8 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Trending Topic di Twitter

Twitter
Editorial credit: Gabriel_Ramos / Shutterstock.com

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Setiap media sosial memiliki kekuatan dan ciri khas masing-masing. Untuk media sosial Twitter tampaknya hampir semua netizen sepakat kekuatan dan ciri khas situs micro blogging ini ada di fitur trending topic. Apa itu sebenarnya trending topic dan bagaimana cara kerjanya, berikut ini adalah 8 hal yang perlu diketahui tentang trending topic di Twitter.

  1. Algoritma

Tren ditentukan oleh algoritma. Secara otomatis, tren disesuaikan untuk pengguna berdasarkan akun yang mereka ikuti, minat, dan lokasi Anda. Namun, pengguna juga dapat mengubahnya dengan memilih tren berdasarkan lokasi (misalnya, Indonesia) dan mereka dapat menemukan topik populer di kalangan orang-orang dalam lokasi geografis tertentu.

  1. Tren ditentukan oleh jumlah Tweet?

Tidak. Tren menunjukkan apa yang sedang dibicarakan di Twitter saat itu juga. Tren tidak ditentukan hanya dari jumlah Tweet tentang topik tertentu. Tren mencerminkan apa yang terjadi saat ini dan membantu Anda menemukan topik diskusi terhangat yang sedang dibicarakan di Twitter.

  1. Tren = tagar?

Tidak. Tagar memang bagian dari tren, namun kata dan frasa juga menjadi faktor yang menentukan. Twitter juga mengelompokkan tagar-tagar yang saling terkait, seperti #MalamJumat dan #Kamistis yang keduanya dapat dinyatakan dengan #MalamJumat.

Baca juga: #HariPelanggan Nasional Trending Topik Lagi di Twitter

  1. Bagaimana saya melihat Tweet yang menjadi bagian dari sebuah trending topic?

Klik atau sentuh salah satu trending topic yang ada pada daftar dan Anda akan melihat hasil pencarian tren tersebut. Anda akan melihat semua Tweet yang berisi frasa, kata atau tagar. Untuk melihat Tweet yang telah terdahulu yang tidak lagi terdaftar, Anda dapat menggunakan pencarian Twitter.

  1. Apakah saya bisa berpartisipasi dalam trending topic?

Bisa! Tweet kata, frasa atau tagar yang sama seperti yang muncul di daftar tren dan Anda sudah menjadi bagian dari percakapan yang terkait dengan trending topic tersebut. Catatan: Twitter juga menyaring pencarian demi kualitas. Untuk memahami jenis perilaku yang dapat menyebabkan Tweet Anda lolos proses pemilihan, baca tentang peraturan dan pembatasan pencarian kami.

  1. Apakah trending topic memiliki keterangan?

Terkadang. Di bawah ini adalah beberapa tren yang memiliki keterangan, seperti sejumlah Tweet atau konteks yang dipersonalisasi seperti siapa saja yang berada di ruang lingkup jaringan Anda yang menge-Tweet tentang topik tersebut. Saat volume Tweet diperlihatkan, Anda dapat melihat bahwa tidak selamanya jumlah Tweet yang banyak berada di deretan atas tren dibandingkan dengan jumlah yang lebih sedikit. Seperti yang disebutkan pada poin nomor dua di atas, tren tidak selalu ditentukan dengan jumlah Tweet sebuah topik tertentu, namun mencerminkan apa yang terjadi saat ini.

  1. Apakah ada topik yang dibatasi agar tidak masuk ke dalam jajaran trending topic?

Twitter ingin agar trending topic yang ada dapat mempromosikan diskusi  yang sehat di platform. Ini berarti bahwa saat ini, beberapa jenis konten tidak dapat muncul ke dalam jajaran trending topic; termasuk konten yang berisi referensi gambar/dewasa atau cabul. Menyebarkan ujaran kebencian yang berdasarkan pada ras, suku bangsa, asal negara, orientasi seksual, jenis kelamin, identitas jenis kelamin, kelompok agama, usia, disabilitas, atau penyakit. Melanggar Peraturan Twitter.

Baca juga: KARA Curhat Pernah Diserang Hoax dan Umumkan Program Reseller di Webinar ICC

  1. Apakah ada pilihan trending topic berbayar di Twitter?

Trending topic organik bekerja seperti yang dijelaskan di atas dan berada dalam parameter Peraturan Twitter. Hal ini tidak dapat diubah. Namun Twitter juga menawarkan dua pilihan untuk trending topic berbayar. Pertama, Tren Promosi, yakni promosi berdampak tinggi dalam kurun waktu 24 jam yang populer di kalangan merek. Untuk memastikan transparan, semua Tren Promosi ditandai dengan jelas dan Tren Promosi harus mengikuti panduan Tren Promosi. Kedua, Tren Promosi Spotlight atau Promoted Trend Spotlight, format iklan visual yang muncul di daftar tren teratas. Tren ini dilengkapi video berdurasi 6 detik, GIF atau kumpulan foto statis.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.