Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

9 Langkah untuk Meningkatkan Penjualan dengan Social Media

Saat ini social media tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita, jika kita tidak membuka facebook/twitter satu hari saja, kita merasa ada sesuatu yang hilang dalam hidup kita.

Tahukah anda apa yang dilakukan orang di social media?

Menurut Empathica, kegiatan yang dilakukan di social media adalah sebagai berikut:

  • Membaca status atau melihat foto teman
  • Mengupdate profile
  • Memasukan foto atau video
  • Membuat rekomendasi
  • Memberikan komentar di status atau foto teman
  • Mengikuti kuis atau polling
  • Main game

Berdasarkan data diatas dapat ditarik sedikit kesimpulan, agar produk/jasa kita dikenal oleh orang banyak, kita harus bisa menempatkan produk kita di status orang. Apakah anda lebih percaya iklan atau rekomendasi dari teman? tentu saja sebagian besar dari anda akan menjawab rekomendasi teman.

Dalam Kuartal 1 tahun 2011 pengguna internet di Indonesia mencapai 39,6 Juta pengguna. Merupakan angka yang besar dan akan semakin bertambah tiap tahunnya, apalagi social media dapat diakses melalui handphone. Jika kita masuk ke sosial media maka kita bisa dengan mudah berjualan disana, benarkah demikian?

Dell menggunakan account twitter @delloutlet (memiliki 1.555.503 lebih pengikut) melakukan penjualan di social media, yakni dengan memberikan diskon tertentu pada produk dell. Di Indonesia sendiri kita bisa membeli motor secara online di Facebook.

Jadi ternyata kita bisa berjualan di social media, tetapi harus kita ingat bahwa yang dicontohkan diatas merupakan merek yang sudah dikenal konsumen. Bagaimana jika produk kita merupakan produk baru? Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan di social media baik untuk produk/jasa baru maupun lama:

1. Kenali & cintai produk/jasamu

Apakah produk/jasa anda merupakan pionir?

Apakah produk/jasa anda merupakan yang terbaik?

Apakah produk/jasa anda memiliki keunikan?

Apakah produk/jasa anda berkualitas?

Apakah produk/jasa anda mahal/murah?

Apakah produk/jasa anda cepat?

Dengan mengetahui produk/jasa kita, maka kita akan terlihat professional dimata calon konsumen/komsumen kita. Tentu kita pernah berhadapan dengan penjual yang kurang menguasai produknya sehingga kita menjadi kurang yakin akan produk tersebut, nah hal ini juga berlaku di social media.

2. Kenali produk/jasa pesaing

Jangan sampai kita hanya memperhatikan produk/jasa kita saja tanpa memperhatikan pesaing. Pesaing dapat membantu kita dalam penentuan harga produk/jasa kita, dengan memperhatikan pesaing kita dapat melakukan promosi yang lebih baik dari mereka, dll.

Dengan social media kita dapat dengan mudah memantau aktivitas pesaing.

3. Menentukan Target

Sebelum kita berjualan kita harus menentukan dahulu siapa target market kita, pria/wanita, tinggal di negara/kota mana, sehingga apa yang kita lakukan tepat pada sasaran. Dengan menggunakan facebook adverts kita dapat dengan mudah menjangkau target kita berdasarkan negara, kota, umur, jenis kelamin, bahasa, pendidikan, tempat kerja, dll.

4. Informasi yang lengkap

Pernahkah anda berkunjung ke suatu blog/facebook/twitter tetapi mereka tidak menyertakan email/nomor telpon/alamat yang lengkap? Jadi.. jangan lupa untuk memberikan informasi yang lengkap sehingga konsumen dapat dengan mudah menghubungi kita. Kita juga bisa memasang aplikasi yahoo messenger agar memudahkan konsumen untuk menghubungi kita. Selain informasi yang lengkap alangkah bijaksananya jika kita menempatkan informasi tersebut di tempat yang mudah dilihat, contoh di bagian samping kiri/kanan dalam blog kita. Informasi ini mencakup tentang produk/jasa kita juga tentunya.

5. Tampilan yang menarik

Ketika kita bertemu dengan seseorang tentunya kita akan lebih tertarik jika dia berpenampilan menarik, hal yang sama dengan tampilan social media kita, blog dapat kita buat enak dipandang, kita bisa menaruh profile picture dan landing page yang menarik di facebook, kita dapat mengganti background twitter kita, semua itu kita lakukan agar orang tertarik dan mau berkunjung ke tempat kita.

6. Brand Awareness

Bagaimana kita bisa menjual produk/jasa kita jika konsumen belum mengenal kita?

Jawabnya adalah: Witing Tresno Jalaran Soko Kulino (Cinta tumbuh karena terbiasa) semakin sering mereka terbiasa bertemu brand kita, maka akan tumbuh benih cinta kepada brand kita.

Pertama kita bisa melakukan kegiatan “Listening” yaitu mendengarkan/mengetahui apa yang dibicarakan orang di social media, mendengarkan keluhan mereka, Kedua kita bisa “Join the conversation” yakni ikut gabung dalam percakapan mereka, membantu menyelesaikan masalah mereka. Oh ya untuk melakukan listening kita bisa menggunakan icerocket.

Jangan langsung menjual produk/jasa kita di social media, jika kita melakukannya maka orang justru akan berpandangan jelek pada kita. Lakukan secara natural.

Social media adalah tempat orang bersosialisasi, dengan berkomunikasi sebagai manusia tentunya, bukan robot.

7. Fokus pada konsumen, membuat komunitas

Di social media kita harus menjaga hubungan yang erat dengan calon konsumen maupun konsumen kita dan membentuk komunitas, adapun caranya adalah sbb:

  • Memberikan informasi yang bisa dipercaya/jujur
  • Memberikan informasi yang update
  • Memberikan informasi yang relevan
  • Mendengarkan kebutuhan konsumen dan membantu mereka
  • Memberikan ucapan terima kasih
  • Memanusiakan konsumen
  • Dll.

8. Merubah pengikut menjadi konsumen

Jika kita sudah melakukan hal diatas kita bisa merubah pengikut kita menjadi konsumen kita. Apakah semudah itu? Oh tentu tidak tentunya hal ini membutuhkan waktu.

