Aaron Tak Kapok Meski Berkali – kali Rugi

Marketing.co.id – Berita UMKM | Bukan hal yang mudah bagi seorang lulusan SMA bisa mengantongi gaji 10 kali  UMR. Apalagi bagi seorang seperti Aaron yang lahir dari keluarga yang sederhana. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi diri Aaron dan keluarganya. Tapi setelah sekian tahun menggeluti dunia perkantoran dengan jam kerja 7-16 (kerja mulai pukul 7 pagi – pukul 6 sore) membuat Aaron jenuh.

Tahun 2012 Aaron meninggalkan kehidupan 7-16 untuk merasakan kebebasan waktu serta finansial dengan menekuni bisnis online. Namun hal tersebut ternyata tidak sesuai harapan. Bayangan tentang kerja sesuka hati dan uang yang mengalir dengan sendirinya tidak benar-benar terjadi.

Setahun setelah menjalankan bisnis online, Aaron merasakan kerugian pertamanya  hingga Rp50 juta dan terlilit hutang. “Nyerah? Sudah pasti. Butuh waktu 1 tahun untuk bangkit dan mulai menata ulang karir saya dalam dunia bisnis,” kenang pria kelahirjan Jakarta, 15 Desember 1990 ini.

Mulai frustasi dengan keadaannya, ia mulai mencari tahu dan belajar dari forum-forum bisnis online, sampai akhirnya ia menemukan Rico Huang yang saat itu masih berumur 20 tahun dan sudah berhasil memiliki bisnis online yang sukses. Dari Rico, Aaron belajar mengenai platform beriklan yang saat itu sedang ramai, yaitu Facebook Advertising, Aaron langsung mempraktekkannya dalam bisnisnya.

Baca juga: 2 Kode Etik Periklanan Yang Sering Dilanggar

Turning Point

Tahun 2015, Aaron mencoba mulai memasarkan produk menggunakan Facebook Ads. Dalam waktu kurang dari satu bulan, lagi-lagi Aaron mengalami naas. Dia merugi  hingga Rp 30 juta.

Bukannya kapok, ia justru terus mencoba dan mencoba dengan mengubah teknik beriklannya. Menurut ayah satu orang anak ini, tidak ada yang tidak mungkin, semua bisa sukses dengan caranya, tinggal proses menemukan celahnya saja.

Setelah melakukan trial error cukup lama, akhirnya membawanya meraup keuntungan Rp100 juta pertamanya dari hasil beriklan menjual produk dari DropshipAja.com milik Rico Huang. “Perlahan-lahan bisnis online yang saya  jalankan mulai kembali stabil.”

Aaron, Co-Founder PT. Alona Indonesia
Aaron, Co-Founder PT. Alona Indonesia

Di Akhir tahun 2015, setelah Rico melihat kemampuan Aaron dalam menjalankan iklan di Facebook Ads, hingga mengajaknya untuk menjadi partner mengembangkan perusahaannya.

Mengkombinasikan ilmu bisnis yang dimiliki Rico dan ilmu marketing dan periklanan yang dimiliki Aaron, berdirilah PT. Alona Indonesia Raya yang bergerak di bidang Digital Marketing. Tidak pernah memimpikan bisa membangun perusahaan dengan salah satu orang yang jadi panutannya, Aaron mengatakan, “Saya sih nggak percaya dengan yang namanya kebetulan. Tapi harus selalu siap untuk setiap kemungkinan yang datang.”

Pencapaian terbesar yang diraih menjalankan perusahaan, dalam waktu 20 hari, Aaron dapat merekrut 25 ribu reseller DropshipAja dan menaikkan omset perusahaan hingga 10 kali lipat.

Tidak dalam waktu singkat, Aaron dan Rico sama-sama membangun Perusahaan hingga mulai stabil. Perlahan-lahan, menciptakan tim  yang solid untuk membantunya membangun perusahaan.

Tidak Ada Kata untuk Berhenti Belajar

Walaupun dunia Digital Marketing sudah ia kuasai, rasa hausnya untuk terus mencoba menggali lebih dalam tetap sama seperti awal. Ia tidak segan-segan “mengosongkan sedikit gelasnya” untuk ilmu baru dari siapapun.

“Saya hanya ingin mengingatkan Anda untuk selalu coachable. Itu adalah bumbu dapur rahasia untuk stay success. Bukan sebentar success, sebentar bangkrut,” tuturnya.

Baca juga: Lengkap! 3 Manfaat Mentor Bisnis dan Cara Mendapatkannya

Selain menjadi Co-Founder PT. Alona Indonesia, Aaron juga aktif membagikan ilmunya sebagai mentor dalam kelas maupun ecourse milik Alona. Dia juga menuangkan ilmunya ke dalam buku berjudul “Jago Jualan Di Instagram 2.0”,  yang ia tulis bersama partnernya, Rico Huang.

Tidak hanya itu, banyak platform yang ia gunakan untuk menyebarkan ilmunya dalam bentuk video, tulisan dan podcast melalui Youtube, Instagram, Facebook, Spotify, iTunes dan Podsbean miliknya yang bisa anda akses secara gratis.

Lelaki yang hobi bermain golf ini terus melebarkan sayapnya. Saat ini ia sedang membangun Platform website yang user friendly untuk para pebisnis yang ingin membangun websitenya sendiri bernama, Funnelspro.id.

“Platform website ini bukan yang pertama di Indonesia, namun sampai saat ini sudah ada ratusan pebisnis yang menggunakan Funnelspro.id untuk  membangun websitenya sendiri,” pungkasnya.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.