Allianz Indonesia Gelar Literasi untuk UMKM di Medan

0
42
Literasi Asuransi Allianz di Medan
Peserta literasi keuangan dan asuransi dengan tema “Kenali, Pahami, dan Miliki” yang difasilitasi oleh Allianz Life Indonesia, yang merupakan para pelaku UMKM dan koperasi yang berdomisili di kota Medan dan sekitarnya

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Dalam rangkaian acara Hari Asuransi 2022 yang diselenggarakan oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) yang bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Allianz Life Indonesia menggelar literasi keuangan dan asuransi dengan tema “Kenali, Pahami, dan Miliki”.

Literasi Asuransi Allianz di Medan
Peserta literasi keuangan dan asuransi dengan tema “Kenali, Pahami, dan Miliki” yang difasilitasi oleh Allianz Life Indonesia, yang merupakan para pelaku UMKM dan koperasi yang berdomisili di kota Medan dan sekitarnya

Acara tersebut digelar di Hotel Miyana Medan pada tanggal 23 September 2022 ini, diikuti oleh sekitar 70 pelaku UMKM dan koperasi yang berdomisili di kota Medan dan sekitarnya.

Hadir sebagai pemateri, Danis Samagan, Head of Digital, Credit Life & Emerging Consumer Allianz Life Indonesia, memaparkan literasi keuangan dan asuransi untuk para pelaku UMKM agar dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan tepat, baik itu keuangan pribadi maupun bisnis.

“Di Allianz, kami selalu mendukung upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perlindungan asuransi, terutama di masa pandemi ketika kesadaran akan pentingnya kesehatan telah meningkat dengan signifikan,” kata Danis.

Menurut Danis, pemahaman mengenai perlindungan asuransi selalu menjadi bagian dari literasi keuangan yang penting untuk diberikan secara masif ke masyarakat. Dirinya yakin masyarakat Indonesia dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan, dengan memiliki pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan dan pentingnya memiliki produk asuransi.

Menurut data yang disampaikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, terdapat 64 juta pelaku UMKM di Indonesia, dan penyerapan tenaga kerja sebesar 117 juta orang. UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, dengan kontribusi sebesar 60% dari total Produk Domestik Bruto/PDB. Namun ada juga data yang dikeluarkan Kementerian Keuangan RI bahwa 88% usaha mikro tidak memiliki kas, tabungan, bahkan kehabisan uang selama pandemi.

Berangkat dari data-data ini, penting bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan literasi keuangan dan asuransi. Kondisi kehidupan yang tidak terduga dapat menjadi pemicu tidak seimbangnya keuangan. Pada kesempatan ini, Allianz Life Indonesia menyampaikan literasi keuangan dan asuransi, yang dibuka dengan memahami piramida pengelolaan keuangan berdasarkan skala prioritas pencatatan keuangan (uang masuk dan uang keluar) dan persiapan dana darurat, keamanan keuangan dengan mengenal instrumen diversifikasi risiko keuangan, akumulasi dan distribusi kekayaan, serta pemahaman mengenai pentingnya perlindungan asuransi, sebagai salah satu komponen dalam perencanaan keuangan. Selain itu, Allianz life Indonesia juga mengingatkan kembali mengenai pentingnya pemisahan antara keuangan pribadi atau keluarga, dengan keuangan untuk bisnis.

“Perlindungan asuransi itu penting, khususnya terkait kelangsungan bisnis yang dirintis oleh para pelaku UMKM di saat pandemi seperti saat ini, agar jika terjadi risiko pada para pelaku UMKM, diharapkan keluarga yang ditinggalkan dapat meneruskan bisnis UMKM yang dijalankan. Sebagai penyedia beragam solusi dan layanan asuransi sesuai dengan kebutuhan nasabah, Allianz juga menyediakan beberapa produk yang sesuai dengan profil para pelaku UMKM. Dimana produk-produk ini tersedia dengan harga yang sangat terjangkau, proses administrasi yang mudah dipahami dan dibeli, serta proses pembayaran klaim yang cepat.” tutup Danis.

Dengan mengikuti sesi literasi keuangan dan asuransi ini, harapannya para pelaku UMKM Indonesia, khususnya di Medan, dapat meningkatkan kemampuan mengelola keuangan dengan lebih baik lagi, dan menjadi pelaku UMKM yang semakin sukses mengembangkan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.