9. Analisa

Apakah hasil yang sudah dicapai sudah sesuai dengan harapan/target anda?

Kita bisa melihat berapa jumlah pengikut kita, jumlah penjualan kita dll.

Alat yang dapat kita pergunakan untuk menganalisa antara lain: facebook insight (dapat dilihat di facebook page kita), tweetreach,  dll.

Langkah-langkah diatas merupakan rangkuman dari beberapa artikel, serta pengalaman saya sendiri, semoga bisa berguna untuk meningkatkan penjualan produk/jasa anda.

Saya menerima masukan untuk menyempurnakan artikel ini, silahkan menuliskan komentar anda dibawah ini ya 🙂 Terima kasih sudah membaca.

Salam Hangat,

@ChandraIman, Founder komunitas i love bogor

Pic Source

172 Comments

172 Comments

  1. Fandi Hoo

    December 5, 2011 at 07:44

    Tips-tips nya sangat berguna Pak, terutama buat saya yang berbisnis online shop:) thanks

    • chandraiman

      December 5, 2011 at 11:46

      Terima kasih pak fandi 🙂 semoga bisnisnya makin maju ya 🙂

  2. om_andik

    December 5, 2011 at 12:34

    9 Tipsnya luar biasa, tapi bisa diimplementasikan secara praktek ga ya… Kesembilan Tips Full. Ada yang lebih ringkas pak ?

    • chandraiman

      December 5, 2011 at 12:50

      Dear On Andik, cara diatas bisa diimplementasikan 🙂 untuk yang lebih ringkas nanti akan saya siapkan, terima kasih yah 🙂

  3. agung

    December 5, 2011 at 12:50

    luar biasa mantap……..

  4. mashengky

    December 5, 2011 at 12:53

    nanti jadi pembicara NBC 12 ya oom 😀

    • chandraiman

      December 5, 2011 at 12:58

      Dear Mas Hengky, Pembicara di Nasional Bootcamp? OMG! masih harus banyak belajar ke Mas Hengky dulu 🙂 terima kasih sudah mampir mas

  5. chandraiman

    December 5, 2011 at 13:14

    Dear Mr X 🙂 (soalnya ga enak kalo dipanggil Mr Abon) hehe sekali pencet tombol yach bisa saja, caranya kita pencet tombol nomor telpon karyawan kita, trus berkata: “tolong kerjakan” 🙂

    Terima kasih masukannya untuk lebih fokus ke detail, teliti dan cermat, semoga penjualan abon ikannya tambah joss 🙂

  6. sepatu pria

    December 5, 2011 at 14:15

    tips yang mantap nih,makasih bnyak yah

  7. anKa

    December 5, 2011 at 15:48

    nice info bro…
    yang ke 10. Harus mau mencoba dan berusaha
    hehehehe maklum kadang startingnya suka sulit/males.. kebanyakan mikir ini itunya…

    • chandraiman

      December 5, 2011 at 16:06

      Ah iya, balik lagi ke diri sendiri ya bro, thanks masukannya, seperti ada yang bilang first time is the hardest.
      Tetapi jika didasari niat yang kuat pasti bisa. Terima kasih bro anka 🙂

  8. Alif Baihaki

    December 5, 2011 at 15:49

    Cara nentuin target itu kaya gimana sih? harus sesuai produk kita kah?

    • chandraiman

      December 5, 2011 at 16:12

      Contoh produk/jasa nya apa nih pak alif? cara gampangnya kita lihat saja produk/jasa kita digunakan oleh siapa, pria/wanita, umur berapa, lokasinya dimana. Setelah itu kita bisa menggunakan facebook adverts atau gabung di komunitas yang ada di lokasi tersebut, contohnya komunitas orang jakarta, komunitas orang bogor, dll.
      Untuk menentukan target tentunya harus sesuai dengan produk/jasa kita.
      Oh ya kita juga bisa mengembangkan target kita kedepannya, contoh untuk produk jam tangan, misalkan jam itu digunakan wanita, tetapi kita tetap bisa menawarkan kepada pria, untuk digunakan sebagai kado, dll.
      Semoga berguna, terima kasih

  9. Masinis001

    December 5, 2011 at 19:19

    meoooooonggg.. puuss pussss… good job brader.. pertamax +sebatang samsoe nihh :))

    • chandraiman

      December 5, 2011 at 20:35

      Terima kasih 🙂 semoga artikelnya berguna

  10. eneng ocha

    December 5, 2011 at 22:26

    dapet ilmu lagi nih dai Kang Chanchan 😉
    Makasih sudah berbagi ya Kang! Mantabh!

    • chandraiman

      December 7, 2011 at 07:17

      halo eneng ocha, sukses terus ya usaha hijabshop nya 🙂 sekarang katanya usaha kuliner ya, kemaren sempet lewat, nice idea untuk memasukan masakan2 khas daerah bogor di satu tempat 🙂 jangan lupa promosi online juga

  11. Sugianto

    December 6, 2011 at 00:39

    Luar biasa sharingnya bro Chandra. Mentor gw yg luar biasa sibuk sekarang 🙂 Sukses terus bro

    • chandraiman

      December 7, 2011 at 07:19

      halo bro sugi, tetap semangat posting dan sukses usahanya ya 🙂

  12. Alif Baihaki

    December 6, 2011 at 10:49

    mas bisa konsultasi offline ga? pengen diskusi promosi online kaya gini

    • chandraiman

      December 7, 2011 at 07:21

      silahkan pak 🙂 kirim direct message via twitter aja, nanti janjian di jakarta

  13. Pembicara Bisnis Online

    December 7, 2011 at 22:10

    Mantab sharenya, ilmunya saya jadinya bertambah 9 langkah, hmm, luar biasa pak, sukses pak, mudah-mudahan dengan inspirasi ini bisa bertambah jadi 11, 13 atau berapa langkah yang membuat jualan disocial media semakin dasyat.

