Apakah Branding Itu Penting?

AMA (American Marketing Association) menjelaskan merek (brand) sebagai sebuah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasi dari semuanya supaya produk dan jasa bisa dikenali dan dibedakan dengan yang lain.

Masuk akal memang jika kita memahami branding adalah bukan hanya tentang memenangkan hati target pasar Anda supaya memilih brand Anda, tapi lebih penting lagi supaya pelanggan bisa melihat Anda sebagai satu-satunya yang terbaik yang mampu memberikan solusi untuk mereka.

Tujuan dari branding yang baik adalah:

  • Mampu menyampaikan pesan dengan jelas
  • Memastikan kredibilitas Anda
  • Mampu menghubungkan target pasar atau konsumen secara emosional
  • Mampu menggerakkan atau memotivasi konsumen
  • Memastikan terciptanya kesetiaan pelanggan.

Untuk sukses dalam branding, Anda harus memahami kebutuhan pelanggan. Anda melakukannya dengan mengintegrasikan strategi brand melalui perusahaan pada setiap titik dimana terjadi kontak dengan pelanggan. Brand Anda akan terekam dalam hati dan pikiran konsumen. Ini adalah pengalaman dan persepsi mereka yang bisa Anda pengaruhi.

Brand yang kuat sangat berharga di mata konsumen. Penting bagi Anda untuk menginvestasikan waktu melakukan riset, membangun dan memperkuat brand Anda. Brand Anda adalah apa yang diingat konsumen tentang Anda.

Sumber:

Laura Lake

About.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.