Alibaba Investasi 1,48 Juta Dolar AS di Industri Hiburan dan Media Digital

0
1074
Sumber Foto: Retail and Loyalty.org

Alibaba Group meresmikan Alibaba Digital Media & Entertainment Group dengan nilai investasi sebesar 1,48 juta dolar AS, yang akan diinvestasikan pada proyek-proyek baru di industri hiburan dan media digital.

Sumber Foto: Retail and Loyalty.org
Sumber Foto: Retail and Loyalty.orgd

Langkah ini menandai konsolidasi bisnis hiburan dan media digital Alibaba, yang meliputi UCWeb, Youku Tudou, Alibaba Picture, Alibaba Music, Alibaba Gaming, Alibaba Literature, dan unit bisnis Alibaba Digital Entertainment. “Kami melihat potensi besar dalam unit hiburan dan media digital yang terintegrasi,” kata Daniel Zhang, Chief Executive Officer of Alibaba Group.

Laporan keuangan kuartal kedua Alibaba FY 2016-17 menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang kuat sebesar 55%. Pertumbuhan yang kuat di masing-masing segmen memberikan kesempatan untuk berinvestasi untuk pengembangan di bidang hiburan dan media digital.

Sebagai bagian awal dari divisi hiburan dan media digital Alibaba Group, UCWeb merepresentasikan anak perusahaan yang paling aktif pada unit bisnis Alibaba Group Digital Media and Entertainment Business, menyediakan mobile value-added services untuk penggunanya, termasuk news feeds, navigasi mobile web dan pencarian mobile, telah memperluas bisnisnya yang berhubungan dengan industri hiburan secara global. Produk unggulannya yaitu UC Browser, telah meraih lebih dari 420 juta MAU (monthly active user) secara global, angka yang sama dengan basis pengguna Twitter dan Instagram.

Indonesia menjadi pangsa pasar ketiga terbesar di pasar negara berkembang. Berdasarkan data StatCounter pada Oktober 2016, UC Browser juga menjadi mobile browser nomor satu di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 48,47%. UC Browser mengklaim visinya sebagai “GUF”, yang berarti untuk membuat UC sama kuatnya seperti Google dan Facebook di seluruh dunia.

UCWeb juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan besar di pasar international. Baru-baru ini, UC Browser dan UC News bekerja sama dengan Marvel untuk promosi film pada platform digital di Indonesia, yang menjadikannya sebagai partner IT resmi pertama untuk promosi film, Doctor Strange.

Bulan Agustus 2016 lalu, UCWeb mengumumkan strategi barunya di Indonesia – dari alat menjadi distributor konten, untuk membantu mendatangkan model bisnis baru untuk berbagai pihak. Untuk mengimplementasikan strategi baru ini, UCWeb telah meluncurkan UC News, platform yang didukung big data, yang menyajikan berita pilihan dan terpopuler dari berbagai kategori yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia di perangkat mobile mereka.

Dalam tempo tiga bulan sejak diluncurkan, UC News telah menempati peringkat top 10 di Google Play Store, menjadikannya sebagai salah satu platform media terpopuler di Indonesia untuk mengakses konten berita.

Tony Burhanudin

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.