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 10:12

      Halo pak Erianto, terima kasih sudah mampir 🙂 iya pak semoga nanti bisa ditambah beberapa langkah lagi 🙂 sukses selalu

  14. chandraiman

    December 8, 2011 at 10:10

    terima kasih pak yanyan semoga bisa diaplikasikan untuk bisnisnya 🙂

  15. fathya ekananda

    December 8, 2011 at 10:37

    Wahh,,ok bgt nihh langkah-langkah pemasaran via social media’y n patut dicoba..

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 14:03

      terima kasih fathya, semoga berguna ya 🙂

  16. amang

    December 8, 2011 at 14:18

    betul2 sepat mas, orang hidup itu perlu interaksi sosial. saat ini kehidupan kedua adalah online. maka mau ndak mau sosmed jawabannya untuk jualan

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 14:22

      dear pak amang: terima kasih komentarnya, dimana orang berkumpul, itu tempat yang tepat untuk jualan 🙂 hanya saja caranya seperti apa yg cocok 🙂

  17. chandraiman

    December 8, 2011 at 14:22

    terima kasih pak adam 🙂 sukses selalu

  18. jay boana

    December 8, 2011 at 14:58

    sukses om usahanya yah

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 15:02

      terima kasih jay, sukses juga ya 🙂

  19. elsenovi

    December 8, 2011 at 15:01

    postingan yang berguna.
    saya pengguna aktif internet, khususnya socmed baik twitter, facebook maupun blog.
    benar, sekarang “gaya” promosi online sdg booming, dan sepertinya untuk kedepan, media internet lebih diminati orang untuk aktivitas jual beli.
    *ini menurut saya lho*

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 15:04

      terima kasih mbak elsenovi, iya bener koq pendapatnya, multiply saja sudah berkiblat ke ecommerce, ditambah lagi dengan pengguna internet yang semakin meningkat 🙂 sukses selalu

  20. Rosid On Street

    December 8, 2011 at 15:30

    Hmmm…. bisa nggak ya kalau diimplementasikan juga kepada produk jasa, seperti Social Campaign-nya lembaga kursur/pendidikan gitu ? 🙂

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 15:33

      dear rosid, implementasi ke lembaga kursus bisa banget, contohnya jika kita memberikan pelajaran secara online di social media, sehingga orang teratrik untuk mengunjungi, ujung-ujungnya kita bisa menawarkan jasa yang kita punya.
      semoga membantu 🙂

  21. Erfano Nalakiano

    December 8, 2011 at 16:01

    tulisan yang mantaap, jadi tambah banyak belajar tentang social media. Kalau socmed bagiku untuk personal branding…. 😀 Tapi pengen buat usaha juga 😀

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 19:37

      hola erfano, personal branding, keren tuh 🙂 dah banyak contohnya: justin bieber,sinta jojo, kamaru, dll. mereka awalnya dari social media (youtube) dan boom! mereka langsung terkenal, hanya saya apakah mereka akan bersinar lama? atau hanya sebentar seperti meteor 🙂 prinsip yang kuat adalah yang bertahan hidup bisa diaplikasikan disini 🙂

  22. masfajar

    December 8, 2011 at 16:11

    ini marketing 2.0 ya kang? marketing lewat sosial media…

    memang tidak hanya kemasannya saja yang menarik, marketingnya juga harus menarik 🙂

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 19:39

      ya mas fajar, ini bukan hanya soal kemasan, ini tentang 2.0 🙂
      jika beberapa waktu lalu internet digunakan perusahaan hanya untuk “tampil” yakni sekedar membuat blog, sekarang perusahaan berlomba2 menyapa pelanggannya di social media
      sukses ya

  23. Arya Kumara

    December 8, 2011 at 16:41

    Keren gan artikelnya.
    Memang jaman sekrang sudah bergeser dari sebelumnya, dimana gaya hidup online sudah sangat meningkat pesat seiring dengan berkembangnya sarana berinternet.
    Orang menjadi mulai tertarik untuk berbelanja secara online. Sedangkan di sisi penjual perlu membangun kepercayaan di mata konsumen.
    Dengan sosial media bisa menjadi salah satu cara untuk itu, dan juga lebih menyuarakan tentang kelebihan-kelebihan produk dan promo-promo yang sedang berjalan.

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 19:42

      halo pak arya, benar sekali dengan social media kita bisa berpromosi juga, dan trust merupakan bagian yang sangat penting. jumlah orang yang menjadi fans atau follower kita juga mempengaruhi tingkat kepercayaan orang terhadap produk/jasa kita

      sukses selalu 🙂

  24. andre

    December 8, 2011 at 17:55

    ga sia2 memang pernah tidur sekamar #eh.. ilmu Pak Chandra ini memang dashyat! sukses!

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 19:44

      hm… saya justru beruntung bertemu dengan founder kiosban.com dan kiosonderdil.com katanya sekarang main kebaya juga yah, luar biasa 🙂

      hal yang dahulu kita pikir tidak bisa dijual di social media, ternyata bisa

      sukses ya, terima kasih sudah mampir

  25. Bima

    December 8, 2011 at 19:07

    Artikel yg bagus tp mungkin perlu ditambah(sesuai ilmu gw ja ni di kampus)…Dalam bisnis ada 3 faktor penting ttg produk/jasa dlm pemasaran, yaitu : STP(Segmentasi, Target, Positioning) jd jgn sampai salah STP ketika kita promosi produk yg udh ada/baru ke pihak yg tak sesuai dgn STP tersebut. Lalu dr ilmu perilaku konsumen, ada kajian ttg pemrosesan informasi terdiri dari : a. Pemaparan produk, hal ini menyebabkan trjadi stimulus dlm memori kita. b. Perhatian : bagaimana produk kita dpt menarik perhatian konsumen kita tanpa melakukan promosi serupa dgn produk kompetitor. c. Penerimaan : Bagaimana cara kita berpromosi kpd konsumen agar secepat mungkin dipahami maksudnya oleh konsumen. d. Retensi : proses penerimaan informasi berulang-ulang dlm hal ini terkait pada penetrasi pasar bkn
    market share, cara kita pd retensi ini adalah membuat iklan yang telah jls STP’y yang mungkin bs dilakukan secara “gencatan” ke beberapa FB/twit yg cukup besar/byk pengunjungnya dan kl bisa membuat kata2 yg menarik dan tidak menjatuhkan slh 1 brand hal ini bertujuan utk menciptakan brand awareness sehingga bs membuat konsumen brubah jd pelanggan krn slalu ingat produk kita dlm jngka panjang dimanapun dan kapanpun…semoga bermanfaat

