AFI Dorong Generasi Muda Terjun dalam Bisnis Waralaba

Marketingcoid – Selain menarget masyarakat usia dewasa dan pensiunan, Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) juga giat mendorong generasi muda untuk terjun dalam bisnis waralaba.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia. Di mana saat ini baru 1,5% dari total jumlah penduduk yang menjadi pengusaha.

Dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand, Indonesia masih tertinggal. Negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang bahkan memiliki jumlah pengusaha lebih dari 10% dari total jumlah penduduk.

IFRA 2017keMenurut Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar, bisnis waralaba menjadi pilihan tepat bagi generasi muda yang ingin terjun menjadi pengusaha karena memberikan pilihan usaha yang luas dengan skema permodalan yang beragam.

“Kami sangat mendorong generasi muda untuk menjadi generasi pengusaha sekaligus membantu merealisasikan target pemerintah yaitu bisa menciptakan 4% pengusaha di Indonesia pada 2017,” ujar Anang.

Salah satu kegiatan yang dilakukan AFI untuk mewujudkan pengusaha muda adalah melalui kompetisi 2nd Ifrapreneur Business Concept Competition 2017.

Kompetisi ini ditujukan bagi para mahasiswa dengan memberikan panduan dan edukasi agar mereka bisa menciptakan ide-ide konsep bisnis inovatif.

Tahun ini, kompetisi tersebut berhasil menerima 95 proposal konsep bisnis dari beberapa kampus di antaranya Politeknik STMI Negeri Jakarta, Swiss German University, Prasetya Mulia Business School, Kwik Kian Gie Business School, PPM School of Management, IPMI International Business School, BINUS Business School, dan Universitas Indonesia.

Banyaknya jumlah peserta menunjukkan besarnya minat generasi muda untuk terjun dalam bisnis berikut dengan konsep-konsep bisnis mereka yang inovatif.

Selain itu, AFI juga rutin menggelar kegiatan kunjungan ke berbagai kampus untuk menjelaskan tentang bisnis waralaba kepada para mahasiswa.

Lebih lanjut Anang mengatakan, generasi muda sangat lekat dengan teknologi dan ini akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis mereka.

Penggunaan teknologi dalam bisnis saat ini sudah menjadi keharusan dan para pelaku bisnis waralaba bisa memanfaatkan teknologi dalam kegiatan waralaba mereka.

Melalui pameran IFRA 2017 Anang ingin mengajak sebanyak mungkin masyarakat untuk terjun menjadi pengusaha. Pertumbuhan bisnis waralaba berikut dengan pengusaha-pengusaha baru di bidang waralaba akan meningkatkan kegiatan ekonomi di Indonesia.

“Kami berharap kegiatan ini akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara umum, sekaligus menaikkan peringkat Indonesia dalam hal jumlah pengusaha baru setiap tahun,” pungkas Anang.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.