Aplikasi Zoho Bantu Pelaku UKM di Indonesia Kelola Pelanggan Lebih Efektif

0
1363
Gibu Mathew, VP & GM untuk Kawasan Asia Pasifik di Zoho Corporation
Gibu Mathew, VP & GM untuk Kawasan Asia Pasifik di Zoho Corporation

Gibu Mathew, VP & GM untuk Kawasan Asia Pasifik di Zoho Corporation
Gibu Mathew, VP & GM untuk Kawasan Asia Pasifik di Zoho Corporation

Marketing.co.id – Berita UMKM | Perusahaan global perangkat lunak Zoho menjadi pilihan bagi pelaku UKM di Indonesia, terutama untuk membantu pelaku usaha di wilayah yang yang menjadi inti bisnis seperti pengalaman pelanggan.
Platform Zoho menjadi mitra pertumbuhan bagi usaha skala apapun yang berjalan beriringan dengan semakin bertumbuhnya jumlah pelanggan. Sebagai sebuah sistem operasional untuk bisnis, Zoho juga memiliki berbagai solusi untuk mendukung sebagian besar fungsi-fungsi dalam organisasi mulai dari tim penjualan, Sumber Daya Manusia, keuangan dan tentunya pemasaran.
Menurut Gibu Mathew, VP & GM untuk Kawasan Asia Pasifik di Zoho Corporation, solusi pemasaran Zoho menawarkan cara yang lebih canggih dalam memasarkan bisnis melalui rangkaian perangkat menyeluruh yang memadukan penjualan, pemasaran dan tim pendukung, serta membantu menghadirkan pengalaman relevan yang konsisten di setiap tahap perjalanan pelanggan.
Platform Zoho menampilkan perangkat yang memungkinkan perusahaan menjalin hubungan baik dengan audiens mereka menggunakan beberapa platform,  baik melalui email untuk kampanye pemasaran, formulir yang dapat disesuaikan untuk menangkap calon pelanggan potensial, pemantauan media sosial, survei yang ditargetkan, maupun berbicara langsung dengan pengunjung website atau saat mengadakan acara.
“Dengan Zoho, pelaku bisnis kini mampu menjalankan kegiatan pemasaran dengan efisien dan tanpa komplikasi,” tuturnya saat dihubungi di Jakarta (3/2).
Gibu lalu mencontohkan platform pemasaran multifungsi Zoho Marketing Plus yang memadukan solusi-solusi pemasaran dan memungkinkan praktisi bisnis untuk membangun dan mengoptimalkan situs web perusahaan lengkap dengan perangkat penelusur kinerja dan fitur untuk menguji ide-ide situs web yang baru. Proses pemasaran terukur yang bisa terus menerus dilakukan dapat dibuat menjadi otomatis untuk mempersingkat siklus penjualan dan memberikan pandangan yang lebih baik akan keseluruhan hasil kampanye.
“Pada intinya, dengan platform ini, tim pemasaran mampu meningkatkan brand communication, membangun online presence, mengelola kegiatan pemasaran di berbagai kanal dan mengetahui jumlah calon pelanggan potensial, ROI, dan KPI lainnya dalam satu platform.”
Zoho memiliki 10 aplikasi yang dikembangkan untuk fungsi pemasaran. Tim marketing dapat menggunakan aplikasi untuk mengkoordinasikan kegiatan pemasaran di beberapa kanal untuk memaksimalkan jangkauan merk. Zoho Marketing Plus memudahkan tim mengawasi semua kegiatan dalam satu tempat untuk mengkomunikasikan pesan yang seragam, mendorong keterlibatan audiens, menjalankan proses pemasaran, dan bahkan mengatur acara.
Terkait dengan pasar Indonesia, dalam usaha untuk peningkatan bisnis, Gibu mengatakan bahwa Zoho ingin membangun awareness dengan melibatkan pelanggan-pelanggan untuk studi kasus yang nantinya akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengguna Zoho sehingga membantu melayani pelanggan dalam menghadapi tahun 2022 dan tahun-tahun berikutnya.
“Kami juga ingin terhubung dengan para praktisi industri  dan memperkuat konten edukasi untuk membantu bisnis lokal memahami manfaat digitalisasi dalam proses bisnis mereka. Kami punya inisiatif-inisiatif yang direncanakan untuk mengenalkan bagaimana Zoho mentransformasi operasi pemasaran di beberapa industri. Terakhir, upaya internasionalisasi kami adalah membuat lebih banyak konten dalam Bahasa  Indonesia, baik itu produk kami, blog, atau laman SSD (Soal Sering Ditanya) demi menghilangkan hambatan bahasa dan agar audiens Indonesia dapat mengenal produk kami dengan lebih mendalam,” tutupnya.
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.