AirAsia Tunda IPO Hingga Tahun Depan

0
760
foto: Istimewa

foto: Istimewa

Marketing.co.id – AirAsia Indonesia akhirnya menunda aksi korporasi penawaran perdana saham (Initial Public Offering) sampai tahun depan akibat perlambatan ekonomi global.

Seperti diketahui perusahaan penerbangan low cost carrier terbesar di Indonesia ini pada Maret lalu mengumumkan akan melakukan IPO pada kuartal keempat tahun ini, dan berharap dapat meraih dana sebesar 200 juta dolar AS. Air Asia juga sudah menunjuk CIMB Securities Indonesia  dan Credit Suisse Securities Indonesia sebagai penjamin emisi.

“Persiapan untuk IPO berlangsung dengan baik, tapi kami memutuskan untuk menundanya karena kondisi ekonomi global tidak kondusif,” kata  Manager Komunikasi Perusahaan AirAsia, Audrey Petriny seperti dikutip  dari channelnewsasia.com (12/12).

Meski IPO akan dilakukan tahun depan, namun pihaknya tidak bisa memastikan kapan waktunya, karena sangat tergantung dengan perkembangan ekonomi global.  “Kami ingin melakukan penawaran umum perdana pada saat yang tepat,” lanjutnya.

AirAsia Indonesia saat ini mengoperasikan 16 armada Airbus dan akan menambah 20 pesawat pada tahun 2015.

Perusahaan penerbangan di Indonesia antusias melantai di bursa. National Flag Carrier, Garuda Indonesia pada bulan Februari memulai debutnya di Bursa Efek Indonesia,  dan berhasil meraup  Rp 4,7 triliun setelah melepas 28 persen sahamnya melalui IPO.

Meski dibayangi krisis ekonomi global bisnis, penerbangan murah di Indonesia tetap menggeliat. Bulan lalu  Lion Air menandatangani pembelian 230 unit Boeing 737 dengan The Boeing Company senilai 37,7 miliar dolar AS. (Tony Burhanudin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.