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 19:48

      luar biasa bim komentarnya 🙂 thanks ya
      yap STP penting banget ternyata saya nga ngebahas detailnya di artikel saya 🙂 terima kasih sudah diperkaya 🙂

  26. greatponco

    December 8, 2011 at 19:18

    Wow ulasan yang gamblang dan jelas…. tambah jos aja nih si agan candra… siap dipanggil jadi pembicara soc med nih…. lanjudgan…

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 19:51

      terima kasih gan ponco 🙂 pembicara socmed? saya masih harus banyak berguru sama Dicky Sukmana, Kunto Wiyoga, Mr. @terselubung 🙂

      terima kasih sudah mampir, sukses selalu 🙂

  27. chandraiman

    December 8, 2011 at 19:34

    hallo windi thanks dah mampir, iya sesuai dengan strategi lautan biru, ketika produk kita unik penjualan akan lebih baik tentunya 🙂 sukses yaaa 🙂

  28. Echa

    December 8, 2011 at 20:46

    Keren kang tulisannya..kayaaknya harus aku praktekin nih di btpn 🙂

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 21:01

      hello echa, OMG! strateginya mau dipraktekin di BTPN? 🙂 kerennn

  29. chandraiman

    December 8, 2011 at 21:04

    hai adhit, iya, kebanyakan brand menyangka kita bisa seenaknya berjualan di social media. social media itu tempat orang hang out untuk mencari kesenangan
    strategi hard sell kurang mengena jika dilakukan di social media, bahkan bisa menjadi back fire
    yap, menggunakan profesional untuk mengelola brand/penjualan di social media merupakan pilihan yang bijak 🙂
    silahkan di share, kasih link nya aja:) semoga berguna

  30. freddy

    December 8, 2011 at 21:11

    mantap pak, thanks

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 21:25

      thanks bro freddy 🙂 semoga berguna

  31. Benny

    December 8, 2011 at 21:33

    Gan Chandra, mantap sharingnya, Social Media memang sangat mantap dalam menaikkan traffic. Permintaan Facebook kepada google untuk merubah alghoritmanya ternyata benar2 dilakukan google. Rekomendasi person2person lewat socmed seperti dunia nyata bahasa prancisnya gethok tular ternyata sangat berpengaruh dlm pencarian. Semoga tambah berkah dan tetap semangat dlm berbagi utamanya themes 🙂

    • chandraiman

      December 8, 2011 at 21:53

      hello gan benny, thanks komentarnya, luar biasa yach socmed ini bisa mengubah hati mbah google 🙂

      berbagi themes haha 🙂 saya harus buatkan themes yang mungpuni sepertinya untuk gan benny #kode

  32. sendhy

    December 8, 2011 at 22:16

    Wah manteb tuh tips-tips nya.. Memang memulainya bukan hal yang mudah.. Saya dulu mulainya dari hobi iseng-iseng yang akhirnya bisa berlanjut sampai sekarang.. Dan yang saya ga nyangka, saya bisa dapet banyak teman yang notabene adalah konsumen saya sendiri.

  33. chandraiman

    December 8, 2011 at 22:30

    hello shendy, terima kasih dah mampir, wahh… ternyata ada praktisinya 🙂 menjadikan konsumen sebagai teman, cara yang efektif untuk mendapatkan repeat order, sukses ya usahanya 🙂

  34. pendekar

    December 8, 2011 at 23:24

    last…. jangan kecewakan konsumen.. jadilah seorang marketer online yang dapat di percaya… utamakan customer satisfaction…. siap untuk menerima kritik2 pedas.. dan siap juga harus rugi buat mengganti barang2 retur.. agar konsumen merasa benar2 menjadi raja saat membeli atau menggunakan produk kita.. 😀

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 08:43

      dear bapak pendekar, terima kasih sudah mampir 🙂 iya kepuasan konsumen memang harus sangat diperhatikan, jika konsumen puas dapat dipastikan dia akan kembali lagi, bahkan dia akan memberitahukan ketemannya yang lain, terima kasih komentarnya, sukses selalu

  35. Antonius A Sudana

    December 9, 2011 at 01:45

    Tulisannya lugas, sederhana, dan mengena, lengkap juga dengan link buat newbie kayak Saya.
    Sebenarnya Socmed bukan cuma berguna buat berdagang produk komersial saja, tapi juga bisa digunakan untuk promosi kegiatan sosial di dunia nyata and it works.
    Buat tulisan yang lain lagi bro, bagaimana cara memodifikasi page FB supaya terlihat lebih catchy.
    Good luck and may the power of Success be with you. Great job!

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 08:46

      dear antonius thanks dah berkunjung, iya social media dapat digunakan untuk kegiatan social contohnya: indonesia berbagi, blood for life, indonesia berkebun, gerakan indonesia membaca sastra dan yang lainnya.
      hm… membuat facebook agar terlihat catchy? keren tuh, okay nanti saya coba buatkan tulisannya ya 🙂

  36. Didno

    December 9, 2011 at 06:03

    bagus sekali artikelnya… saya belum bisa menulis seperti ini…salut buat kang Iman

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 08:48

      halo kang didno, tidak bisa membuat tulisan seperti ini? yeee hehe maksudnya kang didno bisa membuat yang lebih bagus khan :p
      terima kasih sudah mampir, semoga artikelnya berguna 🙂

  37. defidi

    December 9, 2011 at 07:01

    tips marketing yang bagus sekali, aq sdh coba jalankan beberapa hal dan memang benar untuk pemasaran di social media, dan ada beberapa tips yang sepertinya harus aku coba lagi, makasih ya kang chandra untuk tipsnya, aku rasa sangat berguna untuk teman2 yang mulai berwirausaha dengan pemasaran menggunakan social media. suskes selalu

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 08:50

      halo bunda desi, terima kasih sudah mampir, ya semoga bisa diaplikasikan untuk ukm dengan sebaik-baiknya, semoga ukm di Indonesia dapat lebih maju lagi. 🙂

  38. Ria

    December 9, 2011 at 07:20

    artikelnya keren Kang Iman.. tips2nya sangat berguna untuk pemula seperti saya.

