Apple dan Samsung: Kawan Atau Lawan?

0
742

apple-vs-samsung-argument-fight-005-640x480

Selalu ada cerita bagaimana Apple dan Samsung saling membenci. Beberapa waktu lalu Apple mengajukan delapan daftar produk milik Samsung untuk ditarik dan dilarang beredar di pasar Amerika. (Baca: 8 Produk Samsung Dilarang Apple beredar).

Namun, sampai saat ini Samsung telah menjual smartphone andalan – Samsung Galaxy S III – mereka di lebih dari 28 negara. Pada akhir Juli, hampir 399 operator mobile di seluruh dunia secara serentak menjualnya. (Baca: Samsung vs Apple: Lawan sekaligus kawan).

Meskipun menjadi pesaing utama di pasar smartphone, Samsung dan Apple memiliki hubungan yang dekat. Di mana Samsung merupakan pemasok chip mobile dan panel tampilan bagi iPhone dan iPad.

Perselisihan di antara keduanya belum memperhitungkan dua hal: uang dan pemasaran.

Uang

Kedua perusahaan saat ini telah menjadi mitra bisnis. Samsung bertugas menyiapkan prosesor dan Apple menggunakannya dalam semua perangkat iOS-nya.

Menurut Digitimes Reseach, Apple adalah salah satu alasan mengapa manufaktur microchip milik Samsung bekerja sangat baik. Sebanyak 80% pendapatan Samsung dari microchip datang dari Apple.

Tentu saja, ada rumor yang menyatakan bahwa Apple tengah mencari pengganti Samsung. Kabarnya, Apple akan menggeser manufaktur prosesor ke Taiwan Semiconductor  Manufacturing Company (TSMC).

Meskipun hanya rumor, mengingat kontrak Samsung dengan Apple yang akan segera, kedaluwarsa, rumor tersebut bisa saja terjadi.

Pemasaran

Ada alasan mengapa ada iklan Mac vs PC, dan sekarang kita melihat Samsung vs Apple. Bahkan Microsoft pun berusaha menempatkan dirinya masuk dalam permainan ini dengan iklan Surface terbarunya.

Namun, persaingan tidak selalu berujung kehancuran, terutama ketika masing-masing perusahaan dapat menggunakan sumber lainnya untuk membangkitkan minat dan mengambil keuntungan bersama.

Sumber: Qz.com

//

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.