Advan Gandeng Intel

Harry K Nugraha, Country Manager Intel Indonesia (kiri) dan Tjandra Lianto, Marketing Director Advan (kanan) berfoto bersama usai seremoni penandatangan kerja sama.
Harry K Nugraha, Country Manager Intel Indonesia (kiri) dan Tjandra Lianto, Marketing Director Advan (kanan) berfoto bersama usai seremoni penandatangan kerja sama.

Untuk mendongkrak lesunya pasar tablet PC lokal, Advan menjalin kerja sama dengan Intel. Kerja sama kali ini ditujukan untuk mempercepat pergeseran lansekap teknologi PC di masyarakat. Keberadaan prosesor Intel sebagai “otak” pada tablet PC akan mempermudah masyarakat dalam memaksimalkan fungsi tablet di berbagai sektor, salah satunya menjadi pendorong di bidang start up atau usaha rintisan.

“Ini akan menjadi tenaga baru bagi Advan, terutama dalam memperkuat pasar tablet lokal hingga makin bergairah,” ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan dalam acara buka puasa bersama dengan para jurnalis beberapa waktu lalu di Jakarta.

Harry K Nugraha, Country Manager Intel Indonesia mengatakan, pihaknya tertarik bekerja sama dengan Advan karena Advan merupakan market leader di pasar tablet PC dan memahami karakteristik pasar. Menurut Harry, sangat penting bersinergi dengan pemimpin pasar lokal seperti Advan karena menjadi komitmen Intel dalam mendorong inovasi teknologi dan membuat teknologi tersedia dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

“Peran produsen hardware lokal adalah salah satu kuncinya, mereka akan mempermudah kami dalam mengembangkan pasar teknologi lokal,” tutur Harry.

Sebagai wujud dari kolaborasi ini nantinya produk Advan Vandroid Series akan dilengkapi dengan prosesor mobile Intel terbaru, yakni “Atom X3”. Tjandra belum bersedia mengungkapkan kapan produk anyar yang telah dibenamkan Atom X3 akan diluncurkan.

Pasar tablet PC mengalami kelesuan di penghujung 2014, ditengarai oleh minimnya inovasi teknologi tablet PC, dan bergairahnya pasar ponsel cerdas di pasar lokal. Menurut International Data Corporation (IDC) pada kwartal tiga 2014, penjualan tablet global hanya mencapai 7,2%. Sedangkan menurut GfK, pada periode yang sama pengguna tablet PC khusus lokal masih berada dikisaran 4.204.553 unit atau 1,6 % dari total populasi penduduk Indonesia.

Berbeda dengan 2015, pasar tablet PC secara global kembali menggeliat. Walau belum terlalu signifkan, peningkatan pasar tablet di kwartal pertama 2015 sebesar 2,1 % dari 229,7 unit 2014 lalu menjadi 234,5 juta unit diawal 2015. Peningkatan tersebut dipicu oleh penguatan ekonomi masyarakat menengah, perkembangan trend teknologi tablet PC serta perluasan jaringan internet cepat ke berbagai wilayah. Kolaborasi Advan – Intel ingin memanfaatkan momentum membaiknya pasar tablet PC.

Tony Burhanudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.