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 08:52

      halo ria, sekarang sudah nulis berapa buku nih 🙂 social media bisa digunakan untuk branding buku juga lho 🙂 semoga buku-bukunya jadi best seller semua ya 🙂

  39. anastasia

    December 9, 2011 at 07:25

    Wa..gak nyangka koko bisa nulis bagus 🙂 semoga berguna untuk banyak orang ya 🙂 good luck!

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 08:54

      akhirnya dipuji juga sama istri 😉 well thanks sudah mampir ya

  40. Erlina

    December 9, 2011 at 08:50

    Setuju Chan…..sekarang bisnis memang udah beralih menggunakan social media karena lebih cepat dan efektif, bahkan untuk proses rekrutmen karyawan pun sudah menggunakan social media.. Sipp Chan…. 🙂

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 08:58

      dear erlina, yap di luar negeri perusahaan menggunakan social media untuk mengecek calon karyawannya, surat lamaran bisa bohong, tetapi social media tidak 🙂
      salah satu social media yang banyak digunakan untuk rekrutmen adalah linkedin.com
      thanks dah mampir ya 🙂

  41. beoding

    December 9, 2011 at 09:46

    yes, tapi yang terpenting adalah membangun konsisitensi dan engagment dengan follower di social media itu. Kita juga tak bisa hard selling di social media,

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 15:53

      hello be oding 🙂 yap setuju kalo hard selling justru orang akan antipati dengan produk/jasa kita, terima kasih sudah mampir 🙂

  42. Cicillia

    December 9, 2011 at 09:58

    Tipsnya benar banget, setuju!!! Keep up the good work, keep on writing

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 15:54

      Thanks cicillia sukses juga ya, semoga artikelnya berguna

  43. Predi

    December 9, 2011 at 10:58

    informasi yang sangat berkualitas dan berguna dalam pengembangan bisnis di internet,,, oke bro ditunggu artikela lainnya 🙂

    good job ^_^

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 15:55

      Bung predi terima kasih sudah mampir 🙂 semoga artikelnya berguna, jangan lupa si sharing untuk teman2 di riau ya 🙂

  44. INSIUH

    December 9, 2011 at 12:41

    Tips yg sangat menarik dan patut dicoba buat lebih mencapai target,mdh2an sangat berguna bagi semua orang baik pemula maupun yang sudah terjun lgsd dunia marketing,GBU always Bp. Chandra

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 15:56

      terima kasih pak insiuh, semoga berguna

  45. ivan

    December 9, 2011 at 12:56

    mantaps kang…boleh lah ni strateginya di share ke tim socmed kita dikantor…
    ditunggu kunjungannya di mastermind..
    thanks kang,

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 15:56

      iya nih beberapa waktu ini sibuk terus, mangga diatur waktunya kang, terima kasih sudah mampir 🙂

  46. Ega

    December 9, 2011 at 14:36

    waaaa kaka,,bagus artikelnya :-)tips2nya oke banget ka…Makasih ya…^^

    • chandraiman

      December 9, 2011 at 15:57

      Ah ega, makasih ya 🙂 semoga berguna

  47. chandraiman

    December 9, 2011 at 15:52

    wiii socmed b2b lom ada yang bahas ya 🙂 nanti soba saya pelajari dulu ya, thanks dah mampir mastah zakyi 🙂

  48. Lili

    December 9, 2011 at 16:46

    Great artikelnya! Saya suka hasil survey + tips2nya! maju terus pak Chandra

    • chandraiman

      December 11, 2011 at 00:10

      Terima kasih ibu lili atas komentarnya sukses juga ya 🙂

  49. asepsaiba

    December 9, 2011 at 17:25

    Jangan lupa iringi dengan doa… Pasti lebih berkah…. 🙂

    • chandraiman

      December 11, 2011 at 00:11

      terima kasih kang asep sudah diingatkan 🙂 sukses selalu

  50. Eka Rahayu

    December 9, 2011 at 21:12

    wow.. bravooo.. thank you y tipsnya.. menginspirasi sekali,trima ksh sdh sharing.. smoga bisa mengikuti tahap2nya,krn balik lg ke konsumen tsb.. macem2 soalnya tipe2nya.. hehehhehehhehe

    • chandraiman

      December 11, 2011 at 00:13

      hello eka thanks dah mampir, wah terakhir bikin online shop ya, gimana? makin maju pastinya 🙂

  51. taufan

    December 10, 2011 at 08:57

    Terima kasih atas tips dan triknya Bong Chandra 🙂
    Definitely applicable dan akan saya lakukan di brand saya yang sekarang juga.

    • chandraiman

      December 11, 2011 at 00:14

      oh no no @bongchandra itu mentor saya 🙂 kalo saya sering dipanggil chandra bong alias chandra bongsor, thanks udah mampir ya 🙂

  52. MT

    December 10, 2011 at 11:11

    tulisan yang aktual dan sangat diperlukan bagi netizen saat ini. Sepertinya harus dipresentasikan di forum social media yang akan digelar blogor nanti. siap jadi pembicara ya!

    • chandraiman

      December 11, 2011 at 00:21

      terima kasih kang MT, demi BLOGOR (blogger Bogor)? Saya siyap!!

