Tips Merawat Kendaraan dan Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan Saat Pandemi

0
2411
Vietnamese mechanics using special software for engine diagnostics

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Dalam rangkaian kegiatan program Cintai Keluarga & Cintai Bumi yang berlangsung sejak September hingga Desember 2022, baru-baru ini Allianz Indonesia menyelenggarakan webinar untuk berbagi informasi dengan nasabah mengenai tips merawat kendaraan dan pentingnya memiliki asuransi kendaraan saat pandemi.

Allianz Indonesia mengajak nasabah untuk terus memberikan rasa cinta terhadap keluarga dan diri sendiri, melalui perlindungan asuransi yang optimal serta melestarikan bumi dengan memaksimalkan penggunaan layanan digital. “Sebagai wujud nyata kepedulian Allianz dalam melindungi generasi penerus dan menyelematkan bumi, selama program Cintai Keluarga & Cintai Bumi berlangsung, Allianz akan menanam 1 pohon untuk setiap 1 polis elektronik yang terbit,” kata Patrecia Yuriske, Chief Operating Officer Allianz Utama Indonesia.

Dalam webinar ini, Allianz Indonesia menghadirkan Fitra Eri, seorang Jurnalis Otomotif yang berbagi tentang pentingnya merawat kendaraan agar tetap aman dan nyaman, serta terhindar dari beragam risiko kerusakan yang kemungkinan terjadi, baik untuk jangka panjang maupun untuk jangka pendek. Pada dasarnya, selama masa pandemi ada dua risiko yang muncul, yaitu ketika kendaraan yang kita miliki menjadi berkurang penggunaannya karena berkurangnya atau terbatasnya mobilitas, maupun aktifitas kita sebagai pengguna, dan juga ketika kendaraan yang kita miliki terkena berbagai risiko umum yang muncul, seperti menghadapi banjir di musim hujan menjelang akhir tahun seperti saat ini. Untuk itu, diperlukan kesadaran dari pemilik kendaraan untuk memahami pentingnya merawat kendaraan secara berkala demi kenyamanan dalam jangka waktu yang panjang, serta melengkapinya dengan proteksi asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko setiap pengguna.

Fitra Eri memaparkan mengenai langkah-langkah preventif untuk merawat kesehatan mobil, “Mobil memang dirancang sebagai benda bergerak, yang apabila tidak digunakan dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan beberapa bagian tidak bisa berfungsi secara optimal. Rem tangan, oli dan aki mobil menjadi salah satu di antara bagian terpenting mobil lainnya. Untuk itu, apabila ingin memarkirkan mobil dalam jangka waktu yang lama, sebisa mungkin hindari untuk menggunakan rem tangan, atur perseneling agar tetap dalam kondisi gigi yang stabil, serta pastikan untuk selalu parkir di lokasi yang datar. Selain itu, kita juga bisa menggunakan jack stand, merupakan sandaran mobil dengan empat sisi pada setiap roda, sehingga ban tidak akan menyentuh permukaan jalan. Hal tersebut mampu memberikan ketahanan yang lebih lama pada usia ban.”

Fitra juga menyampaikan aki mobil dapat bertahan ketika mobil tidak bergerak, tergantung dari beberapa hal: pertama kondisi aki mobil tersebut, sedangkan yang kedua adalah tipe mobilnya sendiri. Selain itu, tak sebatas pada perawatan yang layak, untuk melindungi mobil dari beragam risiko yang mungkin terjadi, asuransi kendaraan menjadi proteksi yang bisa memberikan ketenangan hati dan pikiran setiap saat.

Terkait dengan proteksi kendaraan yang sebaiknya dilengkapi oleh para pemilik kendaraan, Ignatius Hendrawan, Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia berbagi informasi tentang perlindungan dan perluasan manfaat asuransi kendaraan dari Allianz Utama, yaitu Allianz Mobilku. “Para pemilik dan pengguna kendaraan yang melengkapi proteksi kendaraannya dengan Allianz Mobilku bisa mendapatkan beberapa manfaat dan keuntungan, di antaranya adalah dari layanan klaim asuransi mobil Allianz Utama yang mendapatkan rating “Sangat Puas” atau “5 Star Claim Rating” dari nasabah. Rating nilai kepuasan nasabah tersebut diperoleh berdasarkan survei yang dilakukan terhadap nasabah asuransi kendaraan Allianz Utama, pada bulan Agustus – September 2021, dari sisi kemudahan dan kecepatan pengajuan klaim, pelayanan staf terhadap nasabah, transparasi dan kejelasan informasi tentang proses klaim, serta kesesuaian jumlah klaim yang dibayarkan,” kata Hendrawan.

Tidak hanya itu, sejak Agustus 2021 lalu, Allianz Utama juga menerapkan VOC (Voice Of Customers) yaitu suatu inisiatif dan sistem untuk meningkatkan customer experience, dari sisi layanan dan solusi atas pertanyaan nasabah. “Sejak diterapkannya VOC, nasabah diminta untuk memberikan feedback segera setelah melakukan kontak terhadap Allianz dan perusahaan fokus pada penyelesaian menyeluruh atas feedback nasabah dengan memberikan proses yang lebih efektif dan mudah,” tambah Hendrawan.

“Saat pemilik atau pengguna kendaraan dihadapkan pada dua risiko yang telah dijelaskan sebelumnya, tentu saja semua manfaat yang diberikan dari Asuransi Kendaraan Allianz Mobilku diharapkan akan menjadi nilai tambah bagi nasabah, karena akan sangat membantu proses klaim, memberikan kenyamanan dan ketenangan serta mengurangi beban di saat pandemi,” tutup Hendrawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.