ABB Dukung Shell Indonesia Hadirkan Solusi Pengisian Daya Kendaraan Listrik

0
1054
Pengisian daya kendaraan listrik Shell Recharge

Pengisian daya kendaraan listrik Shell RechargeMarketing.co.id – Berita Otomotif | Sebagai upaya mendukung Shell Indonesia dalam menghadirkan solusi pengisian daya kendaraan bermotor listrik, ABB meluncurkan unit pengisian daya cepat (fast charging) Terra 54 DC (arus searah) 50kW dengan kemampuan pengisian daya 0 sampai 80% hanya dalam waktu 20-30 menit.

Unit pengisian daya ini memenuhi standar seluruh kendaraaan listrik dan dapat beroperasi secara optimal di lokasi stasiun pengisian bahan bakar berbasis fosil.

Melalui layanan terintegrasi ABB Ability™, platform solusi digital dari ABB, unit pengisian daya tersebut terhubung langsung dengan kantor layanan ABB, platform pembayaran atau sistem jaringan pintar yang sekaligus mampu memantau status unit pengisian daya, diagnosa jarak jauh, dan didukung dengan perangkat lunak yang berfungsi memperbaiki dan meminimalisir gangguan serta memangkas biaya.

Jorge Aguinaga, Head of Electrification ABB Indonesia mengatakan, Indonesia sedang mengawali perjalanan elektrifikasi armada kendaraan dalam skala besar. Dalam rangka mewujudkan hal itu, diperlukan dukungan dan kerja sama dari berbagai pemangku kepentingan, dan ABB bangga dapat turut mengambil bagian dari upaya tersebut.

“Kami menyambut baik kolaborasi dengan Shell untuk membangun infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik yang diperlukan dalam mendorong pertumbuhan kendaraan bermotor listrik,” ujarnya.

Sebagai salah satu perusahaan penyedia energi terbesar di dunia, Shell berkomitmen menghadirkan lebih banyak solusi energi yang lebih bersih secara global, termasuk di Indonesia. Hal ini diperkuat dengan komitmen perusahaan untuk mendukung mobilitas rendah emisi melalui penyediaan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik.

Ingrid Siburian, Deputy Director dan Vice President Network Shell Mobility Indonesia mengatakan, “Pembangunan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik Shell Recharge di lokasi SPBU Shell Pluit (Jakarta Utara), Antasari (Jakarta Selatan) dan Jagorawi (Bogor) merupakan wujud nyata komitmen perusahaan dalam mendukung agenda transisi energi pemerintah.

“Kami percaya fasilitas pengisian daya yang tersedia di SPBU Shell akan mampu memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan akan mobilitas rendah emisi. Kami menyambut baik peluang untuk menghadirkan lebih banyak instalasi pengisian daya kendaraan listrik dalam jangka waktu dekat melalui kolaborasi dengan mitra-mitra strategis kami. Hal ini sejalan dengan strategi ‘Powering Progress’ Shell yang dicanangkan secara global untuk mempercepat transisi perusahaan menuju bisnis energi dengan emisi nol bersih di tahun 2050, seiring perkembangan pasar dan tren masyarakat,” katanya.

Untuk menggunakan fasilitas Shell Recharge, pelanggan dapat membeli paket Recharge untuk mendapatkan kopi serta makanan ringan dengan harga khusus senilai Rp85.000 di Shell Select deli2go. Dengan pembelian paket Recharge, pelanggan dapat melakukan pengisian daya kendaraan listrik selama 30 menit tanpa dikenakan biaya tambahan.

Sebagai salah satu negara dengan tingkat perekonomian terbesar di Asia Tenggara, Indonesia mencatat penjualan mobil lebih dari 1 juta unit per tahun. Pemerintah menargetkan kendaraan listrik mencapai 20% dari total penjualan kendaraan domestik pada 2050, sebagai upaya mengurangi ketergantungan negara pada impor bahan bakar fosil dan memperbesar peluang untuk mengoptimalkan sumber daya nikel yang berlimpah, sebagai bahan utama pembuatan baterai lithium-ion.

Pada 2019, Presiden Joko Widodo menandatangani peraturan presiden (Perpres) No.55/2019 tentang program kendaraan listrik berbasis baterai untuk sektor transportasi darat. Peraturan tersebut bertujuan mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia serta menegaskan komitmen Pemerintah untuk merealisasikan ambisinya menjadi pemimpin pasar produsen kendaraan listrik.

Masuk ke dalam pasar e-mobility pada tahun 2010, ABB menawarkan serangkaian solusi pengisian daya dan elektrifikasi kendaraan listrik. Hingga saat ini ABB menjual lebih dari 460.000 unit pengisi daya kendaraan listrik di 88 pasar di dunia; lebih dari 21.000 pengisi daya cepat arus searah (DC) dan 440.000 pengisi daya arus bolak-balik (AC), termasuk yang telah terjual melalui Chargedot.

Komitmen ABB untuk menggerakan kiprah e-mobility pun dibuktikan melalui kerja sama dengan FIA Formula E World Championship. Untuk musim ke-9 periode 2022-2023, ABB secara resmi menjadi penyedia unit pengisian daya kendaraan listrik untuk kejuaraan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.