Marketing.co.id – Berita Financial Services | Integrasi data keuangan pelanggan memiliki berbagai manfaat, baik bagi pengguna maupun penyedia layanan finansial. Terlebih, saat ini pola integrasi antara bank dan tekfin terus dikembangkan untuk menjangkau nasabah yang tidak memiliki akses langsung ke industri keuangan.
Bagi perusahaan, dengan adanya integrasi data keuangan pelanggan yang tersedia pada satu dasbor khusus akan memudahkan untuk mendapatkan gambaran akun pengguna yang berbeda. Dengan begitu, perusahaan dapat menyediakan layanan keuangan yang optimal bagi pelanggan mereka.
Manfaat integrasi data sebagai informasi kesehatan finansial pengguna
Dengan menyediakan informasi tentang kesehatan keuangan pengguna, perusahaan dapat menyediakan layanan yang dipersonalisasi pada platform mereka. Telebih, data yang ada dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan sehingga dapat mempengaruhi pengalaman pengguna.
Integrasi data pelanggan dapat memberikan gambaran terkait kemampuan konsumen yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk mengakses dan memberikan layanan keuangan lebih baik. Selain itu, kegunaan informasi tersebut dapat membantu perusahaan dalam menilai risiko kredit calon pengguna dan mengukur kemampuan mereka untuk membayar.
Sehingga pada prosesnya, skor kredit akan lebih akurat dan menghindari dampak negatif pada perusahaan peminjam (pengaturan default yang lebih tinggi) serta konsumen itu sendiri (pemberlakuan suku bunga tinggi).
Finantier menyediakan layanan integrasi data keuangan pelanggan melalui API Account Aggregation
Melihat permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan penyedia layanan keuangan terkait sulitnya mengintegrasikan informasi data keuangan pelanggan, Finantier selaku penyedia layanan API Open Finance menawarkan solusi melalui produknya yakni Account Aggregation. Melalui API Account Aggregation Finantier, perusahaan dapat membangun pipelines yang terhubung ke berbagai platform penyedia layanan keuangan. Dengan begitu, perusahaan dapat memahami pengguna mereka dengan lebih baik dan menyediakan layanan keuangan yang lebih terpersonalisasi bagi pelanggannya.
API Account Aggregation telah terkoneksi ke berbagai mitra mulai dari telco hingga platform keuangan digital, sehingga dapat memberi perusahaan gambaran mendalam tentang situasi keuangan pengguna. Hal ini turut membantu baik perusahaan maupun konsumennya, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih rinci tentang kesehatan keuangan mereka dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data real-time.
Kegunaan Account Aggregation bagi perusahaan dan pelanggan
Layanan Account Aggregation bisa menyajikan customer insight yang bermanfaat dengan cara mempelajari tren transaksi keuangan yang dilakukan pengguna dengan memanfaatkan teknologi pintar seperti Machine Learning. Selain itu, layanan Account Aggregation juga dapat meminimalkan risiko pemalsuan dokumen, karena setiap data yang dimasukkan terverifikasi secara langsung oleh sistem bank atau layanan finansial terkait.
Bagi pengguna, layanan ini dapat memudahkan mereka untuk memperoleh profil finansialnya tanpa harus pergi ke bank dan melakukan pemenuhan administrasi yang merepotkan. Tentunya hal tersebut dapat menghemat waktu serta mempercepat proses pemberian layanan keuangan.
Skenario pemanfaatan Account Aggregation pada layanan keuangan
Account Aggregation bisa diterapkan di berbagai macam produk finansial. Misalnya, layanan keuangan personal yang bentuknya pencatatan arus kas yang dimiliki pengguna. Dengan Account Aggregation, pengembang aplikasi dapat menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan akun bank atau dompet digital yang dimiliki, sehingga ketika ada pemasukan atau pengeluaran akan tercatatkan secara otomatis — pengguna tidak perlu memasukkan manual lagi.
Skenario lainnya yakni pada layanan fintech lending. Dengan memiliki profil finansial pengguna, layanan fintech lending akan dapat terbantu untuk memberikan penilaian kredit yang lebih adil. Dari sisi konsumen, mereka juga dimudahkan dalam menunjukkan kemampuan bayar yang sebenarnya, sehingga cara-cara manual seperti pengunggahan berkas rekening koran dan sejenisnya bisa dihilangkan. Hasilnya, proses akan lebih cepat dan efisien.