7 Kesalahan Saat Membersihkan Tempat Sampah di Rumah

0
2326
7 Kesalahan Saat Membersihkan Tempat Sampah di Rumah

7 Kesalahan Saat Membersihkan Tempat Sampah di RumahMarketing.co.id – Berita Marketing | Anda sering kebingungan karena tempat sampah di rumah Anda sangat bau, padahal sudah rutin membuang kotoran pada tempat yang semestinya? Hal ini mungkin terjadi karena Anda tidak membersihkan tempat sampah dengan tepat.

 Tempat sampah yang tidak dibersihkan dengan benar dapat menjadi sarang bakteri dan membuat rumah menjadi bau. Berikut 7 kesalahan yang sering dilakukan saat membersihkan tempat sampah di rumah:

1.  Tidak menggunakan alas plastik sampah

Banyak orang yang kadang tidak meletakkan alas plastik pada tempat sampah. Mereka lebih suka langsung membuang sampah ke dalamnya, bahkan sampah basah sekali pun. Sisa kotoran yang menyentuh ke permukaan tempat sampah harus segera dibersihkan. Kalau dibiarkan berlama-lama, bisa-bisa menimbulkan bau tidak sedap.

2.  Menggunakan plastik sampah tidak sesuai ukuran

Plastik bekas belanja atau membeli makanan seringkali dijadikan alas untuk tempat sampah. Biasanya, kita akan mengambil plastik secara acak di rumah untuk diletakkan pada tempat sampah. Inilah yang membuat ukuran plastik bisa saja terlalu besar atau kecil.

Sebaiknya, pilih alas plastik sesuai ukuran tempat sampah. Jika terlalu kecil, plastik tidak dapat menampung semua sisa kotoran yang ada sehingga tetap menyentuh permukaan tempat sampah. Sedangkan jika terlalu besar, tempat sampah tidak dapat tertutup rapat sehingga menyebabkan tumpukan kotoran dan bakteri mudah keluar.

3.  Menumpuk sampah terlalu penuh

Anda juga harus memperhatikan kapasitas tempat sampah Anda. Jangan membuang sampah melebihi kapasitasnya. Apalagi, sampai menyentuh tutup tempat sampah karena dapat membuat bakteri bersarang. Selain itu, inilah yang bisa menyebabkan rumah Anda jadi bau apek.

4.  Tidak mencuci tempat sampah secara rutin

Sisa kotoran makanan yang menempel pada tempat sampah harus dicuci secara rutin dan benar-benar bersih. Jadinya, tidak memunculkan bau busuk dan menjadi sarang bakteri. Pastikan Anda mencuci tempat sampah secara menyeluruh menggunakan sabun dan cairan disinfektan. Jangan lupa jemur tempat sampah Anda hingga kering sebelum menggunakannya kembali.

5.  Menggunakan tempat sampah tidak sesuai fungsi

Saat ini, banyak tempat sampah yang dibuat khusus untuk ruangan tertentu, seperti dapur, kamar mandi, dan outdoor. Namun, masih banyak orang yang mungkin menyamakan semua tempat sampah dan tidak memilihnya sesuai kebutuhan.

Jadi, Anda harus memilih tempat sampah yang sesuai dengan ruangan. Misalnya, untuk kamar mandi, sebaiknya menggunakan tempat sampah anti karat karena mudah terkena air. Sedangkan untuk dapur, Anda bisa menggunakan tempat sampah plastik agar mudah dibersihkan.

6.  Tidak segera membuang sampah keluar rumah atau memberikan ke petugas kebersihan

Kesalahan yang paling sering dilakukan berikutnya adalah membiarkan sampah di rumah selama beberapa hari dengan alasan masih belum penuh. Jika Anda salah satunya, berhentilah melakukan hal ini karena dapat membuat rumah Anda menjadi bau.

Sampah yang ditumpuk berhari-hari dapat menimbun lebih banyak bakteri dan mudah menimbulkan bau busuk. Akhirnya, sisa kotoran yang busuk tersebut menyebabkan munculnya banyak belatung pada tempat sampah. Jadi, ingatlah untuk selalu membuang sampah ke luar atau langsung memberinya kepada petugas kebersihan.

7.  Menggunakan tempat sampah dengan kualitas buruk

Harga tempat sampah yang murah memang seringkali terlihat menggiurkan, tetapi kualitasnya tidak terjamin. Lebih baik memilih tempat sampah yang berkualitas, meskipun harganya mahal. Anda bisa memilih tempat sampah dengan kualitas yang bagus, seperti tahan air, tidak mudah pecah, dan memiliki daya tutup yang kuat.

Itulah 7 kesalahan yang biasa dilakukan oleh orang-orang saat membersihkan tempat sampah di rumah. Jangan sampai melakukan kesalahan itu, ya, agar rumah tidak bau dan meminimalisir adanya bakteri. Anda dapat menemukan berbagai model tempat sampah berkualitas di Ruparupa, loh.

Selain itu, di Ruparupa.com, Anda juga bisa menemukan berbagai perabotan dan perlengkapan rumah tangga terbaik dari berbagai merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Ace Hardware, Informa, dan Toys Kingdom. Dapatkan juga berbagai penawaran menarik jika berbelanja di sini. Yuk, belanja sekarang!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.