Apa yang baru dari News Feed Facebook Bagi Marketer

Marketing.co.idDesain ulang besar-besaran News Feed sejak tahun 2009, membuat halaman tersebut menjadi lebih kaya secara visual. Memberikan banyak pilihan bagi pengguna untuk menyaring apa yang mereka lihat dengan kategori feed berbeda seperti musik, foto, games dan close friend.

Sekilas, perubahan tersebut tampak seperti win-win bagi pengguna yang menginginkan kendali lebih besar terhadap beranda Facebook mereka, namun desain ulang ini mungkin kelihatan campur-baur bagi para marketer.

Bagi merek, hal positif dari perubahan ini adalah ada real-estate dalam aliran iklan. Facebook telah memperluas ukuran news feed dan dan rel feed di kanan dan kiri yang menyusut.

“Dengan memiliki ‘lahan’ yang lebih luas untuk bekerja, akan menjadi keuntungan nyata bagi marketer, kata Debra Williamson, analis eMarketer. Marketer selalu ingin real-estate yang lebih dan Facebook tidak segan-segan memberi mereka lebih banyak ruang untuk mereka bermain.”

Real estate yang lebih besar ini bukan satu-satunya yang membuat para marketer senang. Facebook menekankan konten visual seperti gambar dan video dalam feed tersebut – menyediakan merek peluang untuk lebih kreatif.

Williamson berharap, merek akan mampu memanfaatkan ini dengan meningkatkan penggunaan gambar dalam Sponsored Posts, atau beralih ke iklan video.

“Kami tidak mendengar pembicaraan Facebook mengenai iklan video dalam presentasinya,” kata Williamsong, “tapi Mark Zuckerberg jelas telah menyinggung fakta bahwa akan ada video di News Feed, sehingga ada peluang bagi merek untuk menampilkan video,” lanjutnya.

 Selain itu keputusan Facebook untuk menyederhanakan desain news feed pada desktop dan mobile juga merupakan keuntungan bagi marketer. Menurut Dan Slagen, SVP marketing di Nanigans, langkah ini “mengurangi gesekan” bagi rencana pengiklan dalam kampanye mobile dan desktop dengan memastikan pengalaman serupa pada masing-masing perangkat.

“Anda dapat meletakan satu pesan dan meletakannya di pikiran konsumen dan Anda benar-benar dapat mengarahkan pesan ke sasaran,” katanya.

Namun, situasinya menjadi suram bagi merek dan marketer ketika Facebook mengenalkan subfeeds baru. Sampai saat ini, konten dari merek dan penerbit tampil di news feed pengguna tepat di antara posting dari teman dan keluarga.

Dengan feed tambahan, pengguna memiliki cara yang cepat untuk tetap fokus pada apa yang teman-teman mereka saling berbagi (melalui kategori All Friends). Pengguna yang memilih pilihan ini jelas tidak ingin melihat konten dari penerbit, bisnis dan influencer yang lamannya tidak mereka ikuti.

“Ini dapat mempengaruhi penyampaian iklan dalam jangka pendek jika semua orang mulai mengunakannya,” kata Simon Mansell, CEO TBG Digital.

Mansell berpendapat ini risiko yang harus diambil Facebook untuk memastikan kualitas dari  pengalaman inti dari platform tersebut. Marketer masih bisa memilih memasang iklan di feed tersebut. Namun menurut Mansell mereka harus berpikir lebih keras untuk melakukannya: jika pengguna sedang fokus pada teman-teman mereka, Anda harus berhati-hati jika merek Anda tidak ingin mengganggu mereka di dalam sana.

Di sisi lain, feed tambahan memberikan merek dan pengiklan cara yang lebih baik dalam menargetkan khalayak yang tepat di Facebook. Sebelumnya, sebuah postingan sponsor dari Sony mungkin muncul di news feed pengguna secara keseluruhan.

Sekarang, Sony mungkin hanya memilih untuk menempatkan pos sponsor pada feed musik atau game, di mana itu mungkin lebih relevan dengan mereka.

Demikian juga, jika pengguna memeriksa Following feed mereka, pada dasarnya mereka telah memilih untuk melihat konten dari merek dan penerbit yang mereka ikuti, yang berarti konten promosi ditempatkan dalam pakan yang mungkin menemui keterlibatan yang lebih besar dari pengguna.

Perubahan seperti ini, tentunya memiliki dampak positif dan negatif, kata Mauricio Aguayo, senior strategi sosial Rokkan.”Pengguna sekarang jauh lebih memegang kendali mengenai apa yang mereka ingin lihat dan mereka jauh lebih mudah untuk terlibat.”

Tapi bagi merek mungkin sedikit negatif. “Aguayo menduga, Facebook mungkin nantinya akan menawarkan merek dan penerbit pilihan posting di feed lain selain Following dengan biaya tambahan.

Facebook, menunjukkan dalam sebuah posting blog bahwa merek dan penerbit akan mendapatkan keuntungan dari Following feed baru: “Berkat ‘Following’ feed baru di sisi kanan halaman utama, orang akan mampu menemukan lebih banyak konten Laman dari yang mereka sukai dan orang-orang yang mereka ikuti. “

Entah baik atau lebih buruk, Facebook juga secara efektif meremehkan keberadaan iklan di rel yang tepat untuk menempatkan penekanan lebih pada iklan yang muncul di-stream.

Tidak hanya masalah bagi marketer yang mengandalkan iklan sidebar sebagai cara murah untuk menjangkau pengguna di jaringan sosial, tetapi Williamson mengatakan itu juga merusak sejarahnya. “Ini menjadi penyumbang cukup besar bagi pendapatan iklan Facebook,” terang Williamsong.

Menurut beberapa ahli marketing, menyediakan real estate yang lebih dan konten sosial yang lebih menonjol akan membantu Facebook menentukan harga iklan yang lebih besar. (www.mashable.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.