Anda sudah memiliki banyak wawasan dan kekuatan untuk berdiri sendiri, jangan pernah ragu untuk memulainya. Pertimbangkan pula beberapa hal yang telah terjadi, seperti perkembangan internet yang membuat musik jadi lebih mudah untuk diunduh, jangkauan global yang lebih mudah diakses, dan semacamnya. Pertimbangkan pula beberapa hal seperti cara khalayak jika ingin menghubungi Anda atau hanya sekadar berkomunikasi.

6.       Pikirkan beberapa inovasi

Anda tak harus terus bermain musik agar sukses dalam bermusik. Coba kembangkan beberapa ide, misalnya seperti menjual beberapa souvenir andalan band Anda, merek fashion Anda sendiri, atau semacamnya. Selain akan menambah pendapatan, cara ini juga akan membuat Anda semakin dikenal.

7.       Jangan menjadi kaku

Coba buat Anda dan musik Anda se-fleksibel mungkin. Jangan mentang–mentang Anda rocker, lantas Anda menganggap yang lain culun dan tak ingin terlibat sama sekali. Fleksibilitas akan membuat Anda menjadi orang yang rendah hati. Tak ada salahnya berkolaborasi dengan musisi beraliran lain, atau membantu dalam mempersiapkan pertunjukkan musik.

“Dunia musik terlalu besar jika hanya dimanfaatkan untuk satu jenis karir bermusik saja. Ibarat sidik jari, jalur karir bermusik sangat unik,” ucap Peter Spellman dalam bukunya yang berjudul Indie Marketing Power: The Guide for Maximizing Your Music Marketing.

 

Sumber

Tulisan: Berklee.edu

Foto: Shutter Stock

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.