  53. chandraiman

    December 11, 2011 at 00:12

    terima kasih kang adit, sukses ya dengan usahanya 🙂

  54. Juwandy

    December 11, 2011 at 10:21

    weh nice tips nih, bagus untuk pemula yg mau bisnis 🙂

    • chandraiman

      December 11, 2011 at 12:27

      terima kasih juwandy, sukses selalu ya 🙂

  55. matrisoni

    December 11, 2011 at 11:55

    Thanks Kang Iman atas tipsnya …sangat luar biasa, sangat bermanfaat, and segera dipraktekkan,lagi nyusun produck pembelajaran matematika, namanya “Miracle Math”..mohon bantuan publish nanti ya….salam sukses …

    • chandraiman

      December 11, 2011 at 12:52

      Halo Pak Soni, terima kasih sudah berkunjung, wow produknya menarik, siap pak nanti saya bantu publish 🙂

  56. anjari

    December 11, 2011 at 13:30

    postingan keren mas. bagi saya media sosial digunakan utk media berinteraksi dg sekitar.
    sukses ya mas.

  57. raiyani

    December 11, 2011 at 21:58

    ya benar sekali, dari tahun ke tahun social emdia menjadi ajang promosi bisnis, pertemanan dan jalinan komunikasi yangs angat efektif, semua bsia ditampilkan dari berbagai sudut, dengan bahasa santai, serius maupun keduanya, hanya saja masing2 pribadi harus tetap menjaga diri dalam perkataannya, dan juga sikap diri dalam memeberi tanggapan2 serta uraian2 terhadap prduk atau jasa yang akan ia sampaikan, terkadang org lupa akan citra diri juga berpengaruh terhadap usaha promosi di social media, tampilkan seluruh potensi positif, dan saling sapa, menjalin hubungan baik lebih penting drpd mencari2 kesalahan orang lain, apalagi berbicara politik yang bisa jadi tdk ada kaitannya dg promosi yang sedang kita usahakan

    • chandraiman

      December 12, 2011 at 08:27

      Terima kasih sudah mampir teh raiyani, wah terima kasih masukannya 🙂 iya teh sebagai pengguna social media harus menjaga citra dirinya 🙂 sukses ya teh dengan pelatihan fotografinya

  58. iksan

    December 11, 2011 at 22:18

    thanks tipsnya pak,,,,bagus banget tipsnya terutama buat pemula yang lagi ngejalanin bisnis,,,

    • chandraiman

      December 12, 2011 at 08:28

      terima kasih komentarnya san 🙂 tetap semangat berbisnis ya, gunakan social media untuk creating new business, sukses selalu

  59. mang jazi

    December 12, 2011 at 05:56

    Saya termasuk orang yang aktif di sosial media, tapi belum memanfaatkanya untuk bisnis saya, setelah membaca artikel ini saya mulai tergugah dan akan mencoba memanfaatkan sosial media untuk bisnis kecil saya…

    • chandraiman

      December 12, 2011 at 08:29

      iya mang jazi, harus digunakan secara maksimal 🙂 terima kasih sudah mampir, sukses selalu ya 🙂

  60. chandraiman

    December 12, 2011 at 08:17

    terima kasih pak anjari sudah mampir, sosial media sebagai media interaksi? ya bener banget, seandainya kita sudah menggunakan produk/jasa dan ternyata produk/jasa itu bagus banget kita dengan sukarela menaruhnya di facebook dan twitter khan 🙂 dengan negitu ujung2 nya brand awareness dan penjualan 🙂

    • Jasa SEO

      February 13, 2015 at 19:23

      bermanfaat sekali trimakasih

  61. Lucas

    December 12, 2011 at 16:18

    Thx ya; sekaligus mengingatkan hehehe

  62. Maria Goretti Galuh

    December 12, 2011 at 19:21

    wah, jd kepikiran untuk buat social media untuk produk kami.
    ga sulit klo dah dipraktekin mah..
    terima kasih ilmu ‘hitam’ nya..
    🙂

    • chandraiman

      December 13, 2011 at 07:52

      widih, ilmu hitam, saya dukun dong 🙂 ayo di praktekan… produknya apa nih?

  63. chandraiman

    December 13, 2011 at 07:51

    hello bro yokvi, semoga tips nya berguna 🙂

  64. Awam

    December 14, 2011 at 11:37

    Tulisannya bagus, nih, ringkas dan mudah dipahami oleh orang awam, he he he. (Maaf nih, saya jarang online).

    • chandraiman

      December 14, 2011 at 23:44

      thanks sudah mampir kang awam 🙂 semoga membantu 🙂

  65. falla

    December 14, 2011 at 15:00

    selama ini aku udah coba praktik untuk jualan di socmed.
    heheh tapi masih belum sepenuhnya berhasil karna kurang info. so harus cari banyak” referensi lagi.
    thx bro ilmunya.

    • chandraiman

      December 14, 2011 at 23:44

      semoga membantu ya fal 🙂 kalo ada yang perlu ditanyakan jangan sungkan kontak2 🙂

  66. Santi

    December 16, 2011 at 08:01

    Artikelnya sangat membantu, terutama bagi yang ingin berjualan dengan memanfaatkan social media.

    • chandraiman

      December 16, 2011 at 11:21

      thanks santi 🙂 semoga artikelnya berguna ya

  67. rizka

    December 16, 2011 at 15:50

    Bagusss pak

  68. Haidhar

    December 17, 2011 at 21:31

    Wuih mantep bro, emg dosen berkualitas.. mencari target konsumen dengan facebook adverts, great idea! keep me posted on your lecture ok!

    • chandraiman

      December 18, 2011 at 23:23

      thanks dah mampir haidar, semoga tips nya bermanfaat 🙂 ya nanti kalo ada postingan lain akan saya infokan 🙂

  69. Bugi Sumirat

    December 19, 2011 at 09:17

    Artikel seperti ini penting dan bermanfaat untuk lebih memotivasi potensi enterpreneurship mereka yang sudah ‘bergaul’ dengan social media secara intens … 😉

    • chandraiman

      December 19, 2011 at 09:21

      Terima kasih pak Bugi sudah mampir 🙂 semoga artikelnya berguna, sukses selalu

  70. Dasa

    December 19, 2011 at 09:19

    Siap laksanakan. Makasih ya, ilmu yang bermanfaat.

