Apple Hadirkan iPad Air 2, Makin Tipis Makin Mantap

0
800
iPad Air 2
Penampilan Apple iPad Air 2. (Foto dari www.apple.com)
iPad Air 2
Penampilan Apple iPad Air 2. (Foto dari www.apple.com)2

Apple rupanya benar-benar punya gawe besar tahun ini. Setelah melepas iPhone 6 dan iPhone 6 Plus beberapa waktu lalu, Apple meluncurkan iPad Air 2 ke pasaran baru-baru ini dari markasnya di Cupertino (AS).

Apa saja yang patut disimak dari penampilan tablet terbaru keluaran Apple ini?

Dimensi. Makin tipis, itulah kesan pertama yang terlihat dari iPad Air 2 ini, ketebalannya cuma 6.1 mm. Lebih tipis sedikit dari pesaingnya Samsung Galaxy Tab S yang memiliki ketebalan 6.6 mm. Bobot iPad Air 2 ini mencapai 444 gram. Body metal dengan 3 pilihan warna yaitu silver, abu-abu dan warna emas yang berkesan premium.

Touch ID. Sensor sidik jari sebagai pengaman masih menjadi favorit bagi Apple. Pada tombol “Home” sensor Touch ID tersebut diletakkan dalam balutan kristal safir berbentuk cincin. Saat tombol ditekan akan secara otomatis mendeteksi sidik jari Anda dalam hitungan detik. Selain berfungsi sebagai security, sensor tersebut juga bisa digunakan sebagai media pembayaran online Apple Pay.

Processsor. Tablet iPad Air 2 ini menggunakan processor generasi terbaru dengan arsitektur 64 Bit Apple A8X. meskipun kecepatan processor tersebut masih Dual Core 1.3 Ghz, namun performanya melebihi processor Quad Core yang dimiliki tablet Android.

RAM yang digunakan pada iPad Air 2 hanya 1 GB dengan tipe DDR3. Selain itu tersedia 3 pilihan memori internal yaitu 16GB, 64GB, dan 128GB, sayangnya tanpa adanya slot memori eksternal.

Layar. Layar iPad Air 2 diklaim lebih jernih, kaya warna, lebih tajam dan lebih hidup. Hal ini karena layarnya terdiri dari 3 lapisan yang menyatu: lapisan pertama adalah pelindung kaca, kemudian ada sensor sentuh dan yang terakhir LCD. Tipe layarnya adalah LED-backlit IPS LCD dengan ukuran 9,7 inchi dan resolusinya 1.536 x 2.048 pixel.

Kamera depan belakang. Kamera iSight pada iPad Air 2 ini di bagian belakang punya resolusi 8 MP, yang dilengkapi autofocus, face/smile detection, dan bisa merekam video HD 1080p. Sedangkan pada bagian depan, kamera 1.2 MP.

Sistem operasi. Tablet besutan Apple ini memasang iOS 8, sistem operasi terbaru buatan Apple yang memiliki fitur lengkap, dan memberikan keamanan lebih baik. Dirancang dengan user interface icon flat, semua perangkat Apple dapat terkoneksi menjadi satu dengan penyimpanan iCloud yang dimiliki iOS 8 pada iPad Air 2.

Dua model. Sama seperti generasi sebelumnya, iPad Air 2 hadir dengan dua model berbeda yaitu Wifi Only dan Wifi + Cellular yang memiliki teknologi LTE.

Baterai tahan lama. Apple memasang baterai Li-Po berukuran 8600 mAh pada iPad Air 2. Tahan selama 10 jam untuk browsing, menjalankan aplikasi dan menikmati konten multimedia (musik dan video).

Harga premium. Harga pada saat launching dipatok antara USD 499-699 untuk model wifi only, sedangkan untuk versi wifi+celullar dipatok USD 629-829. Mungkin relatif lebih tinggi daripada tablet-tablet Android. Namun seperti biasanya, produk-produk Apple selalu diserbu penggemarnya. Tingkat penjualannya tinggi, akankah kali ini juga?

Nah melihat performance iPad Air 2 yang demikian, mampukah memuaskan penggemarnya? Ataukah hanya akan dianggap sekedar “versi layar lebar” dari iPhone 6 ?

(Wachid Fz/Sumber: The Verge dan berbagai sumber lainnya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.