7 Rahasia Marketing Agar Pelanggan Sering Repeat Order

0
1328

Marketing.co.id – Berita UMKM | Ada beberapa tips agar pelanggan repeat order untuk produk Anda. Dalam teori saluran pemasaran, seorang pelanggan memiliki beberapa tahapan dalam melakukan pembelian: mulai dari tidak mengetahui, mengetahui, menyukai, membeli, melakukan pembelian lagi dan memberikan rekomendasi kepada orang lain.
Terkait hal ini ada beberapa teori dan model pemasaran seperti AIDA, Flywheel, AARRR yang semuanya terlihat berbeda tetapi mengandung arti dan tujuan yang sama: membentuk pelanggan yang loyal. Secara teori memang terdengar sederhana, tapi pada prakteknya banyak perusahaan berjuang keras agar pelanggan tetap loyal, mulai dari memberikan gimmick hingga berinvestasi pada teknologi seperti CRM software untuk efisiensi pengelolaan data pelanggan.
Untuk membantu Anda, berikut beberapa tips yang bisa dipraktikkan agar pelanggan meningkatkan repeat order!

Buat pelanggan mengenali produk Anda

Pada tahap ini pelanggan sama sekali tidak mengetahui keberadaan produk Anda. Maka, yang harus Anda maksimalkan pada tahap ini adalah membangun awareness terhadap produk atau brand yang Anda miliki kepada pelanggan yang dibidik dan media yang tepat.
Caranya adalah dengan memaksimalkan media sosial yang menjadi target Anda. Tidak perlu mengaktifkan banyak media sosial terlebih dahulu, cukup sentuh target Anda dengan media yang dekat dengannya. Misalnya, jika Anda menargetkan generasi Z dan Y, media sosial yang harus Anda maksimalkan adalah Instagram dan TikTok.
Tips agar pelanggan repeat order selanjutnya, gunakan SEO yang tepat dan mudah ditemukan saat pelanggan mencari produk yang diinginkan. Selanjutnya Anda bisa memaksimalkan iklan di media sosial yang Anda targetkan dengan usia pelanggan. Terakhir, Anda bisa mempromosikan produk Anda dengan influencer yang sesuai dengan target konsumen Anda.

Jadikan pelanggan menyukai produk Anda

Jika pada tahap pertama yang dimaksimalkan adalah saluran media untuk sampai ke pelanggan. Pada tahap ini yang dimaksimalkan adalah kualitas konten agar sesuai dengan target. Berikan nilai pada konten Anda yang menjelaskan bahwa pelanggan akan rugi jika tidak membeli produk Anda: beri tahu manfaat apa yang akan didapatkan pelanggan.
Kemudian bergantian dengan variasi konten lainnya, misalnya Anda menjual sepatu kets, maka Anda bisa memasukkan konten variasi berupa cara mencuci sepatu yang benar. Selain menghibur, hal ini juga memberikan keuntungan bagi pelanggan. Selanjutnya memberikan manfaat yang dapat dirasakan langsung ]pelanggan yang membedakannya dengan kompetitor lain, misalnya promo.

Pelanggan menyukai dan melakukan pembelian

Produk Anda tidak akan laku jika pelanggan hanya menyukainya, dibutuhkan niat lebih sampai terjadi pembelian. Yang dapat Anda lakukan pada tahap ini adalah merespons dengan cepat ketika pelanggan jatuh cinta dengan produk Anda.
Selanjutnya, berikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Juga, memudahkan bagian pengiriman dan memberikan jaminan purna jual yang Anda berikan.

Menjaga Kepercayaan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kepercayaan pembeli. Anda bisa memulainya dengan memberikan pelayanan yang baik. Contohnya mengirimkan barang sesuai pesanan dan tepat waktu, memberikan nomor resi agar pembeli juga bisa melacak keberadaan barang tersebut, membantu menghubungi kurir jika terjadi keterlambatan dan mengucapkan terima kasih.
Selain itu, menjaga kualitas produk atau jasa Anda juga merupakan bagian dari cara menjaga kepercayaan ini. Karena, tidak sedikit pelaku bisnis di Indonesia, setelah pesanan meningkat pesat, kualitas produk dan layanan mereka menurun. Yang awalnya fast respon setelah kebanjiran order, responnya lama. Saat pesanan banyak, barang yang dikirim ditukar dengan pembeli lain. Hal seperti ini perlu Anda hindari untuk menjaga kepercayaan pembeli agar dapat meningkatkan repeat order.

Membership

Strategi selanjutnya dalam meningkatkan repeat order ini adalah membership. Supermarket dan minimarket berjejaring sering menggunakan strategi ini. Tujuannya tidak hanya untuk memperbanyak repeat order tetapi juga untuk menjaring database dan identitas pembeli seperti nama, alamat, nomor handphone dan email. Jadi, dalam satu strategi Anda bisa mendapatkan 2 gol. Menarik kan?
Cara menerapkan strategi ini juga cukup mudah. Anda dapat melakukan ini dengan program hadiah poin atau royalti. Tidak perlu secanggih yang dilakukan minimarket berjejaring. Misalnya, 8x belanja dalam waktu tertentu berhak mendapatkan bonus tertentu. Atau, Anda bisa mengajukan minimal Rp100.000 untuk setiap pembeli, Anda akan mendapatkan 10 poin yang bisa ditukarkan dengan produk lain.

Kejutan

Strategi terakhir dalam meningkatkan repeat order adalah kejutan. Prinsipnya adalah memberikan tambahan produk atau jasa yang serupa atau berbeda. Tujuannya adalah memberikan nilai tambah bagi pembeli Anda. Sudah menjadi sifat manusia untuk bangga dan bahagia ketika diberi hadiah atau kejutan. Tidak harus mahal, yang penting worth it dan cocok untuk pembeli Anda. Ketika pembeli puas dengan apa yang Anda berikan dan melebihi ekspektasi mereka, kemungkinan  membeli lagi, lagi dan lagi terbuka lebar.

Terhubung Secara Digital

Cara ini jauh lebih efektif, cepat, dan hemat biaya dibandingkan dengan cara lama. Ada banyak channel digital yang bisa Anda manfaatkan untuk selalu terhubung dengan basis pelanggan yang sudah kita bangun, seperti membentuk group eksklusif di WhatsApp atau Telegram, membangun akun media sosial yang aktif, menggunakan chatbot di website, hingga integrasi ke aplikasi CRM.
Anda bahkan bisa tetap terhubung kembali dengan bekas pelanggan yang sudah tidak membeli dari Anda, dengan menjalankan misalnya iklan remarketing dari Google Ads ataupun Facebook Retargeting. Jika Anda awam, sangat direkomendasikan menggunakan jasa digital agency yang sudah berpengalaman dan profesional.
Itulah strategi dan cara meningkatkan repeat order agar pembeli mau datang lagi dan membeli lebih banyak. Semoga bermanfaat bagi Anda dan yang membutuhkan informasi seperti ini.
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.