    • chandraiman

      December 19, 2011 at 09:22

      Terima kasih Dasa 🙂 semoga berguna

  71. anne

    December 19, 2011 at 10:48

    Thanks ya chand…… artikelnya bagus…. jadi nambah wawasan buat teman2 yang buka bisnis. Setiap ilmu itu bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih atas ilmu yang sudah di berikan…. GBU

    • chandraiman

      December 19, 2011 at 19:30

      hallo anne, thanks dah mampir 🙂 semoga ilmunya berguna ya, sukses selalu untuk bisnis2 nya 🙂 GBU2

  72. Kenny_Von_Linne

    December 19, 2011 at 13:10

    Jitu banget nih triknya.. Dengan memakai “Metode Ilmiah” hanya dengan sejumlah aplikasi yang telah disediakan oleh Social Network itu sendiri kita bisa berjualan.. apalagi ditambah trik2 dari Om Chandra.. pasti ampuh deh..
    -Sekian-

    Ketua ANBU Naruto Thread Kaskus,

    Alfonso Kenny (ID KASKUS: Kennyemangkeren)

    • chandraiman

      December 19, 2011 at 19:34

      Thanks Kenny, waduh ketua ANBU ya hehe jadi ngeri nih kalo kenny pake topeng 🙂

      fyi, kenny datang saat saya mengadakan seminar di Gramedia Ekalokasari Bogor (Januari 2010), saat itu dia kelas 6 SD tetapi bisa berjualan kue kering buatan mama nya dengan social media (kaskus)

      sudah tak terasa 1 tahun nga ketemu ya ken 🙂

      Mau di share di kaskus, wow keren, terima kasih, jangan lupa cantumkan sumbernya ya 🙂

  73. Kenny_Von_Linne

    December 19, 2011 at 13:33

    Widih mantep om.. Saya jadikan Thread di Kaskus ya om.. Soalnya Berguna Sangat nih om 😀

  74. PEMBICARA Internet Marketing

    December 19, 2011 at 15:30

    Tulisan yang sangat inspiratif dan langsung to the point, silahkan dipraktekan. Semoga selalu dilancarkan dan dimudahkan semuanya, AAMIIN …

    Sukses selalu buat Mas Candra.

    • chandraiman

      December 19, 2011 at 19:36

      Terima kasih pak Agus sudah mampir 🙂 kapan2 kalo ada seminar di Jabodetabek mohon diinfokan ya pak 🙂 semoga artikelnya berguna 🙂

  75. akur

    December 19, 2011 at 16:07

    Thanks info nya Chan!
    Sangat membuka wawasan buat pemula spt akiuuu….

    • chandraiman

      December 19, 2011 at 19:36

      Halo Akurrr 🙂 ya semoga berguna ya artikelnya 🙂

  76. Damiana

    December 19, 2011 at 18:04

    Bagus banget strategi pemasaran seperti ini, setidaknya antara barang yang akan dijual dan penjual diharapkan sama-sama berkualitas dan sama-sama dapat dipercaya. Karena dalam hidup ini yang utama memang tampikan kualitas untuk akhirnya akan memperoleh kepercayaan. selanjutnya konsumen yang telah menikmati kualitas barang dan pelayanan yang cerdas dari penjual dengan perencanaan yang mantap itu menjadi gaung yang tak akan pernah berhenti, dan kualitas itu yang akan bicara dengan sendirinya. Analisa atau evaluasi juga sebagai kontrol sewaktu-waktu dapat dimotivasi kembali atau ditinjau kembali dimana letak kelemahan atau kesalahan pelaksanaan pemasaran itu. Kalau perlu berilah bonus atau hadiah baik bagi pembeli dalam jumlah banyak dan juga penjual yang mampu menjual melebihi target.

    Sukses dan majulah terus bagi bisnisman . . .semangat dan GBU.

    • chandraiman

      December 19, 2011 at 19:41

      Halo Bu Damiana (guru Biologi saya sewaktu SMA) terima kasih sudah mampir ya bu dami 🙂

      Iya bu, idealnya penjualan dilakukan secara terus menerus/berkelanjutan, oleh karena itu produk/jasanya harus berkualitas, kepercayaan antara kedua belah pihak juga suatu keharusan

      Terima kasih untuk masukan tentang bonusnya 🙂 sebuah perhatian kecil bisa sangat berharga

      salam untuk keluarga ya bu, GBU

  77. Tri fatmawati

    December 19, 2011 at 18:11

    bagus pak, sangat berguna..

    • chandraiman

      December 19, 2011 at 19:42

      Terima kasih yah tri 🙂 apakah sudah diterapkan 😉

  78. Helmi Tomecka

    December 19, 2011 at 19:00

    Bravo Chandra !Sangat membantu & bermanfaat.Makasih buat saran2 nya. Sukses selalu buat kamu !

    • chandraiman

      December 19, 2011 at 19:44

      Waaaah kedatangan tamu dari Austria, helo Helmi thanks dah mampir artikelnya bermanfaat, semoga makin sukses, salam untuk Tom 🙂

  79. hanishoots

    December 19, 2011 at 21:18

    wahhh..ko bisa pas bgt niy mas chan…hee…bermanfaat sekali niy.ada beberapa yg belum saya lakukan..dan insy.saya terus belajar ya mas.masih hijau di bidang ini. tapi selalu ingin memberikan yg terbaik..dan semaksimal mungkin.pastinya meng Update terus 😉

    terimaksih sharingnya mas…sukses selalu u mas chan ya..salam

    • chandraiman

      December 20, 2011 at 14:11

      hai hani, thanks dah mampir, wah sekarang usaha batik ya 🙂 keren2 tuh jadi pengen belanja juga 🙂
      han untuk toko online di facebook kamu bisa coba aplikasi buatan temenku: http://mysellr.com/id/
      Good luck ya, sukses selalu 🙂

  80. dwi

    December 20, 2011 at 08:00

    INSPIRATIF…dengan demikian…budget promosi menjadi lebih efektive…low cost, high impact..mantapp bosss..

    • chandraiman

      December 20, 2011 at 14:12

      Bro Dwi thanks dah berkunjung, semoga artikelnya berguna 🙂 ya, low cost high impact 🙂 setuju

  81. funglina hendra

    December 20, 2011 at 12:03

    artikel yang menarik, pak Chandra.. bukunya sudah terbit ya..hebat!, sukses selalu buat pak Chandra.

