Augmented Reality Kini Menjadi Alat Bisnis yang Serius.

0
1146

062805-seat-launches-ground-breaking-augmented-reality-showroom-experience.1-lg

Ini adalah trik yang keren: arahkan kamera ponsel pintar Anda pada sebuah bangunan atau benda, dan – pada layar atau apapun – tiba-tiba hal lain akan muncul.

Satu dekade terakhir, marketing telah mengalami perubahan yang sangat drastis. Baik dari sisi konsumen maupun media marketing-nya itu sendiri. Alhasil, para pemasar tak cukup lagi hanya memanfaatkan komunikasi konvensional yang bersifat vertikal.

Nah, salah satu pemanfaatan teknologi dalam strategi marketing yang belakangan banyak diimplementasikan oleh pemasar adalah pemanfaatan teknologi augmented reality. (Baca: Komunikasi Lebih Kreatif dan Inovatif)

Baru-baru ini perusahaan seperti Daqri, Blippar, dan Screen – telah mengubah teknologi baru ini menjadi sebuah alat bisnis yang serius dengan penciptaan perangkat wearable seperti Google Glass dan kemampuan dari kamera smartphone dan tablet. Industri augmented reality siap untuk tancap gas.

Juniper Research memperkirakan, di tahun 2017 lebih dari 2,5 miliar aplikasi augmented reality akan di-download ke perangkat setiap tahunnya. Studi lain memperkirakan bahwa penjualan tahunan dalam ruang ini akan berlipat ganda setiap tahunnya mencapai US$520 miliar di tahun 2016.

Beberapa peritel telah menggunakan teknologi augmented reality, Tesco misalnya. Retailer terbesar di Inggris ini telah menguji coba implementasi teknologi augmented reality di toko ritel maupun online mereka. Dengan teknologi ini, para pelanggan nantinya dapat melihat proyeksi produk yang mereka ingin lihat sebenarnya. (Baca: Tesco, Uji Coba Augmented Reality).

Beberapa perusahaan mulai membangun produk fisik dengan teknologi augmented reality, Daqri misalnya. Start-up asal Los Angeles ini sedang mengembangkan satu set blok augmented reality untuk pendidikan dengan menampilkan tabel unsur periodik. Bila dilihat melalui aplikasi tablet, blok  kimia akan bereaksi dengan satu sama lain. Dorong blok natrium ke sebelah blok klorin dan kedua blok menjadi NaC1 atau garam.

Kemasan produk pun telah menjadi sama interaktifnya. Blippar, perusahaan asal London dan New York City, membuat sebuah aplikasi yang dapat mengenali rasio tinggi dan lebar logo merek. Pindai produk dengan kamera smartphone sampai muncul konten digital seperti game berbasis lokasi, kupon – bahkan untuk membeli lebih banyak produk.

Dan segera, augmented reality mungkin akan berpengaruh besar dalam industri. Teknologi augmented reality akhirnya bisa dikerahkan untuk hal-hal seperti manajemen gudang, dan pelatihan karyawan, kata Brian Mullins, CEO Daqri.

Ia membayangkan sebuah fasilitas yang dipakai seorang karyawan di kepalanya. Karyawan tersebut hanya melihat pada kemasan, scan dan kemudian diarahkan ke kemasan berikutnya. Bayangkan itu selama satu tahun, Anda bicara penghematan yang signifikan, katanya.

Selanjutnya, apa yang bisa dilakukan teknologi augmented reality ini?

Pilih dan kemas

Kacamata augmented reality dapat membantu petugas gudang langsung ke item yang tepat untuk kemasan.

Perbaikan

Jika sebuah produk rusak, pelanggan bisa mengarahkan kamera smartphone pada objek yang rusak tersebut untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana untuk memperbaikinya sendiri.

Window shopping

Pejalan kaki bisa menggunakan smartphone mereka untuk memindai barang yang ada di etalase sebuah toko dan mereka bisa membelinya langsung menggunakan ponsel.

Sumber: Inc | Editor: Wahid FZ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.