7 Kebiasaan yang Sangat Efektif untuk Social Media Marketing

0
1105
Gambar: www.clickz.com

Pernah membaca buku “The 7 Habits of Highly Effective People”?  tahukah Anda bahwa sebagian dari kebiasaan itu juga berlaku untuk sukses di social media marketing.

Dibawah ini adalah bagaimana “The 7 Habits of Highly Effective People” dapat kita terjemahkan kedalam kebiasaan yang mengarah pada sukses pemasaran media sosial.

Kebiasaan 1: Proaktif (ambil inisiatif)

Sebagai pemasar media sosial, sangat penting untuk proaktif dan mengambil inisiatif. Misalnya, mengambil inisiatif untuk mempelajari alat media sosial terbaru. Inisiatif untuk membawa perusahaan Anda melangkah jauh ke depan. Mengambil inisiatif untuk menguji dan belajar. Mengambil inisiatif untuk mendidik organisasi Anda. mengambil inisiatif untuk menanggapi pelanggan.

Inisiatif merupakan kunci untuk sukses sebagai pemasar di media sosial. Dalam dunia yang cepat tumbuh dan berubah, mereka yang terus belajar dan dapat menghasilkan ide-ide kreatif berada pada posisi yang lebih baik untuk berhasil.

Kebiasaan 2: memeiliki rencana

Selalu memulai pemasaran sosial media dengan visi yang jelas. Jangan hanya asal posting di media sosial. Mulailah dengan memahami apa yang ingin Anda capai dan membangun rencana untuk mencapainya. Dalam bukunya “Sosial Media Field Guide,”

Krista Neher menyebutkan untuk membangun rencana sosial media, setidaknya membutuhkan pendekatan delapan langkah. (Lihat grafik dibawah)

Gambar: www.clickz.com

Kebiasaan 3: prioritaskan (dahulukan yang utama)

Sebagai pemasar sosial media sangat mudah untuk log on ke Facebook, LinkedIn, Twitter, atau Pinterest. Namun Anda harus memiliki prioritas dimana Anda akan menghabiskan waktu di media sosial. Tahu mana yang paling penting untuk mencapai tujuan Anda dan menginvestasikan waktu dengan bijaksana.

Kebiasaan 4: berpikir menang (menyeimbangkan tujuan pemasaran dan nilai untuk audiens)

Kunci dari kesuksesan adalah menyeimbangkan tujuan bisnis dengan apa yang sebenarnya berharga untuk audiens Anda. Ingat, nilai lebih yang Anda buat untuk audiens Anda, mereka akan menciptakan nilai lebih untuk Anda. pertimbangan baik untuk Anda dalam membangun dan mengimplementasikan rencana Anda.

Kebiasaan 5: simak dan tahu audiens Anda (berusaha untuk memahami dahulu baru dimengerti)

Seringkali kita pergi ke sosial media dimulai dengan sebuah postingan. Dan kebanyakan dari perusahaan tidak menghabiskan waktu mereka untuk mengenal audiens dan memahami kepentingan mereka.

Seperti kata pepatah, Anda memiliki dua telinga dan satu mulut karena suatu alasan. Luangkan waktu Anda untuk benar-benar memahami apa yang audiens Anda inginkan dan bagaimana Anda dapat menambah nilai sebelum Anda memulai sebuah posting.

Kebiasaan 6: bersinergi (melibatkan sumber daya yang tepat di perusahaan Anda)

Sinergi merupakan kata kunci yang terlalu sering digunakan, tapi bekerja sama memiliki nilai lebih untuk mencapai sesuatu yang lebih. Karena, berkomunikasi di situs media sosial seringkali melibatkan banyak bagian dari perusahaan. Misalnya marketing, PR, layanan pelanggan, hukum, dan bahkan pengembangan produk memainkan peran dalam mengembangkan dan melaksanakan rencana media sosial.

bangunlah struktur internal yang tepat dan sinergi untuk mendapatkan hasil. Perusahaan yang tidak terhubung secara internal tidak siap untuk berhasil.

Kebiasaan 7: pertajam penglihatan (investasikan waktu dan sumber daya)

Sosial media berubah dengan cepat, dan alat-alat perdagangan selalu berubah dan berkembang. Hal ini menjadi penting bagi pemasar sosial media untuk terus berinvestasi dalam keterampilan agar tetap relevan dan efektif.

Pastikan bahwa rencana kerja Anda melibatkan waktu dan anggaran untuk pelatihan dan pendidikan. Keinginan untuk belajar hal-hal baru adalah kunci untuk sukses sebagai pemasar di media sosial.

Clickz|Cecep

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.