Analisa S.W.O.T Untuk Company Knowledge

LarunoHal mendasar dari Dunia marketing adalah memahami lebih dalam tentang perusahan dan produk. Seorang marketer harus mengerti benar tentang perusahaan dan produk yang dipasarkan.

Analisa S.W.O.T adalah salah satu cara yang digunakan untuk membuat company knowlegde. Analisa ini juga menjadi bagian dari research atau marketing research.

S.W.O.T adalah kependekan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat. Penjelasannya yaitu :

Strength = Kekuatan. Ketahui produk mana saja yang terjual laris dan bagaimana cara berjualannya. (Yang sudah terbukti bisa meramaikan dan menguntungkan). Inilah kekuataan sehingga marketers bisa melakukan usaha marketing “lebih” pada produk tersebut.

Weakness = Kelemahannya. Cara mengetahui kelemahan dengan test cermin. Lihat tanggapan orang lain terhadap perusahaan dan lihatlah dari sisi negatif. Itulah kelemahan yang bisa kamu perbaiki

Opportunity = Peluang. Ada Peluang atau Tidak? Peluang apa yang bias diciptakan di perusahaan. Biasanya peluang ini sebuah solusi untuk kalangan masyarakat

Threat = Ancaman. Adakah ancaman-nya? Ancaman ini bisa dari berbagai kalangan. Jika marketers mengalami hal ini, maka lakukan cara mengubah pola pikir untuk lebih jeli dan pintar untuk menghadapi ancaman yang datang.

Setalah S.W.O.T lanjutkan dengan melakukan Asumsi. Hal ini bertujuan agar marketers bisa mengetahui apakah sebuah system masih bisa berjalan atau tidak.

Asumsi harus disertakan dengan data sehingga lebih akurat dalam membuat strategi. Dan ketika sudah diasumsikan coba di implementasikan. Agar tidak menjadi wacana semata.

Sekian analisa S.W.O.T dari saya, semoga bermanfaat untuk marketing research kamu sekarang belajar ciptakan marketing plan yang canggih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.