    • chandraiman

      December 20, 2011 at 14:13

      Ibu Fung terima kasih dah mampir 🙂 iya buku saya yang ke-2 baru terbit sukses juga ya dengan penjualan rumahnya 🙂

  82. Erna Fatmawati

    December 20, 2011 at 15:55

    wow….exellent…. udah sukses yah sekarang… udah jadi motivator nih… sukses selalu yah chan…Thank’s infonya… jadi terinspirasi u/ buka usaha…

  83. Lenny Han

    December 21, 2011 at 00:46

    wuaaahh,,,thanks sudah menambah wawasan mengenai dunia marketing kami bro Chan… 😉

  84. chandraiman

    December 21, 2011 at 23:54

    Thanks pak Yohanes, semoga bermanfaat 🙂

  85. dahlia

    December 26, 2011 at 11:58

    Mantappp Bro!!! Sukses ya 😉

  86. anto malangbaguscom

    July 19, 2013 at 08:13

    Social Media Marketing itu sangat luar biasa bukan hanya bisa menghemat biaya marketing & promosi yang cukup besar, namun juga bisa meningkatkan Profit penjualan yang besar, soal angka relatif bisa 10x hingga 20xlipat.

    Hal ini karena kommunikasi & influence yang dibangun dengan tepat.
    prinsipnya kalau berdasarkan pengalaman saya dalam memberikan sesi training & mentoring
    1. Mendengarkan 2. Terlibat komunikasi 3. Publish 4. Mengukur
    Prinsip 80% efek dari 20% sebab , 20% kegiatan di social media bisa mendatangkan 80% ROI.

    Namun kegiatan Marketing di social media juga cukup melelahkan bahkan terkesan menyita waktu kalau tidak mengetahui cara tepat, sebab sekarang ini social media di indonesia sering berisi kontent yang cenderung spammy.

    Butuh sebuah strategi yang disesuikan dengan produk serta sasaran perusahaan

    salam Dobrak 🙂

  87. Tenri

    July 20, 2013 at 21:55

    Tidak semua orang bisa suskes memlakukan marketing melalui sosial media termasuk saya. Walau sudah mempelajarinya tapi toh sampai sekarang belum ketemu cara yang paling tepat. Kalau diberbagai forum sering kita baca keberhasilan dalam melakukan pemasaran melalui sosial media. Bai saya butuh keahlian khusus dan kesabaran tentunya. Salam kenal mas

  88. wartawirausaha

    July 22, 2013 at 21:15

    makasih sharing ilmunya pak,
    kebetulan kami baru belajar online marketing jadi tipsnya berguna 🙂

    salam kenal dari team wartawirausaha.com 🙂

  89. Miftah Nashir

    March 28, 2014 at 10:23

    selama ini saya membangun jaringan di social media hanya berfokus pada konten saja dan memperhatikan poin 7.. thanks banget atas artikel, jadi dpat pencerahan…

  90. Jeunesse Indonesia

    August 21, 2014 at 11:11

    Tips ini sudah ditayangkan 5 Desember 2011, tapi kayaknya koq masih sangat relevan dengan kondisi sekarang ini ya pak Chandra Iman. Terimakasih sudah berbagi pengetahuan yang sangat bermanfaat ini

  91. budi FM

    October 21, 2014 at 14:34

    artikelnya jadi inspirasi

  92. Faizal Garda Oto

    December 30, 2014 at 06:57

    Sangat inspiratif dan membantu pak. Sukses selalu…

  93. Bowo

    January 3, 2015 at 10:01

    Tulisannya Inspiring sekali Pa Chandra (y)

  94. Jasa Company Profile

    February 9, 2015 at 11:08

    waah 9 tips nya membantu banget, trimakasih ..

  95. Garskin Laptop

    February 13, 2015 at 19:25

    bermanfaat sekali trimakasih

  96. Rakit

    February 17, 2015 at 09:02

    saya berjualan melalui social media cukup lama dan memang sosmed memberikan dampak yang luar biasa terhadap cara belanja

  97. Borobudur Cinema

    March 19, 2015 at 21:28

    Iini Baru Artikel yang sangat membantu sekali

  98. Artikel nya sangat menginspirasi dan sangat bermanfaat, pemanfaatan social media untuk penjualan tidak hanya dipakai oleh UKM, tetapi perusahaan besar pun sudah memanfaatkannya. Terima kasih

  99. Don Virtus

    May 5, 2015 at 01:35

    Juoooss… info yg menarik. Kalau dari pengalaman saya menggunakan media sosial untuk memasarkan peralatan dan perlengkapan latihan beladiri berbahan kayu… saya menjual sebagai teman. Saya pasang foto-foto dan status di facebook saja. Tapi lebih sering saya berkomentar di forum-forum beladiri dan memperbanyak teman-teman pecinta beladiri melalui facebook.

    Saya berkomunikasi dengan mereka semua melalui chating via FB. Sebagai tambahan informasi… bahkan saya hampir tidak pernah menawarkan produk-produk saya pada saat chatting. Saya fokus pada pertemanan. Namun saya tetap menjaga kualitas produk-produk saya. hehehehe…

    Btw… tips-tips di atas bisa menjadi tambahan berguna buat saya. Thx brother Chandraiman. (y)

  100. cici wijayanti

    August 26, 2015 at 23:34

    saya agak bingung pak, harus pakai Medsos yang mana, karena ada beberapa teman yang menyarankan pakai medsos facebook aja, tapi ada teman yan menyaranin pakai twitter , ada yang recom google+, ada yang nyaranin menggunakan line dan instragram. Ada Solusi pak ??

  101. ratna jaket anak lucu

    September 5, 2015 at 12:21

    Terimakasih share nya . Saya menunggu tulisan tentang optimasi Google plus. Mungkin lain waktu bisa diulas. Tks

  102. vmenplus asli

    September 22, 2015 at 21:33

    wah sangat mantab tipsnya 🙂

  103. vmen

    January 8, 2016 at 17:08

    that right,artikelnya sangat bangus.yang pasti bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top