Apps Store Alternatif sebagai Cara Pertumbuhan Inkremental Masa Depan

Marketing.co.id – Berita Digital | Diketahui secara luas bahwa Google dan Facebook telah mendominasi industri seluler global sejak awal kemunculannya dalam periklanan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, OEM seluler android utama (Original Equipment Manufacturers) telah meluncurkan toko aplikasi alternatif mereka dan mulai menawarkan kepada pengguna saluran baru untuk menemukan dan mengunduh aplikasi.

Sebagai pengguna Android, Anda mungkin memperhatikan bahwa ponsel Anda memiliki toko aplikasi bermerek di atas Google Play Store. Samsung memiliki Galaxy Store sendiri, dan Huawei memiliki AppGallery dan, dengan cara ini, mengatasi larangan mereka dari Google. Xiaomi menawarkan GetApps, Oppo disebut App Market, dan Vivo memiliki Vivo App Store.

Ekosistem bermerek ini sangat penting di China, di mana sejauh ini pengguna tidak memiliki opsi untuk menggunakan Google Play Store. Selain itu, OEM seluler yang disebutkan di atas baru-baru ini telah berkembang di seluruh wilayah Asia Tenggara dengan penawaran toko aplikasi alternatif mereka, dan juga berencana untuk tumbuh secara signifikan di pasar barat di tahun-tahun mendatang.

Statistik terbaru menunjukkan bahwa konsumen di seluruh dunia mengunduh 230 miliar aplikasi seluler ke perangkat seluler mereka pada tahun 2021, meningkat lebih dari 63% dari 140,7 miliar unduhan pada tahun 2016. Sebagian besar dari ini dikaitkan dengan toko aplikasi alternatif, yang secara signifikan memperoleh momentum dan menjadi sangat relevan dalam menyediakan lebih dari satu miliar pengguna aktif harian kepada penerbit aplikasi.

Alternatif Huawei untuk Google Play Store, AppGallery, mencapai 530 juta pengguna aktif pada 1 Maret 2021. Pusat distribusi aplikasi raksasa China, yang memulai debutnya untuk menghindari ketiadaan Layanan Google Play dan menawarkan pengalaman yang konsisten di antara pengguna Huawei, terus berlanjut. tumbuh pada tahun 2022 dan berencana untuk menjangkau pasar yang sejauh ini diduduki oleh Google.

Contoh berikut menyoroti ambisi OEM seluler ini ketika memperluas wilayah mereka di luar Asia Tenggara.

Tahun lalu, Vodafone dan Oppo mengumumkan perjanjian kemitraan untuk membawa lebih banyak produk Oppo ke pasar Eropa. Sama kuatnya, Xiaomi menumbuhkan kehadiran pasarnya di seluruh wilayah APAC dan Uni Eropa dan berencana untuk memperluas pasar secara luas di Amerika Latin dengan membuka banyak toko fisik untuk produk dan perangkat digital kelas atas.

Sebagai tambahan, Vivo mendapat sponsor resmi untuk Piala Dunia FIFA 2018 dan 2022 dan menjadi mitra resmi untuk Liga Eropa UEFA 2020 dan 2024. Ini menunjukkan komitmen mereka untuk membuat kehadiran mereka dirasakan di seluruh wilayah ini dan mengembangkan basis penggunanya.

Semua preseden ini dengan jelas menunjukkan kehadiran OEM seluler yang berkembang pesat, jangkauan toko aplikasi alternatif mereka yang mengesankan, dan bahwa ada banyak peluang bagi pemasar pertumbuhan seluler untuk menggunakan keunggulan ini guna meningkatkan pemirsa yang belum dimanfaatkan.

Manfaat dari memublikasikan aplikasi dengan Apps Store alternatif

Kemampuan Menemukan Pengguna yang Lebih Baik: Karena jumlah pengguna di toko aplikasi alternatif terus bertambah, mudah untuk menemukan audiens khusus dalam kategori aplikasi tertentu. Pengguna OEM seluler tertentu setia pada merek dan akan melihat iklan sebagai sesuatu yang bisa dipercaya. Selain menargetkan pemirsa dari produsen merek tertentu, yang bertujuan untuk iklan dalam aplikasi yang dipasang di perangkat tersebut, sebagian besar OEM seluler menawarkan penempatan pribadi mereka untuk menayangkan Iklan secara global.

Kemampuan Distribusi Lebih Luas: Pemasar seluler dapat menjangkau audiens yang lebih besar melalui toko aplikasi alternatif, termasuk jumlah pemasangan organik tambahan yang sesuai. Beberapa OEM seluler fokus pada wilayah pasar tertentu di mana App Store Apple dan Google Play Store tidak menawarkan layanan.

Penyiapan Kampanye: Saat menyiapkan kampanye iklan, integrasi dapat berjalan mulus dan tersedia dengan sebagian besar MMP (Platform Pengukuran Seluler), seperti Adjust, Appsflyer, Singular, dll., di mana pemasar seluler dapat melacak semua aktivitas – mulai dari tayangan hingga pemasangan – serta aktivitas pasca pemasangan, untuk memahami perjalanan pengguna dan kinerja setiap saluran baru yang tersedia.

Ekosistem bebas penipuan: Pemasar mendapatkan akses ke ekosistem akuisisi pengguna yang sepenuhnya bebas penipuan dan transparan hanya karena tidak ada lapisan tambahan antara pemegang anggaran dan OEM seluler itu sendiri – penempatan iklan jangkauan sepenuhnya dikendalikan oleh OEM seluler.

Strategi Hemat Biaya: Toko aplikasi alternatif OEM seluler memungkinkan pemasar untuk tumbuh secara global dengan menjangkau audiens baru dan mengakses pasar baru. Dengan OEM seluler, pemasar membayar biaya per pemasangan yang lebih rendah untuk tingkat akuisisi pengguna yang lebih tinggi, dan biayanya lebih rendah daripada toko aplikasi tradisional.

Dengan akses eksklusif ke pasar yang belum dimanfaatkan ini, ekosistem bebas penipuan, dan verifikasi dari penyedia pengukuran seluler (MMP), bekerja sama dengan agensi kuat yang berspesialisasi dalam periklanan toko aplikasi alternatif adalah kunci memperluas basis pengguna Anda. Manfaatkan satu mitra biro iklan sebagai satu-satunya sumber kebenaran Anda yang dapat membantu Anda mencapai tujuan UA dan pemasaran Anda lebih dekat.

Artikel ini dikirim dan ditulis oleh Robert Wildner – CEO and Co-Founder AVOW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.